ARTIKEL
 

Wow, Segini nih Gaji CEO dan Direktur di Indonesia!

by William Fernandes - 16 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Apakah di masa depan kamu bercita-cita ingin menjadi CEO hingga direktur? Gaji yang ditawarkan itu cukup gede loh! Selain itu, Chief Executive Officer (CEO) dan Direktur sebenarnya memiliki tingkat jabatan yang sama. Namun, berapa gaji rata-rata 2 posisi ini di Indonesia? Yuk, simak artikel InvestasiKu berikut ini!

 

Gaji CEO di Indonesia

Dalam dunia startup, biasanya pemimpin utama, yang sering dipanggil CEO, yang punya tugas cukup besar. Salah satunya adalah bikin membuat visi dan misi perusahaan terwujud. Nah, enggak jarang CEO juga harus jagain uang dan kelola tim manusianya supaya tetap berjalan lancar sesuai rencana.

Kira-kira gaji CEO di Indonesia itu berapa ya? Kalau kita lihat dari beberapa sumber yang beredar, CEO perusahaan bisa digaji mulai dari Rp130 juta sampe Rp250 juta tiap bulan. Jadi, dalam setahun, sekitar Rp1,5 miliar sampai Rp3 miliar. Cukup besar bukan?

Tapi, ini tergantung juga sama ukuran perusahaannya. Gaji tadi umumnya cuma buat CEO perusahaan yang udah bisa disebut Unicorn. Banyak CEO yang awal-awalnya ‘strugglin sebelum akhirnya bisa merasakan penghasilan yang cukup besar.

 

Gaji Direktur di Indonesia

Setelah memahami rentang penghasilan seorang CEO perusahaan, bagaimana dengan penghasilan para direktur di Indonesia? Direktur umumnya diidentifikasi sebagai pemimpin dalam perusahaan korporasi atau konvensional, yang berbeda dengan perusahaan startup yang umumnya dipimpin oleh CEO.

Dalam konteks korporasi, terdapat beberapa individu dengan peran direktur yang membentuk Jajaran Direksi. Besaran penghasilan yang diterima oleh seorang Direktur sungguh mengesankan. Berbeda dengan CEO, penghasilan seorang direktur dapat mencapai angka Rp4,4 miliar setiap bulannya, dengan total remunerasi mencapai Rp240 miliar. 

Jumlah tersebut tentu merujuk pada gaji seorang Direktur yang mengemban tanggung jawab besar di perusahaan korporasi besar seperti di sektor perbankan.

Perbandingan penghasilan antara CEO dan Direktur sungguh mencolok, hal ini dikarenakan perbedaan dalam struktur perusahaan dan skala operasional yang berbeda pula.

 

5 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Selain CEO dan Direktur, ada juga 5 pekerjaan di Indonesia dengan gaji yang cukup tinggi, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Kepemimpinan C-Level

Tidak hanya di Indonesia, peran dalam jajaran C-Level juga dikenal memiliki kompensasi yang substansial di panggung internasional. Hal ini disebabkan oleh dampak signifikan yang mereka miliki terhadap kesuksesan perusahaan yang dipimpinnya.

Posisi C-Level ini mencakup beragam jabatan, mulai dari Kepala Eksekutif (CEO), Kepala Keuangan (CFO), hingga Kepala Operasional (COO). Menurut Laporan Michael Page 2022, pendapatan yang dihasilkan dari posisi-posisi C-Level berkisar antara Rp150 juta hingga Rp250 juta per bulan.

Gaji CEO, CFO, dan COO ini umumnya terkait dengan sejarah karir yang dimiliki, skala operasional perusahaan yang dikelola, serta sektor industri perusahaan tersebut.

Peran sebagai CEO, CFO, atau COO juga menjadi peluang karir yang menggiurkan bagi para wanita di Indonesia. Saat ini, banyak perusahaan besar memberikan kesempatan bagi perempuan untuk memimpin perusahaan mereka.

 

  1. Kepala Risiko

Posisi dengan kompensasi yang tak kalah menggiurkan adalah Kepala Risiko. Meskipun demikian, tanggung jawab besar juga melekat pada jabatan ini. Tugas-tugas meliputi analisis risiko finansial, strategi, hingga aspek kepatuhan di perusahaan.

Kesalahan di bidang ini dapat berdampak buruk bagi perusahaan. Oleh karena itu, gaji yang substansial menjadi imbalan bagi kemampuan khusus yang dibutuhkan.

Rata-rata pendapatan Kepala Risiko di perusahaan besar di Indonesia adalah sekitar Rp180 juta per bulan. Jabatan ini umumnya ditemukan di perusahaan perbankan dan entitas jasa keuangan dengan skala besar.

 

  1. Manajer Penjualan dalam Multinasional

Berdasarkan Laporan Michael Page 2022, posisi Manajer Penjualan, terutama di perusahaan multinasional di sektor konsumen dan ritel, memiliki rata-rata pendapatan sekitar Rp175 juta per bulan.

Tugas utama meliputi peningkatan penjualan perusahaan multinasional di negara tertentu setiap tahun. Selain itu, target lainnya adalah memperluas pangsa pasar dan skala bisnis perusahaan.

 

  1. Wakil Direktur dalam Bidang Hubungan Pemerintah

Pekerjaan dengan kompensasi signifikan berikutnya adalah Wakil Direktur dalam bidang hubungan pemerintah. Tanggung jawabnya melibatkan fasilitasi negosiasi proyek antara pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Proyek-proyek ini berperan penting dalam memperoleh pendanaan yang substansial dan stabil bagi perusahaan, menjadikan peran ini sangat strategis. Gaji rata-rata untuk posisi ini adalah sekitar Rp170 juta per bulan.

 

  1. Wakil Direktur dengan Fokus pada Ilmu Data

Selain dalam bidang hubungan pemerintah, Wakil Direktur yang mengkhususkan diri dalam ilmu data juga termasuk pekerjaan dengan kompensasi yang menarik, yakni sekitar Rp150 juta per bulan. Mengapa pekerjaan ini berbayar tinggi?

Karena peran penting data dalam pengembangan perusahaan yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman, jabatan ini memainkan peran penting dalam menganalisis dan mengolah data guna pengembangan bisnis.

Jika kamu tertarik untuk mengejar karir dalam posisi ini, awali dengan menempuh pendidikan di jurusan yang berkaitan. Saat ini, jurusan ilmu data menjadi pilihan populer di institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

 

Jadi, kamu tertarik bekerja di bidang apa? Apapun pekerjaan yang kamu ambil tetap jangan lupa untuk mengelola keuangan dan berinvestasi ya!

Jika kamu ingin investasi saham, pakai aplikasi InvestasiKu saja ya. InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

 

Beli saham di investasiKu dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO