ARTIKEL
 

CUAN Gelar RUPSLB Terkait Rencana Akuisisi PTRO

by William Fernandes - 23 Jan 2024 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) berencana untuk mengakuisisi 34% saham PT Petrosea Tbk (PTRO), salah satu kontraktor pertambangan terkemuka di Indonesia.

Rencana akuisisi ini akan dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang akan digelar pada 12 Februari 2024 mendatang.

 

CUAN Akan Akuisisi 34% Saham PTRO

Menurut keterbukaan informasi yang disampaikan oleh CUAN di Bursa Efek Indonesia, alasan akuisisi ini adalah untuk meningkatkan aset, jaringan usaha, dan portofolio bisnis CUAN di sektor pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.

CUAN juga berharap akuisisi ini akan meningkatkan kinerja operasional dan keuangan CUAN, dengan mengintegrasikan operasi dan sinergi bisnis dengan PTRO.

Nilai akuisisi yang ditawarkan oleh CUAN adalah sebesar Rp 940 miliar, yang setara dengan Rp 2.741,11 per saham PTRO. Nilai ini lebih rendah dari harga pasar saham PTRO, yang pada penutupan perdagangan Jumat (5/1/2024) mencapai Rp 5.550 per saham.

CUAN akan membeli 342.925.700 saham PTRO, yang mewakili 34% dari total modal ditempatkan dan disetor PTRO, dari PT Caraka Reksa Optima, yang merupakan salah satu pemegang saham utama PTRO.

 

Jadwal dan Agenda RUPSLB

RUPSLB CUAN akan diselenggarakan pada 12 Februari 2024 di Wisma Barito Pacific, Jakarta, mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Adapun materi RUPSLB ini akan membahas dua agenda utama, yaitu persetujuan atas rencana transaksi material, berupa akuisisi saham PTRO, dan persetujuan atas perubahan susunan pengurus CUAN.

Persetujuan atas rencana transaksi material ini diperlukan untuk memenuhi ketentuan Peraturan OJK No. 17/POJK.04 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha⁵.

Dalam RUPSLB tersebut, CUAN akan meminta persetujuan dari para pemegang saham CUAN, sehubungan dengan pelaksanaan rencana transaksi yang akan dilakukan oleh PT Kreasi Jasa Persada (KJP).

KJK sendiri merupakan perusahaan terkendali CUAN, di mana CUAN merupakan pemegang saham 99,98% pada KJP.

Persetujuan atas perubahan susunan pengurus CUAN ini, diperlukan untuk memenuhi ketentuan Peraturan OJK No. 33/POJK.04, tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik.

CUAN akan meminta persetujuan dari para pemegang saham CUAN, sehubungan dengan perubahan susunan direksi dan dewan komisaris CUAN. CUAN juga belum mengungkapkan siapa saja, calon pengurus baru yang akan diusulkan dalam RUPSLB ini.

 

Profil CUAN dan PTRO

CUAN

CUAN adalah salah satu perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Prajogo Pangestu, yang juga memiliki PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), dan PT Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd.

CUAN bergerak di bidang pertambangan, perdagangan, dan jasa. CUAN memiliki beberapa anak usaha, antara lain PT Kreasi Jasa Persada, PT Kreasi Jasa Mandiri, PT Kreasi Jasa Utama, PT Kreasi Jasa Pratama, dan PT Kreasi Jasa Lestari.

 

PTRO

PTRO adalah salah satu kontraktor pertambangan terkemuka di Indonesia, yang bergerak di bidang pertambangan batu bara, emas, nikel, gas, dan infrastruktur.

PTRO memiliki beberapa anak usaha, antara lain PT Petrosea Offshore Supply Base, PT Indika Energy Infrastructure, PT Santan Batubara, PT Lintas Wahana Indonesia, PT Tripatra Engineering, dan PT Tripatra Engineers and Constructors.

PTRO juga memiliki beberapa afiliasi, antara lain PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Kideco Jaya Agung, PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS), dan PT Cirebon Electric Power.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO