ARTIKEL
 

SIDO Jualan Es Krim Tolak Angin, Pengaruh ke Saham?

by Estrin Vanadianti Lestari - 23 Jun 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Siapa di sini yang dikit-dikit masuk angin dan langsung minum Tolak Angin? Nah, kalau kamu suka Tolak Angin, pasti kamu juga suka nih, sama es krim yang satu ini nih!

Ya, kamu harus cobain es krim rasa Tolak Angin dan rasa jamu lainnya, yang baru diluncurkan oleh Sidomuncul. Unik banget kan?

Ya, belum lama ini pengguna Twitter sedang dihebohkan dengan postingan salah satu netizen, yang sedang menikmati es krim rasa Tolak Angin. Gimana ya rasanya?

 

Es Krim Rasa Tolak Angin Enak & Disukai

Tidak begitu aneh, es krim Tolak Angin ternyata memiliki rasa yang enak dan disukai. Hal tersebut diungkapkan oleh akun Twitter dengan nama @belindch pada 3 Juni 2023, di mana ia menulis:

"SIAPA SIH PUNYA IDE BIKIN ES KRIM JAMU??? ENAK TAUUU MONANGES."

Ia juga menjelaskan dengan rinci, bagaimana rasa es krim Tolak Angin tersebut. Karena, rasa es krim tersebut dibalut dengan rasa cokelat dan vanila.

"Vanilla semriwing mint gituuu... Kalo yg coklat malah semriwingnya ga gitu kerasa."

Intinya, perpaduan rasa es krim Tolak Angin ini masih bisa dinikmati, dan tidak seaneh yang dibayangkan. Bedanya, ada rasa semriwing atau mint yang segar. Selain rasa Tolak Angin, ada juga es krim rasa beras kencur yang juga tidak kalah enak.

 

Gerai Herbal Corner by Sido Muncul Ada di Semarang

Nah, buat kamu yang penasaran dengan rasa es krim Tolak Angin ini, bisa langsung datang dan beli di Herbal Corner by Sido Muncul yang terletak di Lantai 2 Tentrem Mall Semarang, tepatnya di Jl. Gajah Mada No.123, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kamu juga bisa cari update-an tentang Herbal Corner by Sido Muncul melalui Instagram @herbalcorner_id.

Konsep Herbal Corner by Sido Muncul ini sangat modern dan aesthetic, karena seperti cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong. Untuk mengingatkan tentang perusahaan ini, di gerai tersebut juga terpajang banyak produk-produk jamu Komplit unggulan Sido Muncul.

Tidak hanya es krim, di gerai tersebut juga tersedia banyak pilihan minuman kesehatan lainnya, mulai dari:

  • Healthy blend
  • Aneka kopi
  • Teh
  • Energy booster
  • Minuman-minuman herbal bertajuk “Immune Booster” (Beras Kencur Twist, Sparkling Kunyit Asam, Ginger Honey Sour, Kunyit Asam Grande, Coolin’ Ginger, dan Beras Kencur Madness)
  • Minuman hangat (Wedang Tolak Angin dan Jamuccino)
  • Minuman “Anti Masuk Angin” (Freeze Tolak Angin, Choco Tolak Angin, dan Tolak Angin Frappe)

Untuk harga minuman di Herbal Corner ini juga standar kafe pada umumnya, yakni berkisar antara Rp20.000 hingga Rp35.000. Tidak hanya ada minuman, kamu juga bisa membeli aneka pastry dan kue seperti croissant, Tolak Angin Cake, dan Mushroom Quiche.

Lalu, dengan adanya inovasi baru dari Sidomuncul ini, apakah akan berpengaruh ke saham SIDO? Yuk, intip profil saham SIDO hingga tanggal IPO-nya di sini!

 

Profil Saham SIDO

Siapa yang tidak tahu perusahaan jamu PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) bergerak dalam bidang industri herbal seperti industri medis (farmasi), herbal, kosmetik, makanan dan minuman, yang berkaitan dengan kesehatan, perdagangan, transportasi darat dan jasa.

Untuk kegiatan utama dari perusahaan ini adalah produksi dan distribusi jamu herbal, minuman energi, minuman dan permen serta minuman kesehatan (dengan merek utama Sidomuncul, Tolak Angin dan Kuku Bima).

Perusahaan ini didirikan pada 18 Maret 1975 di Semarang, Jawa Tengah dan berkantor pusat di Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 16, Jl Pandanaran No.30 Semarang, Jawa Tengah. Adapun, lokasi pabriknya berlokasi di Jl Soekarno Hatta Km.28, Kecamatan Bergas, Klepu, Semarang.

 

Siapa Pemegang Saham SIDO?

Pemegang saham SIDO yang memiliki 5 persen atau lebih per 31 Januari 2023, yakni:

  • PT Hotel Candi Baru (60,46%)
  • Concordant Investments Pte. Ltd. (17,14%)

SIDO sendiri baru memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham SIDO (IPO), kepada masyarakat umum.

Setidaknya, ada sebanyak 1.500.000.000 dengan nilai nominal Rp100/saham, dan harga penawaran Rp580/saham. Adapun, saham-saham tersebut akhirnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 18 Desember 2013.

Gimana nih Kawan? Kalau kamu suka Tolak Angin dan menu es krim-nya, kira-kira bakal tertarik juga sama sahamnya nggak nih?

 

Kinerja Keuangan Saham SIDO per 1Q23 (YoY)

Pendapatan: Rp909 miliar (+3,04%)

Laba Bersih: Rp300 miliar (+1,78%)

Net Profit Margin: 33,1% (vs. 1Q22: 33,51%)

 

Valuasi per 1Q23 TTM

Adapun data yang dicantumkan adalah berdasarkan data penutuan bursa per 12 Juni 2023

Current P/BV: 7,26x

Average P/BV: 6,51x

Current P/E: 20,51x

Average P/E: 22,22x

 

Selain itu, SIDO juga rajib bagi-bagi interim dan final dividen 5 tahun terakhir. Berikut tabelnya:

Tahun Buku Cum Date Dividen/Lembar Saham (Rp)
2022 Balance of Final 23
2022 Interim First Half 13,5
2021 Balance of Final 22,7
2021 Interim First Half 15,3
2020 Balance of Final 18,9
2020 Interim First Half 12,5
2019 Balance of Final 13,5
2019 Interim First Half 11
2018 Balance of Final 10,5
2018 Interim First Half 7,5

 

Gimana? Tertarik beli saham SIDO nggak nih? Kalau tertarik, bisa cek sekaligus beli sahamnya di InvestasiKu saja! Tapi Disclaimer on ya!

 

 

Download InvestasiKu Dapat Point

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO