Daftar Isi
Perusahaan yang bergerak di industri pengembangan infrastruktur, yakni PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), berencana akan menjajaki peluang akuisisi mayoritas saham milik PT Waskita Karya Tbk (WSKT) di PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), yakni pemilik hak konsesi tol Pemalang-Batang.
META Pernah Akuisisi Jalan Tol MBZ
Sebelumnya, tepat pada Oktober 2022, META juga telah mengakuisisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ) dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Selain MBZ, META melalui anak usahanya yakni PT Margautama Nusantara (MUN), juga memegang konsesi pada sejumlah ruas jalan tol, seperti:
- Tol Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) seksi W1 ruas Kebon Jeruk-Penjaringan sepanjang 9,7 kilometer
- Tol BSD Ruas Pondok Aren-Serpong 7,2 kilometer
- Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1 & 2 ruas Pelabuhan Soekarno Hatta-Pettarani sepanjang 5,9 kilometer
- Tol Seksi Empat (JTSE) ruas Tallo-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan panjang 11,6 kilometer
- Tol Layang AP Pettarani atau Tol Ujung Pandang Seksi 3 sepanjang 4,3 kilometer
- Tol Makassar New Port (MNP) 3,2 kilometer
- Proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami
Waskita Juga Melepas Beberapa Saham Tol Lainnya
Waskita sendiri memang sedang giat melakukan aksi korporasi pelepasan saham jalan tol miliknya, melalui anak usahanya yakni PT Waskita Toll Road (WTR). Di mana Waskita mulai melepas beberapa saham:
- Tol Solo-Ngawi
- Tol Ngawi-Kertosono
- Tol Semarang-Batang
- Tol Cimanggis-Cibitung
- Tol Kanci-Pejagan
- Tol Pejagan-Pemalang
Bahkan, Waskita juga menawarkan saham kepada para investor, dalam acara ASEAN Indo Pasific Forum (AIPF) Business Matching pada 6 September 2023 lalu.
Tidak hanya itu, PT Nusantara Infrastructure menyatakan akan mengakuisisi perusahaan yang bisa mendongkrak kinerja keuangan META ke depannya, dan menargetkan di tahun 2023 pendapatannya tumbuh 11-12%.