Kamu mungkin sudah pernah dengan istilah endorse, yaitu bentuk pemasaran yang melibatkan orang terkenal seperti selebritis atau influencer.
Cara pemasaran ini terbilang efektif dan sangat memanfaatkan citra sosok terkenal tersebut sehingga meningkatkan promosi produk di mata publik.
Yuk, kita simak penjelasan lebih lengkap tentang endorse di artikel berikut ini.
Apa Itu Endorsement?
Endorsement adalah istilah yang sering digunakan dalam pemasaran di media sosial, yang artinya adalah dukungan atau pengesahan. Dimana endorsement dilakukan oleh selebriti atau public figure yang memiliki pengaruh dan dihormati oleh banyak orang.
Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial dengan harapan bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk yang mereka pasarkan.
Endorsement dapat dilakukan secara berbayar atau gratis, tergantung kesepakatan antara perusahaan dan selebriti. Biasanya, produk yang dipromosikan melalui endorsement adalah produk yang berkaitan dengan gaya hidup dan dipilih berdasarkan jumlah pengikut atau follower dari selebriti tersebut.
Dengan endorsement, perusahaan berharap dapat mentransfer nilai-nilai yang dimiliki oleh selebriti kepada brand dan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Manfaat dan Kelebihan Endorse Untuk Bisnis
Sekarang, kamu telah mengetahui arti dari endorse. Selanjutnya, kamu bisa mempertimbangkan apakah bisnis yang kamu miliki memerlukan strategi pemasaran ini atau tidak.
Menggunakan sosok terkenal dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis kamu. Jika bisnismu masih kecil, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan influencer untuk melakukan endorse pada produk yang kamu miliki.
Berikut ini adalah sejumlah manfaat dan kelebihan endorse untuk bisnis:
-
Mempengaruhi Pembelian Konsumen
Manfaat endorse pertama adalah dapat mempengaruhi pembelian konsumen. Ketertarikan konsumen terhadap selebriti atau tokoh terkenal dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Menurut Chron, orang cenderung berpikir, “Jika produk itu cukup baik untuk selebritas, berarti itu juga cukup baik untuk saya.”
Hal ini biasanya berhasil pada berbagai endorse terkait skincare dan kosmetik. Misalnya, jika sang selebritas mengatakan ia memiliki kulit sensitif dan produk yang dipromosikan cocok untuk kulit sensitif, maka konsumen yang merasa punya nasib sama dengan selebritas tersebut cenderung mudah terpengaruh.
-
Membangun Brand Awareness
Bekerja sama dengan selebritas dalam endorse juga dapat membantu membangun brand awareness dengan lebih cepat dibandingkan jenis periklanan tradisional lainnya.
Membangun brand awareness memerlukan modal yang tidak sedikit serta waktu yang cukup panjang. Dengan bekerja sama dengan selebritas, tokoh terkenal, atau influencer, proses ini dapat dipercepat.
-
Positioning Merek
Manfaat endorse lainnya adalah membantu menempatkan produk yang kamu miliki di tempat terbaik dan terlihat jelas oleh target audiens.
Contohnya, kamu dapat bekerja sama dengan influencer perempuan untuk memasarkan produk khusus perempuan. Target audiens target yang kamu miliki kemungkinan besar akan merasa terwakili karena merasa ada kedekatan dari segi gender.
Umur selebriti atau influencer juga bisa mempengaruhi, misalnya jika kamu menjual produk anti-aging, maka akan lebih cocok jika bekerja sama dengan sosok paruh baya yang masih tampak awet muda.
-
Meningkatkan Jangkauan Pasar
Salah satu keuntungan endorse adalah dapat memperluas pasar bagi produk atau merek. Karena endorse membantu meningkatkan kesadaran merek yang pada akhirnya dapat menarik lebih banyak konsumen.
Dengan adanya promosi yang efektif dari selebritas atau influencer yang melakukan endorse, hal ini bisa mendorong konsumen baru untuk mencoba produk.
-
Memulihkan Merek yang Gagal
Meskipun telah melakukan berbagai upaya pemasaran sebelumnya, yang selalu gagal membangkitkan minat konsumen.
Namun, melalui endorse, dapat membantu memulihkan merek yang gagal. Kerja sama dengan tokoh terkenal untuk mempromosikan keunggulan suatu merek atau produk dapat menciptakan minat baru pada konsumen.
Baca juga: Slow Living: Prinsip Hidup Santai yang Gak Sekadar Santai
Tips Memilih Public Figure Untuk Endorse
Untuk memastikan biaya yang dikeluarkan dalam endorsement tidak sia-sia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih public figure, yaitu sebagai berikut:
-
Jumlah follower
Meskipun jumlah follower bukanlah satu-satunya tolak ukur yang harus dipertimbangkan, tetapi memilih public figure dengan jumlah follower yang tepat sangat penting. Follower yang sedikit bisa jadi lebih mahal karena menjanjikan penjualan yang lebih besar.
-
Engagement Rate
Semakin besar engagement rate sebuah akun public figure, semakin tinggi pula nilai yang ditawarkannya. Angka ini juga dapat membuktikan bahwa follower yang dimiliki oleh akun tersebut asli atau palsu.
-
Persona
Persona atau citra yang ditampilkan oleh public figure juga penting untuk dipertimbangkan. Pilih public figure yang sesuai dengan karakter produk yang dipasarkan.
Sebagai contoh, memilih make up artist untuk mengiklankan produk kosmetik atau koki terkenal untuk mengiklankan produk peralatan memasak.
-
Budget
Budget juga merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih public figure untuk endorsement. Kamu bisa mulai dengan memilih public figure yang sesuai dengan budget yang tersedia dan tingkatkan budget dengan memilih public figure yang memiliki lebih banyak follower jika diperlukan.
Itulah pengertian dan manfaat endorsement untuk bisnis kamu. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih public figure atau influencer ya untuk mempromosikan bisnis kamu!