ARTIKEL
 

TikTok Genggam 75% Saham Tokopedia, Simak 5 Poin Penting Ini

by William Fernandes - 13 Dec 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

TikTok, platform media sosial asal China, telah mengumumkan investasi sebesar lebih dari USD 1,5 miliar dalam Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. 

Dalam aksi korporasi ini, TikTok akan menggenggam 75% saham Tokopedia, sementara sisanya, 25%, akan dipegang oleh GOTO, perusahaan yang merupakan hasil merger antara Gojek dan Tokopedia.

 

5 Poin Penting Terkait Investasi TikTok dalam Tokopedia

Berikut adalah beberapa poin penting terkait investasi TikTok dalam Tokopedia:

 

  1. Investasi Besar

TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar dalam Tokopedia. Hal ini menunjukkan komitmen TikTok untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri e-commerce di Indonesia.

 

Baca juga: GOTO Pangkas Rugi Bersih Menjadi Rp9,55 T

 

  1. Perubahan Komposisi Pemegang Saham

Setelah investasi ini selesai, komposisi pemegang saham Tokopedia akan berubah. TikTok akan menggenggam 75% saham Tokopedia, sementara GOTO akan menggenggam 25% sisanya.

 

  1. Tidak Ada Konsolidasi dalam Laporan Keuangan GOTO

Sebagai akibat dari perubahan komposisi pemegang saham, GOTO tidak lagi mengkonsolidasikan Tokopedia ke dalam laporan keuangannya. Hal ini dapat mempengaruhi laporan keuangan dan strategi bisnis GOTO di masa mendatang.

 

  1. Target Penyelesaian Transaksi

Transaksi ini ditargetkan selesai pada kuartal keempat tahun 2024. Hal ini memberikan waktu bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan persyaratan dan proses hukum yang diperlukan dalam investasi ini.

 

  1. Kemitraan Strategis

Investasi TikTok dalam Tokopedia merupakan bagian dari kemitraan strategis antara kedua perusahaan. Kemitraan ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. 

 

Baca juga: Bank Jago Jadi Top Gainers di Kinerja Saham Perbankan November

 

Salah satu program yang akan diluncurkan selama periode uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal, yang akan dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Dengan investasi TikTok dan kemitraan strategis ini, diharapkan bahwa Tokopedia akan semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia.

Selain itu, GOTO juga akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

 

trading pakai investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO