ARTIKEL
 

5 Jebakan Trading yang Harus Diwaspadai Trader!

by Estrin Vanadianti Lestari - 03 Nov 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Memang benar, tidak selamanya trading saham berjalan mulus dan untung! Sebagai trader, kamu juga perlu waspada dengan berbagai jebakan dalam trading, yang bisa membuatmu rugi.

Apa saja jebakan trading yang harus diwaspadai? Nah, sebelum membahas daftar jebakan dalam trading yang harus diwaspadai, intip dulu apa itu jebakan dalam trading, berikut ini!

 

Apa Itu Jebakan Trading?

Jebakan trading adalah situasi di mana trader dapat terjebak atau terperangkap dalam keputusan perdagangan, yang buruk dan tidak menguntungkan.

Situasi yang dimaksud, bisa berupa emosi trader, kesalahan analisis, hingga kondisi pasar yang tidak terduga, yang membuat trader menerapkan keputusan yang kurang optimal.

 

Daftar Jebakan Dalam Trading Saham

Ada beberapa jenis jebakan dalam trading yang perlu kamu tahu, dan diwaspadai. Berikut daftarnya.

 

1. FOMO (Fear of Missing Out)

Jenis jebakan trading yang satu ini, mungkin menjadi jebakan yang paling sering dan paling mudah menjebak trader. Situasi Fomo sendiri adalah ketika trader terpengaruh oleh kecemasan untuk melewati peluang perdagangan, yang tampaknya menguntungkan padahal belum tentu.

Biasanya, Fomo juga terjadi karena banyak trader lain yang masuk ke pasar, dan kamu terpengaruh dengan keputusan trader lain tanpa analisis yang memadai serta rencana perdagangan yang tepat.

 

2. Dead Cat Bounce (DCB)

Jebakan trading yang satu ini memang terdengar seram, di mana istilah tersebut datang dari pepatah, "bahkan seekor kucing mati akan bangkit jika dijatuhkan dari posisi yang cukup tinggi".

Namun, maksud dari istilah Dead Cat Bounce dalam investasi adalah kenaikan sementara yang kemudian diikuti tren turun.

Jebakan tersebut biasanya terjadi dalam situasi, ketika saham incaran kamu bullish setelah turun dalam, dan kamu harus waspada jangan-jangan terjadi Dead Cat Bounce.

Intinya, jebakan ini terjadi ketika niat kamu ingin membeli saham di harga murah, tapi nyatanya harga malah meluncur paling bawah.

 

3. Bull Trap dan Bear Trap

Jebakan yang satu ini memang biasanya sering dijumpai dalam trading saham, dan ditakuti oleh para trader lho! Seseram apa jebakan trading Bull Trap dan Bear Trap?

Jadi, jebakan tersebut dibuat untuk menangkap bullish atau bearish dalam posisi yang lemah, sebelum harga akan berbalik arah.

Bull trap sendiri adalah sinyal palsu penurunan tren pada indeks yang justru berbalik arah. Sedangkan bear trap adalah sinyal palsu pembalikan tren harga naik. Pergerakan dua jebakan tersebut bisa menggiring para trader untuk masuk ke jebakan dan mengikuti sinyal yang muncul.

 

4. Value Trap

Siapa yang tidak tergiur dengan saham yang harganya murah? Tapi awas, kamu kena jebakan value trap!

Value trap adalah situasi di mana saham sedang dipatok dengan harga yang murah, khususnya dalam hal rasio price-to-earning (P/E) atau price to book value (PBV) dalam jangka waktu yang lama.

 

5. Saham Gorengan

Hati-hati dengan saham gorengan! Meskipun harganya murah, saham ini juga termasuk salah satu jebakan bagi para trader ritel yang perlu diwaspadai. Kenapa?

Karena saham gorengan itu merupakan saham yang sudah dimanipulasi oleh para bandar. Karena kalau sudah terjebak, maka trader bisa merugi.

Saham gorengan sendiri merupakan saham yang harganya meningkat secara signifikan, bahkan dalam waktu yang singkat. Padahal, tidak ada peristiwa yang berkaitan dengan kinerja perusahaan emiten tersebut, karena kenaikan tersebut dimanipulasi oleh bandar yang memborong saham tersebut.

Setelah trader ritel ikut membeli, para bandar akan menjualnya kembali, dan trader ritel akan terjebak, dengan harga saham yang anjlok kembali.

 

Takut Kejebak? Ikut Trading Ideas di IG Live InvestasiKu Aja!

Daripada ikut-ikutan kejebak dalam perangkap, lebih baik ikuti trading ideas di Instagram Live InvestasiKu, setiap Senin - Jumat, jam 8.30 WIB. Di situ, kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang pergerakan pasar, dan rekomendasi-rekomendasi saham.

Kamu juga bisa bertanya kepada tim InvestasiKu tentang saham incaranmu, selama IG Live berlangsung. Tapi jangan lupa tetap lakukan analisis mendalam ya Kawan! Yuk, download aplikasi InvestasiKu untuk investasi yang mudah, aman, dan bisa dapat poin!

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO