LIFESTYLE
 

Cara Biar Bisa Berkarir di Big 4 Company Indonesia

by Rifda Arum Adhi Pangesti - 12 Jun 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Big 4 Company mengacu pada 4 perusahaan besar di bidang akuntansi dan audit terbesar di dunia. Empat perusahaan ini adalah Ernst & Young (EY), Deloitte, PricewaterhouseCoopers (PwC), dan KPMG. 

Bagi kamu yang seorang akuntan sejati, pasti akan langsung memandang 4 perusahaan ini sebagai tempat berkarir yang hebat. Memangnya, bagaimana sih cara biar bisa berkarir di Big 4 Company ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Cara Berkarir di Big 4 Company

Big 4 Company ini adalah perusahaan bidang akuntansi dan audit, maka tentu saja kamu harus berasal dari lulusan akuntansi. Apabila bukan dari jurusan akuntansi, kamu dapat berkarir sebagai HRD maupun tim Digital Marketing di perusahaan ternama ini. 

 

1. Ernst & Young

Ernst & Young (EY) ini merupakan firma jasa profesional multinasional dan menjadi salah satu firma audit Big 4. Di Indonesia, perusahaan ini hadir dan berafiliasi dengan Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja (PSS). EY Indonesia ini terletak di Jakarta Selatan. 

Klien utama dari EY Indonesia ini berasal dari perusahaan besar seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Krakatau Steel & Group, Indosat, Indofood, PT Telekomunikasi Indonesia, dan lainnya. 

Untuk dapat berkarir di perusahaan dengan klien besar ini, cek saja di laman careers.ey.com. Lalu, pilih negara Indonesia dan lingkup keterampilanmu apakah di bagian asuransi, pajak, atau konsultan. 

Dari posisi magang, kontrak, hingga fulltime dapat kamu temui di laman mereka. Proses rekrutmen meliputi pengiriman berkas, interview, dan tes tertulis.

Berhubung Ernst & Young (EY) ini adalah perusahaan global, maka tentu saja kamu harus mahir berbahasa Inggris baik secara verbal maupun tertulis.

 

2. Deloitte

Untuk mencari lowongan kerja apa saja yang ada di perusahaan Deloitte ini, cari saja melalui laman jobs.sea.deloitte. Lalu, pilih negara Indonesia sebagai tempat berkarirmu. 

Setelah itu, akan muncul deretan lowongan kerja yang sesuai dengan bidang. Mulai dari consulting, financial advisory, tax & legal, dan lainnya. 

Pada setiap lowongan, akan terdapat persyaratan dan tanggung jawab kerjamu. Ingat, kamu harus lancar berbahasa Inggris baik verbal maupun tulisan ya karena ini adalah perusahaan global. 

 

3. PricewaterhouseCoopers (PWC)

Perusahaan ini berpusat di London, Inggris. Menawarkan jasa konsultasi, penasehat pajak, konsultasi strategi, data & analisa, aktuaria, hingga firma hukum 

Untuk dapat berkarir di perusahaan global ini, kamu dapat mengunjungi laman pwc.com/career. Mulai dari pekerja magang, fresh-graduate, hingga yang berpengalaman juga tersedia di website mereka. 

Usahakan memilih bidang yang kamu kuasai. Mulai dari Audit and Assurance, Consulting, Tax, Legal, Internal Firm Services, dan lainnya. 

Misalnya untuk pekerja magang, persyaratannya berupa:

  • Fresh graduate atau mahasiswa tahun akhir
  • IPK minimal 3.00
  • Aktif dalam berorganisasi
  • Bersedia magang 3 bulan

Sekalipun magang, kamu akan tetap harus mengikuti beberapa tahap wawancara dan tes. Seperti tes tertulis, psikotest, tes teknikal, dan lainnya. 

 

Baca juga: Perusahaan Big 4 Indonesia, Tertarik Kerja Disana?

 

4. KPMG

Melihat pada laman karir di perusahaan KPMG ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan kamu berasal dari jurusan yang sesuai. Misalnya seperti jurusan akuntansi, perpajakan, computer science, dan lainnya. 

Perusahaan global yang satu ini tentu menggunakan software bisnis. Jadi, kamu harus menguasai penggunaan beberapa software tersebut dan memiliki analisa yang kuat. 

Sama seperti perusahaan lainnya, untuk dapat magang maupun fulltime berkarir di KPMG ini harus melalui beberapa seleksi. Mulai dari seleksi berkas, tes asesmen, interview HRD, interview user, dan seterusnya. 

 

Jadi, sudah siap untuk mengejar karir impianmu di Big 4 Company?

Dengan persiapan yang matang dan penuh semangat, kamu pasti bisa meraih kesuksesan di salah satu perusahaan besar tersebut. Jangan lupa, seiring dengan membangun karir, kamu juga perlu merencanakan keuanganmu dengan bijak.

Mulailah berinvestasi saham dan reksadana di aplikasi InvestasiKu untuk masa depan finansial yang lebih baik.

Yuk, download aplikasi InvestasiKu sekarang dan mulai investasimu hari ini!

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO