ARTIKEL
 

Perusahaan yg Modalnya Diperoleh Dari Penjualan Saham

by Dany Mauriz Gibran - 05 Nov 2021 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Perusahaan yg modalnya diperoleh dari penjualan saham adalah Perseroan Terbatas (PT). Setiap pemilik surat berharga tersebut terdapat hak kepemilikan atas perusahaan. Serta, tiap-tiap pemilik surat tersebut berhak mendapatkan keuntungan berupa dividen.

Permodalan perusahaan salah satunya dengan cara menerbitkan saham. Bagi pemilik modal, saham merupakan instrumen investasi yang paling menarik bagi para investor karena mampu mencetak keuntungan yang signifikan.

BACA JUGA: Harga Saham Adalah: 5 Emiten Dengan Harga Saham Termahal

Perusahaan yg modalnya berasal dari penjualan saham: Perseroan Terbatas

Berdasarkan UU Nomor 40 tahun 2007 perusahaan perseroan terbatas adalah suatu badan usaha yang berbentuk badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian dan menjalankan usaha yang modalnya dari saham yang ditanam. Perusahaan jenis ini disebut juga sebagai perusahaan persekutuan modal.

Mau dapat dividen dari laba perusahaan? Yuk Daftar InvestasiKu Sekarang! Menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan bisa mulai dari Rp100.000 Loh!

PT adalah sebuah unit bisnis yang pendanaannya dari penjualan saham. Saham adalah instrumen investasi yang merepresentasikan kepemilikan suatu perusahaan. 

Jika kita membeli saham, secara langsung kita ikut serta pada pendanaan modal suatu perusahaan. Semua anggota yang tergabung di dalam perseroan terbatas adalah pemegang saham. Istilahnya adalah persero.

Biasanya, beberapa perusahaan ada yang rutin membagikan dividen dalam RUPS. Deviden yaitu pembagian laba dari sebuah perusahaan kepada para investor.

Perusahaan yg modalnya diperoleh dari penjualan saham: Jenis-jenis Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas terdiri dari berbagai jenis, antara lain:

Perseroan Terbatas Terbuka (Tbk)

Perusahaan yg modalnya diperoleh dari penjualan saham – PT Tbk adalah perseroan terbatas yang sudah melakukan aktivitas penawaran saham ke masyarakat yang sudah mendapatkan persetujuan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebab, permodalan nya kepada perusahaan terkait itu bersifat terbuka untuk para masyarakat.

Beberapa contoh perseroan terbatas yang menjual sahamnya ke masyarakat melalui pasar modal.

Contohnya: PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Perseroan Terbatas Tertutup

Beda jenisnya dengan PT Tbk, Perseroan Terbatas tertutup adalah jenis PT yang tidak mendaftarkan saham nya ke BEI untuk menjualnya ke masyarakat luas. PT jenis ini biasanya mendapatkan pendanaan dari rekan terdekat atau kalangan tertentu. Bisa dari individu sampai keluarga. 

Perseroan Terbatas Kosong

Perseroan Terbatas kosong adalah jenis PT yang aktivitas usaha dan izinnya sudah dapat persetujuan oleh pihak berwenang. Namun, kegiatannya sama sekali belum berjalan.

Perseroan Terbatas Asing

Istilah perseroan terbatas adalah orang asing yang membentuk sebuah unit usaha perseroan dalam negeri. Aktivitas bisnis mereka harus mengikuti aturan kegiatan usaha sesuai UU yang berlaku di dalam negeri.

Ketika kamu tertarik dunia saham, coba untuk menyusun tujuan anda. Termasuk kesiapan untuk mengambil resiko kehilangan uang akibat (capital loss).

Perusahaan yg modalnya berasal dari penjualan saham: Keuntungan Saham

Berikut ini beberapa manfaat yang akan investor peroleh dengan membeli saham yaitu:

Dividen

Dividen adalah hal yang selalu investor tunggu berupa pembagian laba dari perusahaan. Pemberian laba perusahaan bisa terjadi setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.

Hal ini berlaku jika seorang pemodal ingin mendapatkan dividen, maka investor tersebut wajib memegang saham dalam jangka panjang.

Investasi jangka panjang itu artinya punya saham dalam kurun beberapa tahun. Berikut ini jenis-jenis dividen yang harus kamu tau:

Dividen tunai: para investor akan mendapatkan dividen berupa uang tunai dalam bentuk rupiah dengan nominal tertentu. Tergantung berapa banyak kepemilikan yang kamu punya.

Dividen saham: Pembagian keuntungan untuk setiap investor dalam bentuk saham. Sehingga, jumlah saham yang mereka punya akan bertambah.

Capital Gain

Capital Gain artinya keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual. Istilah itu terjadi dari hasil perdagangan. 

Misalnya, Trader buy saham KJS dengan seharga Rp5.000 per saham. Lalu barang tersebut terjual seharga Rp7.500 per saham. Artinya, trader tersebut memperoleh capital gain sebanyak Rp2.500 untuk setiap saham yang telah terjual.

Perusahaan yg modalnya diperoleh dari penjualan saham: Risiko Trading Saham

Capital Loss

Kebalikan Capital loss adalah capital gain, yaitu suatu kondisi yang mana investor melakukan penjualan ketika harga sekarang telah turun dari harga beli.

Misalnya saham emiten seharga Rp6.000 per saham, lalu beberapa waktu kemudian, harga saham tersebut konsisten mengalami penurunan yang signifikan sampai Rp3.000 per saham.

Pada akhirnya, investor menutup transaksi tersebut dalam keadaan rugi. Sehingga kerugian yang terealisasi sebesar Rp3.000 per saham.

Risiko Likuiditas

Ketika emiten tersebut mengalami kebangkrutan, pemegang saham akan mendapatkan hak paling akhir untuk mendapatkan hasil likuidasi perusahaan. Kenapa? karena perusahaan harus lebih dulu menyelesaikan semua kewajibannya. Melunasi beban hutang yang mereka miliki. Kalau masih ada sisa kekayaan, maka investor berhak mendapatkan itu.

Semoga kalian bisa mendapatkan pengetahuan dari artikel “Perusahaan yg modalnya berasal dari penjualan saham”.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO