ARTIKEL
 

7 Ide Bisnis Digital Paling Menjanjikan, Tertarik Coba?

by William Fernandes - 29 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika kamu mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat, bukan hal yang mustahil untuk membangun bisnis tersebut dengan sukses.

Namun, apa saja bisnis di era digital yang cocok di era digital saat ini? Yuk, kita simak artikel berikut ini!

 

Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah jenis usaha yang mengaplikasikan kemajuan teknologi digital untuk menciptakan atau mempromosikan suatu produk. Tidak hanya produk digital seperti perangkat lunak atau buku elektronik, tetapi juga semua jenis produk yang dijual secara online melalui website atau aplikasi termasuk dalam kategori ini. 

E-commerce adalah salah satu contoh bisnis digital yang umum. Ada berbagai jenis produk yang dapat dijual dalam bisnis digital, termasuk barang dan jasa. 

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki keahlian dalam memberikan motivasi pengembangan diri, maka mereka dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk menjadi seorang motivator online yang sukses dan mengembangkan bisnis digital yang menghasilkan.

 

Kelebihan Bisnis Digital 

Bisnis digital memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

 

  1. Peluang Usaha yang Luas

Perkembangan teknologi terus berlanjut, sehingga masih ada banyak peluang bisnis yang dapat dihasilkan. Namun, diperlukan riset pasar yang cermat dan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

  1. Pasar yang Luas

Bisnis digital dapat menjangkau pasar yang lebih luas karena dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Selain itu, bisnis digital juga dapat dijalankan secara online selama 24 jam.

 

  1. Jangka Panjang

Bisnis digital juga dapat membantu membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Dalam era digital ini, transformasi digital sangat penting untuk meraih potensi besar yang ada.

 

  1. Memberikan Kemudahan untuk Pelanggan

Bisnis digital memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk atau jasa secara online tanpa harus pergi ke tempat yang menjualnya. Misalnya, dengan membeli buku digital dan membacanya melalui smartphone.

 

  1. Potensi Penghasilan yang Tak Terbatas

Bisnis digital dapat memberikan potensi penghasilan yang tak terbatas, terutama jika dilakukan dengan strategi marketing yang tepat. Bayangkan jika pelanggan berasal dari seluruh dunia, maka omset penghasilan akan semakin besar.

 

Ide Bisnis Yang Cocok di Era Digital

 

  1. Membuka Toko Online

Membuka Toko Online adalah ide bisnis di era digital yang menguntungkan karena mudah dan aman. Sebagian besar pembeli lebih memilih menggunakan e-commerce untuk mendapatkan kebutuhan mereka karena transaksi menggunakan rekening bersama yang dananya baru akan dilepaskan ke penjual setelah pembeli menerima pesanan.

 

  1. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi adalah program yang diberikan oleh aplikasi untuk mempromosikan produknya dan memperluas pasar dengan memberikan kode atau link khusus kepada afiliator yang akan mendapatkan pendapatan tambahan dari pembelian yang dilakukan melalui kode/link tersebut.

 

  1. Jasa Digital Marketing

Jasa Digital Marketing adalah jasa pengoptimalan media digital sebagai media iklan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu di bidang penulisan artikel SEO, pengelolaan media sosial, dan keahlian periklanan digital lainnya untuk menjadikan jasa digital marketing sebagai ide bisnis yang potensial menghasilkan keuntungan.

 

  1. Content Creator

Menjadi Content Creator adalah menjadi seorang yang membuat konten menarik di akun media sosial dengan jumlah pengikut lebih dari 10 ribu. Kamu bisa memanfaatkan popularitas tersebut untuk mempromosikan brand lain dengan tarif tertentu atau melalui adsense.

 

  1. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website adalah ide bisnis di era digital yang cocok untuk seorang web developer yang ahli di bidang pemrograman dan bisa memenuhi kebutuhan terhadap website baik untuk perusahaan, instansi, maupun individu.

 

  1. Jual Produk Digital

Menjual Produk Digital adalah penjualan produk digital seperti e-book, pembelian paket berlangganan aplikasi berbayar, hingga audio khusus. Kamu bisa memanfaatkan jumlah permintaan pada produk digital tersebut untuk menjadi sumber penghasilan tambahan.

 

  1. Joki Games

Joki Game adalah memanfaatkan keahlian sebagai pro player untuk membantu meningkatkan level atau memenangkan kompetisi game sebagai ide bisnis di era digital. Ide bisnis ini cocok untuk kamu yang hobi bermain games!

Itulah beberapa ide bisnis digital yang bisa kamu coba. Selain berbisnis kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari trading atau berinvestasi saham. 

Kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!
 
InvestasiKu, adalah platform trading dan investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.
 
 
 
Beli saham di investasiku dapet cashback points
 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO