ARTIKEL
 

Doni Salmanan: Affiliator Trading Ilegal Dibui 4 Tahun

by William Fernandes - 10 Mar 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Terdakwa kasus penipuan investasi bodong aplikasi Quotex, yaitu Doni Salmanan, menangis saat mendengar tuntutan vonis 4 tahun penjara terhadap dirinya.

Doni Salmanan mengikuti sidang tersebut secara daring, walaupun dia divonis hukum penjara selama 4 tahun dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan, vonis tersebut masih dibilang lebih ringan loh Kawan Visto dibandingkan tuntutan JPU yang menuntut 13 tahun penjara.

Selain itu, Doni Salmanan pun dibebaskan dari ganti rugi kepada korban dan aset - aset Doni yang disita pun dikembalikan, mulai dari kendaraan, uang, hingga sertifikat rumah.

Namun penasaran gak sih siapa Doni Salmanan ini dan seberapa kaya? Mari kita bahas.

 

Profil Doni Salmanan

Doni dikenal sebagai seorang youtuber dan pengusaha kelahiran Bandung, Jawa Barat di mana ia lahir pada oktober 1998.

Di usianya yang sekarang di 24 tahun, dia mengaku hanya taman sekolah dasar (SD), namun walaupun hanya lulusan SD, Doni bisa membuktikan jika ia bisa menjadi seorang pengusaha dengan omset mencapai miliaran rupiah loh!

Di mana pada tahun 2018 hanya bermodalkan ratusan ribu rupiah, oni mencoba untuk mulai belajar trading dan terjun sebagai trader saham.

Hanya dalam tiga tahun melakukan trading saham, Doni dikabarkan memiliki penghasilan miliaran rupiah per bulan.

Selain Trading saham, Doni Salmanan juga aktif membuat konten di Youtube, Instagram dan Tiktok.

Ia juga memiliki beberapa bisnis dan terkenal masyarakat sebagai sosok yang dermawan, karena beberapa aksinya membagikan uang kepada masyarakat saat PPKM.

 

Untung Miliaran Dari Trading Saham

Perjalanan Doni Salaman sebagai trader saham bukanlah hal yang mudah loh Kawan Visto, di mana ia mulai dengan modal sebesar Rp280.000.

Kemudian pada tahun 2018, awal doni sebagai trader saham, Dia mengatakan jika saat itu keuntungan terbesarnya adalah sekitar 2000 USD atau sekitar Rp28 Juta.

Walaupun mendapatkan keuntungan yang cukup besar, namun Doni pernah mengalami kerugian hingga miliaran loh kawan Visto!

Doni mengingatkan kepada masyarakat agar tidak tergoda dengan banyaknya harta influencer trading, karena menurutnya apa yang dia dapatkan sekarang itu adalah hasil kerja keras selama bertahun-tahun dan bukan didapat dengan instan hanya dalam beberapa hari.

Investasikan asetmu ke dalam bentuk saham melalui platform InvestasiKu. Ada berbagai macam fitur unggul, yang disediakan InvestasiKu, terlebih untuk para investor pemula.

Hanya dengan modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa mulai berinvestasi dan beli saham incaranmu. Yuk, segera download Investasiku, dan dapatkan juga MPC points di setiap transaksinya!

 

Viral Karena Sawer Reza Arap 1 Miliar

Awal terkenalnya Doni Salmanan di jagat maya adalah ketika ia membuat heboh dengan mendonasikan uang sebanyak Rp1 Miliar kepada Reza Arap.

Saat ini Reza Arap sedang melakukan live streaming game “Ragnarok X” namun tiba - tiba dia terkejut karena mendapatkan donasi yang nominalnya bertambah terus menerus.

Mulai dari donasi Rp10 juta, kemudian terus bertambah sampai ke nominal Rp1 miliar.

Reza Arap kebingungan dan heran, karena dia belum lama melakukan live tapi sudah di donasi sebanyak Rp10 juta.

Namun doni mengaku sangat ikhlas mendonasikan uang sebesar Rp1 Miliar tersebut karena selama ini dirinya sangat menyukai konten - konten yang dibuat oleh Reza Arap.

 

Hobi Bagi-bagi Uang

Selain hobi trading, Doni Salmanan juga terkenal karena hobi bagi - bagi uang loh !

Di mana ia menjadi sorotan media sosial karena sering membagikan uang di jalanan sekitar Kota Bandung, saat itu ia sedang mengendarai motor gede (moge) Kawasaki H2 berwarna emas sambil membagikan uang pecahan Rp100 ribu kepada para pemotor di lampu merah.

Gak hanya itu, ia kemudian melanjutkan perjalanan dan kembali berhenti di pinggir jalan untuk berbagi uang kepada para pengendara ojek online hingga tukang parkir.

 

Kasus Penipuan Aplikasi Quotex

Namun nasib harus berkata lain, Doni Salmanan dilaporkan karena melakukan penipuan lewat aplikasi Quotex dan ia dipanggil oleh pihak polisi.

Doni bersalah karena menyebarkan informasi bohong kepada anggota Quotex dan kasus ini mengakibatkan korban rugi sekitar Rp24 Miliar.

Selain itu, ada sekitar 97 item dengan total nilai Rp64 miliar barang milik Doni Salmanan mulai dari kendaraan, rumah, barang mewah dan, uang yang disita oleh polisi.

Karena kasus ini, Jaksa menuntut agar terdakwa kasus penipuan aplikasi Quotex yaitu Doni Salmanan dituntut hukum 13 tahun penjara dan hukuman denda sebesar Rp10 Miliar atau diganti 1 tahun penjara jika tidak mampu membayar denda.

Namun, pada 14 November 2022 Ketua majelis hakim Achmad Satibi pada sidang di PN Bale Bandung, menyatakan jika Doni Salmanan tidak terbukti bersalah dalam dakwaan kedua penuntut umum terkait TPPI.

Sehingga Doni hanya dituntut selama 4 tahun penjara, kemudian tidak harus membayar ganti uang korban dan, semua asetnya dikembalikan kepada pihak Doni Salmanan.

Investasi yang pasti-pasti aja kayak InvestasiKu. Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

Yuk, mulai investasi dan beli saham pertamamu, di InvestasiKu mulai dari Rp100 ribuan aja, dan dapatkan juga poin, di setiap transaksinya!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO