ARTIKEL
 

Mengenal Perusahaan Milik Rudy Salim, Crazy Rich Indonesia!

by Estrin Vanadianti Lestari - 14 Mar 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Siapa yang tidak tahu Rudy Salim? Pengusaha muda yang punya banyak perusahaan besar di Indonesia! Kira-kira, apakah Rudy Salim sudah kaya dari lahir, atau crazy rich baru Indonesia ya?

Diketahui juga, pria kelahiran Jakarta, 24 April 1987 ini, pernah menjadi saksi atas kasus ditangkapnya crazy rich, Doni Salmanan dan Indra Kenz. Ada yang tahu nggak, kira-kira apa latar belakang pendidikan Rudy Salim, sampai ia bisa menjadi pengusaha kaya saat ini?

 

Rudy Salim Berasal Dari Keluarga Dokter

Bukan lahir dari keluarga pengusaha, Rudy Salim justru berasal dari keluarga dokter. Pasalnya, orang tua serta kakak, dari Rudy Salim berprofesi sebagai dokter.

Maka tak heran jika Rudy Salim, disarankan untuk mengikuti jejak sang keluarga, dan masuk kuliah jurusan kedokteran. Namun, ternyata Rudy Salim tidak memiliki minat di bidang tersebut.

 

Drop Out dan Pindah Kuliah

Karena tidak tertarik untuk menjadi dokter, maka Rudy Salim memutuskan untuk pindah kuliah, di semester dua. Namun, orang tuanya masih bersikeras untuk menyarankan menjadi dokter.

Sayangnya, Rudy Salim tetap tidak bisa melanjutkan kuliah kedokterannya, karena selalu mendapatkan nilai jelek, sampai akhirnya di drop out (DO). Sampai akhirnya, ia memilih untuk melanjutkan minatnya di bidang bisnis, atau menjadi pengusaha.

 

Kuliah di ITB dan Sempat Bekerja di AS

Setelah keluar dari ilmu kedokteran, pria yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan ini, akhirnya memutuskan untuk mengambil kuliah di jurusan teknik. Ia pun berhasil mendapatkan gelar Sarjana Teknik, dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1981.

Sebelum membangun bisnisnya sendiri di Indonesia, setelah lulus ia langsung bekerja di perusahaan minyak dan gas Amerika Serikat, Conoco, selama beberapa tahun.

Di Indonesia, ia berhasil menjadi investor dan membangun beberapa bidang bisnis, seperti otomotif, keuangan, hingga rumah produksi. Di mana saat ini, beberapa perusahaan milik Rudy Salim, juga sudah menjadi perusahaan besar.

Dikenal sebagai seorang filantropis, Rudy Salim cukup aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan. Hal tersebut terlihat, di mana ia selalu memberikan dukungan kepada berbagai proyek pembangunan masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri.

 

Alamat Email Rudy Salim Unik

Tidak hanya pribadinya yang unik karena mampu keluar lingkaran kedokteran di keluarganya, alamat Rudy Salim juga disebut unik. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu akun Twitter tentang alamat email Rudy Salim.

Jika pada umumnya alamat email seseorang mungkin seperti abcd@gmail.com, tapi tidak dengan Rudy Salim. Karena alamat emailnya adalah gmail@rudysalim.com. Gimana? Semakin penasaran dengan sosok ini?

Tapi kok, jarang muncul di media ya? Rudy Salim memang sedikit tertutup dan rendah hati, tapi prestasi hingga kontribusinya dalam dunia bisnis dan masyarakat, telah membuat namanya menjadi dikenal luas di Indonesia bahkan dunia.

Bagaimana? Siapa yang bisa menyangka, bahwa Rudy Salim yang berasal dari keluarga dokter, justru bisa berhasil di dunia bisnis? Yuk, intip deretan perusahaan milik Rudy Salim berikut ini!

 

Baca Juga: Kekayaan Suami Puan Maharani Capai 1 Triliun dalam Setahun

 

Daftar Perusahaan Milik Rudy Salim

 

1. Prestige Image Motorcars

Pertama ada bisnis otomotif, di mana bisnis ini diluncurkan pada 2012, melalui Prestige Motorcars. Pada awal bisnisnya, Rudy hanya mengimpor 3 mobil saja pada 2013 atau 2014, namun akhirnya berhasil menjual berbagai mobil mewah.

Jadi, bisnis showroom mobil mewah dan supercar ini, menjadi salah satu sumber hasil kekayaannya. Bagaimana tidak, mobil yang dijualnya merupakan mobil mahal,  sebut saja seperti mobil Lamborghini, Ferrari, Porsche, dan mobil mewah lainnya.

Adapun prospek keuntungan dari bisnis ini cukup besar, di mana Rudy Salim ambil margin keuntungan sebesar 5%, sementara kenaikan dolar AS sebesar 7%.

Masih di bidang otomotif, Rudy Salim juga mempunyai bisnis kendaraan bernama Automo. Adapun, dana bisnis rental kendaraan ini juga didapatkan dari Enterprise Singapore dan Prestiges Motorcars.

 

2. Time Machine 2 Escape Game

Selanjutnya ada bisnis milik Rudy Salim di bidang game online, yakni Time Machine 2 Escape Game. Bukan game peperangan, melainkan sebuah permainan teka-teki, di mana pemainnya diharuskan untuk memecahkan teka-teki dengan petunjuk.

 

3. Bisnis Kuliner

Sepertinya Rudy Salim memang senang menekuni bisnis di banyak bidang. Hal itu dibuktikan juga dengan kepemilikan bisnis food and beverage atau kuliner, yang cukup banyak.

Ada banyak jenis bisnis kuliner milik Rudy Salim, berikut diantaranya: 

  • Space Food Destination
  • Cherie (croissant)
  • Kastera Castella
  • Take a Bite yakni cafe dan resto
  • Maze Market
  • Mango Bomb

4. Leslar Entertainment

Siapa sangka, Rudy Salim ternyata juga turut berinvestasi di perusahaan milik Lesty Kejora dan Rizky Billar, yakni Leslar Entertainment. Namun, disebutkan bahwa bisnis rumah produksi tersebut dinonaktifkan, karena kasus KDRT yang menimpa pasangan tersebut.

Akan tetapi, Rudy Salim sudah terlanjur menginvestasikan sejumlah uang, untuk kanal YouTube dan beberapa turunan produk lainnya, di Leslar Entertainment.

Rudy Salim memang tertarik untuk mengakuisisi saham Leslar Entertainment beberapa persen melalui Prestige Corp. Karena, bisnis tersebut memiliki valuasi aset ratusan miliar rupiah.

 

Baca juga: Doni Salmanan, Affiliator Trading Ilegal Dibui 4 Tahun

 

5. RANS Nusantara FC

Rudy Salim juga kerap membangun bisnis bersama rekan-rekan artis papan atas. Salah satunya seperti Raffi Ahmad, yang membangun RA Pictures hingga RANS Nusantara FC.

Di sini, Rudy bersama dengan Raffi Ahmad turur mengakuisisi Cilegon FC. Lalu, setelah itu mengganti namanya menjadi RANS Cilegon FC. Tidak sedikit, diketahui mereka menggelontorkan dana sebesar Rp300 miliar, untuk menanamkan investasi terhadap klub tersebut.

 

6. Keuangan

Rudy Salim juga memiliki bisnis di bidang keuangan, bernama Excel Trade Indonesia. Perusahaan tersebut bergerak dalam pengajuan kredit, atau cicilan pembelian barang dengan bunga yang ringan. Tidak hanya itu, ada juga bisnis bank virtual bernama Sainmaco.

 

7. Sule Production

Selain Leslar Entertainment, Rudy Salim juga mengakuisisi akun YouTube milik Sule. Akun YouTube dengan jutaan followers tersebut, kini berganti nama menjadi Sule Production setelah diakuisisi.

 

8. PT Dektos Digital Corbuzier

Rudy Salim, juga punya investasi di perusahaan digital milik Deddy Corbuzier, yakni bernama PT Dektos Digital Corbuzier. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan di bidang entertainment, yang memiliki valusi besar, melebihi Rp1 miliar.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO