ARTIKEL
 

7 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia

by Estrin Vanadianti Lestari - 28 Jul 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Mau investasi emas, tapi takut kalau harus simpan-simpan emas fisik di rumah? Investasi emas online saja! Lho bisa ya? Bisa dong!

Apalagi, saat ini sudah banyak aplikasi investasi emas online, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, dan sudah berizin, terdaftar serta diawasi. Yuk intip daftar aplikasinya di bawah ini!

 

Daftar Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik di Indonesia

1. Tokopedia Emas

Pertama ada aplikasi investasi emas online dari Tokopedia. Seperti yang diketahui, Tokopedia sendiri merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia.

Tapi, kini Tokopedia juga sudah memiliki layanan atau fitur investasi emas, di mana kamu bisa dengan mudah berinvestasi emas, membeli dan menjual emas fisik, dalam bentuk satuan atau pecahan di aplikasi Tokopedia.

Mulai dari Rp5 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi emas online, di aplikasi Tokopedia. Untuk hal ini, Tokopedia Emas juga sudah diawasi oleh OJK, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya.

 

2. Pegadaian Digital

Siapa bilang, Pegadaian hanya sebuah layanan gadai barang? Kini, ada Pegadaian Digital, yang merupakan sebuah aplikasi resmi dari PT Pegadaian, yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan dengan mudah dan aman.

Tidak hanya itu, Pegadaian Digital juga menawarkan opsi untuk mengikuti program tabungan emas secara periodik. Aplikasi milik BUMN ini, bisa kamu gunakan untuk membantu para masyarakat untuk lebih mudah berinvestasi emas. Bahkan, kamu bisa berinvestasi emas online di Pegadaian Digital mulai dari Rp5 ribu saja!

Syarat pendaftarannya juga mudah, cukup foto KTP dan beberapa informasi pribadi lainnya. Setelah punya akun di aplikasinya, kamu sudah bisa mulai membeli, menjual, mentransfer hingga mencetak emas.

 

3. Go Investasi

Dilihat dari namanya saja, kita sudah bisa tebak bahwa aplikasi investasi emas online yang satu ini, adalah berasal dari Gojek. Serius Gojek punya aplikasi investasi emas? Ya betul!

Aplikasi Go Investasi ini, dikelola oleh PG Berjangka, dan sudah berlisensi dari BAPPEBTI, Digital Gold dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga legalitasnya jelas.

Mulai investasinya gimana? Kamu cukup siapkan dana mulai dari Rp8.464 per 0,01 gram emas. Jika dana kamu sudah terkumpul, kamu bisa menukarkannya dengan emas fisik produksi Antam, atau mencairkannya dalam bentuk uang tunai melalui Gopay.

 

4. Pluang

Aplikasi investasi emas online yang selanjutnya ini adalah Pluang, di mana kamu bisa membeli emas digital dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu, aplikasi ini menyediakan fitur pembelian bulanan atau secara otomatis, yang memudahkan kamu untuk berinvestasi secara berkala.

Ada yang berbeda dari Pluang dengan aplikasi invesasi emas online lainnya, yakni memiliki selisih harga paling kecil, yaitu tiga persen. Nah, semua emas yang dimiliki di aplikasi ini, nantinya juga bisa dicetak dalam bentuk emas fisik, dengan merek dagang Antam.

Sistem investasi emas online di Pluang juga mudah, di mana kamu bisa investasi dengan cara top up dana melalui berbagai bank dan juga Gopay. Untuk menjamin kepercayaan pelanggan, semua emas yang kamu miliki, akan disimpan oleh PT Kliring Berjangka Indonesia, di mana perusahaan ini milik BUMN.

 

5. IndoGold

Mulai dari Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa investasi emas online di aplikasi IndoGold. Selain mudah dan terpercaya, IndoGold juga telah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dengan nomor, No. SK. 001?BAPPEBTI/P-ED/01/2023.

Bagaimana sistem investasi emas di IndoGold? Hampir sama dengan aplikasi investasi emas lainnya, sistem investasinya adalah berupa saldo emas yang tersimpan di aplikasi.

Jika kamu ingin mencetaknya dalam bentuk fisik, misalnya seperti emas Antam, UBS, dan lainnya juga bisa. Untuk syarat minimal penarikannya adalah minimal satu gram.

Kalau mau beli emas langsung gimana? Bisa kok! Di IndoGold juga punya banyak fitur untuk beli emas dengan cara dicicil, hingga gadai emas. Untuk tenor cicilan emasnya, bisa sampai 36 bulan.

 

6. BukaEmas

Seperti namanya, BukaEmas merupakan aplikasi investasi emas online, dari Bukalapak. Di sini kamu bisa investasi emas secara online, mulai dari Rp100 ribu saja atau jika dikonversikan dalam bentuk gram emas, setara 0,0001 gram.

BukaEmas sendiri ternyata sudah bermitra dengan IndoGold dan Antam, yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Bahkan, di sini kamu juga bisa jual emas, di mana hasil penjualannya nanti akan langsung masuk ke BukaDompet, lalu ke rekening kamu.

Sama seperti di IndoGold, di BukaEmas kamu juga mencetak emas dari hasil investasi emas, dengan syarat cetak minimal satu gram. Hasil cetakan emasnya, adalah emas dari Antam bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

 

7. LakuEmas

Terakhir ada aplikasi LakuEmas yang juga menawarkan layanan jual-beli emas secara online, mulai dari Rp50 ribu. LakuEMas juga sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ada fitur apa saja, yang dimiliki aplikasi LakuEmas ini? Ada banyak Kawan! mulai dari jual, beli, simpan, dan mencetak emas. Lalu ada juga layanan LakuTitipan untuk menitipkan tabungan emas, yang sudah dimiliki (seperti gadai emas), dan ada LakuTukar, untuk menukar tabungan emas dengan perhiasan emas di gerai yang bekerjasama.

Tapi ingat! Perlu kamu waspadai semua hal yang berbau online, termasuk investasi dan beli emas online. Karena, saat ini banyak tindak penipuan, seperti sindikat jual-beli emas online palsu.

Nah, untuk mewaspadainya kamu bisa cek keaslian emas, khususnya berupa logam mulia Antam dengan mudah, lewat beberapa aplikasi ini!

 

Daftar Aplikasi untuk Cek Keaslian Emas Antam

1. Aplikasi Certieye

  • Download aplikasi certieye di Appstore atau Playstore. 
  • Setelah itu, kamu sudah bisa gunakan aplikasi tersebut.
  • Caranya, scan barcode yang ada di kemasan Antam, scan secara pelan-pelan agar mendapat hasil yang bagus.
  • Jika pindai barcode berhasil, maka akan muncul logo ANTAM.

 

2. Aplikasi Cara Cek Emas Asli

  • Unduh aplikasi Cara Cek Emas Asli atau Palsu.
  • Buka aplikasi melalui smartphone
  • Untuk menggunakannya, di aplikasi tersebut terdapat panduan yang dapat digunakan.
  • Kamu tinggal baca dan ikuti langkah-langkahnya.

 

3. Aplikasi UBS Gold

  • Download aplikasi UBS Gold di Appstore atau playstore.
  • Buka aplikasi di smartphone.
  • QR. Code pada kamera yang tersedia oleh aplikasi.
  • Emas tersebut berhasil di cek keasliannya.

Gimana nih, kamu tertarik untuk investasi emas secara online, atau lebih baik investasi emas fisik? Kalau investasi saham perusahaan tambang emasnya bisa nggak? Wah, bisa banget dong!

 

Investasi Saham Perusahaan Tambang Emas Terdaftar BEI

Kamu bisa investasi, beberapa saham perusahaan tambang emas, yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti:

  • PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)
  • PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA)
  • PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA)
  • PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)
  • PT Archi Indonesia Tbk (ARCI)
  • PT Bumi Resource Minerals (BRMS)
  • PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB)

Yuk, pilih, dan beli sahamnya di platform investasi saham online yang aman dan terpercaya, seperti di InvestasiKu! Di aplikasi InvestasiKu, kamu juga bisa cek harga saham terupdate setiap hari, di jam bursa!

Segera download aplikasi InvestasiKu sekarang juga ya! Dapatkan poin juga di setiap transaksinya!

 

 

Download InvestasiKu bisa Dapat Poin

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO