ARTIKEL
 

10 Negara Ini Penghasil Nikel Terbesar di Dunia Loh!

by William Fernandes - 30 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Nikel merupakan salah satu sumber daya alam logam mineral, yang dibutuhkan di dunia. Nikel adalah salah satu hasil tambang yang banyak digunakan di berbagai sektor kehidupan.

Sehingga nikel banyak ditambang oleh beberapa negara. Penasaran, negara mana saja yang menjadi produsen nikel? Simak artikel berikut ini!

 

Daftar Negara Produsen Nikel Terbesar di Dunia

 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki peringkat ke-10 dalam produksi nikel global. Pada tahun 2020, Amerika Serikat berhasil menambang sekitar 16.700 metrik ton (MT) nikel, yang meningkat menjadi 18.000 metrik ton pada tahun berikutnya, yaitu tahun 2021. Proyek utama nikel di negara ini adalah The Eagle Mine.

 

2. Kuba

Selanjutnya, Kuba menjadi negara terbesar dalam produksi nikel di dunia. Jumlah produksinya mencapai 51.000 MT. Pada tahun 1990, eksplorasi bijih nikel di Kuba mencapai 100.000 MT.

 

3. Brazil

Negara di Amerika Latin, Brazil, juga berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan nikel global sebesar 100.000 MT. Pada bulan April 2020, Vale menjual proyek nikelnya kepada Centaurus Metals. Salah satu proyek meganya yang dicanangkan oleh pemerintah setempat adalah proyek bernama Jaguar.

 

4. Cina

Cina memiliki kemampuan dalam pengolahan nikel yang jumlahnya relatif stabil. Pada tahun 2021, Cina menyumbang sekitar 120.000 MT produksi nikel untuk dunia. Jinchuan Group menjadi perusahaan terbesar dalam produksi bijih nikel di Tiongkok.

 

5. Kanada

Kanada juga termasuk dalam daftar negara terbesar dalam produksi nikel di dunia. Sayangnya, produksi dalam negeri di Amerika Utara tersebut terus menurun dari 180.000 MT (tahun 2019) menjadi 130.000 MT (tahun 2021). Tambang utama yang dimiliki oleh Glencore terletak di Ontario.

 

6. Australia

Australia mengalami penurunan produksi feronikel sebesar 160.000 MT. Setelah harga nikel di pasar internasional turun, beberapa tambang ditutup dalam rentang waktu 3 tahun (2014-2016).

 

7. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru, negara yang berada di utara Selandia Baru, mencatatkan produksi nikel sebesar 190.000 MT. Kaledonia Baru menolak menjual bijih nikel mentah ke beberapa negara, termasuk Cina. Namun, pada Desember 2016, pemerintah setempat setuju untuk menyerahkan 2 juta MT nikel ke Tiongkok.

 

8. Russia

Rusia merupakan negara penghasil nikel terbesar ketiga di dunia. Produksi nikel yang dipimpin oleh Putin mencapai 250.000 MT, mengalami penurunan sebesar 22.000 MT dibandingkan tahun sebelumnya. Norilsk Nickel Russia mengelola produksi nikel dan paladium di Rusia dengan investasi senilai 35 miliar Dolar AS.

 

9. Filipina

Filipina merupakan produsen nikel terbesar kedua di dunia. Produksi bijih nikel dari tambang mencapai 370.000 MT per tahun. Negara yang disebut sebagai "Mutiara Laut Orien" ini memiliki 30 tambang nikel, termasuk tambang Rio Tuba yang dikelola oleh Nickel Asia.

 

10. Indonesia

Indonesia menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia. Dengan cadangan sumber daya alam nikel sebesar 21 juta MT, Indonesia mampu memproduksi 1 juta MT pada tahun 2021. Selain itu, Indonesia juga memiliki rencana untuk mendirikan industri baterai kendaraan listrik (EV).

 

Baca juga: 6 Saham Nikel di Indonesia

 

Manfaat dan Penggunaan Nikel Dalam Kehidupan

Namun, apa saja sih manfaat dan penggunaan nikel dalam kehidupan sehari-hari? dilansir dari detiksulsel, nikel menjadi bahan dasar lebih dari 300.000 produk industri, militer, transportasi, penerbangan, kelautan, dan arsitektur.

Penggunaan nikel terbesar juga digunakan untuk membuat logam paduan yang digunakan untuk baja tahan karat. Jenis logam ini banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga.

Selain itu nikel juga digunakan dalam banyak kehidupan seperti:

  • Pembuatan peralatan dapur
  • Pembuatan koin
  • Pembuatan pesawat terbang
  • Pembuatan reaktor nuklir
  • Pembuatan baterai
  • Pembuatan alat-alat medis
  • Pembuatan bahan-bahan kosmetik
  • Pembuatan permukaan yang tahan terhadap goresan
  • Pembuatan mesin-mesin
  • Pembuatan bearing

Itulah daftar negara produsen nikel terbesar di dunia beserta manfaat penggunaan nikel dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Beli Saham di InvestasiKu Dapat Cashback Point

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO