ARTIKEL
 

FREN & EXCL Dikabarkan Siap Merger, EXCL Dijual Harga Diskon!

by Estrin Vanadianti Lestari - 13 Nov 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata (EXCL) masih melanjutkan rencana penggabungan atau merger. Di mana keduanya diketahui sudah sepakat untuk melakukan aksi korporasi tersebut, meski pihak manajemen belum memberikan konfirmasi.

 

Dijual Dengan Harga Diskon di Bawah Rp50 per Saham

Untuk valuasi harga EXCL sendiri, kabarnya ditetapkan di bawah Rp50/saham (di obral dengan harga diskon). Sementara harga saham FREN saat ini, berada di level Rp53/saham, di mana sejak tadi pagi (8/11/23), naik satu poin atau setara 1,93%.

 

Rencana Merger Sudah Sampai ke Menkominfo

Namun, rencana merger antara FREN dan EXCL sebelumnya, sudah sampai di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).\

Di mana pihak Smartfren dan XL sudah bertemu dengan Budi Arie Setiadi selaku Menteri Kominfo (Menkominfo) dan diaminkan oleh Menkominfo sendiri.

Bahkan, menurut Budi Arie Setiadi rencana merger antara FREN dan EXCL dijalankan berdasarkan bussines to bussines (B2B), yang ditujukan untuk efisiensi persaingan pasar telekomunikasi di dalam negeri.

Terlebih, konsolidasi operator seluler dinilai penting, demi industri telekomunikasi yang lebih efisien dan sehat. Sehingga, merger bisa membuat industri di kedua perusahaan telekomunikasi tersebut menjadi lebih positif.

Budi Arie Setiadi, mendorong agar konsolidasi ini bisa terus berlanjut. Sehingga, di Indonesia hanya akan ada tiga operator seluler yang beroperasi. Di mana saat ini, operator seluler yang beroperasi adalah Telkomsel (TLKM), Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT), XL Axiata (EXCL), dan Smartfren (FREN).

 

Kata CEO XL Soal Merger

Meski merger ini bisa membuat industri kedua perusahaan lebih baik, namun Presiden Direktur & CEO XL Axiata, yakni Dian Siswarini mengungkapkan bahwa isu merger juga menjadi ranah pemegang saham.

Sehingga, dari segi manajemen sebenarnya tidak banyak terlibat proses merger, karena aktivitas ini juga bagian dari persetujuan para pemegang saham (Axiata).

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO