ARTIKEL
 

Manoj Punjabi, Orang Kaya Baru di RI Berharta Rp16,4 T

by William Fernandes - 20 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Manoj Punjabi masuk sebagai orang terkaya baru di Indonesia versi Forbes 2020, di mana ia berada di posisi 43 dengan kekayaan mencapai Rp1,05 Miliar USD atau setara dengan Rp16,4 triliun. (Kurs: Rp15.600)

Kekayaan yang meningkat ini berkat salah satu saham yang ia miliki yaitu MD Pictures yang meroket berkali-kali lipat dalam satu tahun terakhir ini dikarenakan banyak penonton yang datang kembali ke bioskop setelah pandemi. Seberapa kaya Manoj Punjabi ini? yuk kita simak berikut ini.

 

Profil Manoj Punjabi

Manoj Punjabi merupakan produser film indonesia keturunan India, ia lahir pada 7 Desember 1972 , ia merupakan pendiri rumah produksi terbesar di Indonesia yaitu MD Entertainment.

Sebelum membangun bisnis rumah produksinya, Ia sempat menempuh pendidikan di Gandhi Memorial School di Jakarta. Setelah lulus, ia memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya di bidang perfilman. 

Namun, hal itu ditentang oleh keluarganya karena alasan karier dan kondisi perfilman Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja.

Sempat ditentang, Manoj pun bekerja di sebuah industri pulp and paper. Namun ia hanya bertahan 3 bulan di sana dan dipecat di kemudian hari.

 

Perjalanan Karir Manoj Punjabi

Kemudian ia mengawali karirnya sejak 1996 di dunia industri film Indonesia, dimana di tahun tersebut ia merupakan produser pelaksana di Multivision Plus yang merupakan perusahaan ayahnya yaitu Dhamoo Punjabi.

Kemudian ia pun berhenti bekerja dari perusahaan ayahnya dan mendirikan MD Entertainment pada tahun 2002 bersama ayah nya. hingga ini rumah produksi tersebut pun sukses dan berhasil menaikan namanya hingga saat ini.

Gak hanya sampai disitu, Manoj juga mengembangkan bisnis nya melalui anak perusahaan seperti MD Corp dan MD Pictures yang melahirkan film-film berkualitas.

Beberapa film terkenal yang diproduksi oleh Manoj Punjabi adalah seperti Ayat-Ayat Cinta, Habibie & Ainun, Surga Yang Tak Dirindukan, Rudy Habibie, Danur: I Can See Ghosts, dan KKN di Desa Penari.

Kemudian perusahaan Manoj juga menjadi pionir di industri pertelevisian Indonesia, salah satunya adalah sinetron Cinta Fitri yang sukses hingga 7 season.

 

Baca Juga: Bukan Sembarang Naga, Ini 9 Naga di Indonesia

 

Jadi Orang Terkaya di RI

Manoj Punjabi masuk ke peringkat ke-43 dari 50 orang terkaya di Indonesia berkat saham MD Pictures yang melompat hingga dua kali lipat dalam setahun terakhir

Pada Kuartal III 2022, MD Pictures membukukan pendapatan lebih dari dua kali lipat yaitu sebesar 24 Juta USD atau setara dengan Rp382 miliar dibandingkan periode tahun sebelumnya, sementara laba bersih perusahaan melonjak tujuh kali lipat menjadi Rp153,9 miliar.

Hal ini dikarenakan masyarakat yang berbondong-bondong pergi ke bioskop untuk menonton film setelah penutupan bioskop selama lebih dari satu tahun akibat pandemi Covid-19.

Dimana Pertumbuhan MD Pictures didorong oleh penjualan box office, yang menyumbang 75% dari pendapatan dalam periode sembilan bulan. Ini naik hampir 9.000% dari tahun sebelumnya, ketika pandemi membuat orang tidak bisa datang ke bioskop.

Selain itu untuk setahun penuh, pendapatan diharapkan bisa naik dua kali lipat menjadi Rp500 Miliar.

Ia pun tercatat memegang saham mayoritas di MD Pictures melalui perusahaan induknya, yaitu MD Global Investment, dimana perusahaan MD melantai di bursa saham pada 2018.

Yuk, ketahui semua informasi saham milik Manoj Punjabi yang menjadi incaranmu, sekaligus transaksi melalui platform saham online InvestasiKu! Mau investasi? Ya InvestasiKu!

Dapatkan juga bonus berupa Allo Points, di setiap transaksi. Terlebih, kamu bisa mulai transaksi saham di InvestasiKu, mulai dari Rp100 ribuan aja!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO