ARTIKEL
 

10 Gedung Tertinggi di Indonesia Beserta Pemiliknya

by William Fernandes - 15 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Salah satu pemandangan yang menarik ketika berkunjung di Jakarta adalah gedung pencakar langitnya. Namun apa saja gedung tertinggi di Jakarta dan siapa pemiliknya? Yuk, kita simak artikel berikut ini!

 

10 Gedung Tertinggi di Jakarta dan Pemiliknya

 

  1. Gama Tower

Menara Rasuna, yang dikenal juga sebagai Gama Tower, adalah gedung mewah tertinggi di Jakarta yang berdiri setinggi 288 meter. Terletak di Jl. H Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, gedung ini memiliki 69 lantai dan dimiliki oleh Gama Corporation. 

Menurut beberapa sumber, gedung ini dibangun di atas lahan seluas sekitar 1,8 hektar. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2016 dan telah beroperasi sejak saat itu, menawarkan kantor dan hotel yang nyaman dengan berbagai fasilitas.

Pemilik: Ganda Sitorus dan Martua Sitorus

 

  1. Wisma BNI 46

Gedung Wisma BNI 46 menduduki posisi sebagai gedung pencakar langit tertinggi kedua. Gedung ini terletak di kompleks BNI di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, dengan ketinggian mencapai 262 meter, diukur dari puncak antenanya. 

Pembangunan Wisma BNI 46 selesai pada tahun 1996 dan pada saat itu, gedung ini menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Wisma BNI 45 yang juga terletak di kompleks yang sama, dianggap sebagai gedung pencakar langit tertua di Jakarta. 

Wisma BNI 46 memiliki fungsi yang sama dengan Gama Tower sebagai gedung perkantoran dengan 56 lantai dan luas area 15 hektar.

Pemilik: PT Swadharma Primautama

 

  1. Menara Astra

Menara Astra, yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Pusat, menjadi gedung tertinggi ketiga setelah Gama Tower dan Wisma BNI 46. Tinggi gedung ini mencapai sekitar 260 meter dengan 50 lantai yang selesai dibangun pada tahun 2017. 

Menara ini memiliki banyak fasilitas eksklusif, termasuk Conference Hall yang dapat menampung hingga 1000 orang serta beberapa restoran, supermarket, pusat kebugaran, dan fasilitas lainnya.

Pemilik: Astra International

 

  1. Sahid Sudirman Center

Terletak di Jl. Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sahid Sudirman Center adalah gedung pencakar langit keempat tertinggi di Jakarta dengan ketinggian 258 meter dan 59 lantai. 

Gedung ini didirikan sebagai perkantoran dan telah beroperasi sejak tahun 2015. Didesain oleh arsitek terkemuka, Sahid Sudirman Center menawarkan fasilitas lengkap dan nyaman bagi para penghuninya.

Pemilik: Sukamdani Sahid Gitosarjono dan istrinya Juliah Sukamdani

 

  1. Raffles Jakarta

Raffles Jakarta adalah sebuah hotel mewah yang terletak di Jl. Prof Doktor Satrio, Karet Kuningan, Jakarta Selatan dan juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel Tower karena terhubung dengan Ciputra World 1.

Dalam kunjungan kerja Raja Arab King Salman ke Indonesia, Raffles Jakarta menjadi pilihan akomodasi resminya. Dengan pengalaman tersebut, fasilitas yang disediakan oleh hotel ini sudah pasti memuaskan. Hotel ini memiliki ketinggian sekitar 253 meter dan terdiri dari 53 lantai. 

Raffles Jakarta selesai dibangun pada tahun 2015 dan menjadi salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Jakarta.

Pemilik: Pangeran Alwaleed bin Talal

 

  1. The Pakubuwono Signature

Terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, The Pakubuwono Signature memiliki ketinggian mencapai 252 meter dan 50 lantai, menjadikannya gedung tertinggi ke-6 di wilayah tersebut. 

The Pakubuwono Signature merupakan salah satu apartemen eksklusif dan terbaik di Jakarta Selatan yang selalu diminati karena lokasinya yang sangat strategis. 

Pembangunan gedung ini selesai pada tahun 2014. Jika kamu tertarik untuk membeli atau menyewa apartemen ini, kunjungi website resminya untuk informasi lebih lanjut.

Pemilik: Anisa Himawan

 

  1. Sinarmas MSIG Tower

Sinarmas MSIG Tower yang terletak di Jakarta Selatan juga merupakan gedung pencakar langit dengan tinggi mencapai 245 meter dan memiliki 48 lantai. Gedung ini juga dikenal sebagai Chase Tower.

Konstruksi gedung dimulai pada tahun 2012 dan selesai sekitar tiga tahun kemudian. Desain bangunan ini modern dan mengusung konsep ramah lingkungan dengan menggunakan material Low E Glass yang dapat mengurangi panas dan suara bising dari luar. 

Hal ini menjadi keuntungan bagi Sinarmas MSIG Tower mengingat kondisi Jakarta yang sangat panas dan padat penduduk.

Pemilik: Sinarmas MSIG Life dan PT Smart Tbk

 

  1. Menara BCA

Dikenal dengan sebutan Menara BCA, bangunan ini memiliki tinggi mencapai 230 meter. Terletak di Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat, bangunan ini merupakan kantor pusat Bank Central Asia (BCA). 

Selain lokasinya yang strategis, gedung ini terhubung langsung dengan Grand Indonesia, pusat perbelanjaan, dan Hotel Kempinski. Di lantai teratas terdapat restoran populer bernama Skye yang menawarkan pemandangan malam yang indah.

Pemilik: Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono

 

  1. Casa Domaine Tower

Casa Domaine Tower terdiri dari dua komplek gedung, yaitu Casa Domaine Tower 1 dan Casa Domaine Tower 2, yang selesai dibangun pada tahun 2016.

Kedua gedung tersebut berfungsi sebagai apartemen mewah yang berlokasi di Tanah Abang. Casa Domaine Tower 1 memiliki tinggi mencapai 230 meter dengan 61 lantai dan merupakan salah satu apartemen mewah di Jakarta. 

Sementara Casa Domaine Tower 2 memiliki tinggi sekitar 210 meter dengan 57 lantai.

Pemilik: Osbert Lyman

 

  1. Equity Tower

Equity Tower adalah gedung pencakar langit setelah Menara BCA yang terletak di daerah Sudirman, pusat gedung tertinggi di Indonesia. 

Gedung ini memiliki ketinggian 220 meter dengan 44 lantai dan terletak di Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Equity Tower merupakan gedung perkantoran terkemuka dengan lokasi strategis berdekatan dengan beberapa gedung kenamaan seperti Pacific Place Mall, Bursa Efek Jakarta, Ritz-Carlton Hotel, dan Sultan Hotel.

Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2010 dan telah beroperasi sejak itu.

Pemilik: Tomy Winata

 

Itulah daftar gedung tertinggi di Jakarta dan pemilik gedungnya. Semua gedung ini memiliki keunikan masing-masing dan menjadi simbol kemajuan arsitektur dan bisnis di Jakarta.

 

beli saham di investasiku dapet cashback points gratis

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO