ARTIKEL
 

Gimana Sih, Cara Jadi Trader Saham Sukses?

BY Josua Lois Sinaga - 10/6/2022 3:56:00 PM - 5 MINS READ

 

Siapa sih, yang tidak mau sukses di bidang saham? Pastinya Kawan Visto dan seluruh trader di dunia ini juga mau, bukan?

Tapi, gimana caranya? Adakah cara terbaik untuk menjadi trader saham sukses?

 

Terjun ke Dunia Trading Saham Bukan Berarti Akan Sukses

Perlu kamu ketahui, ketika kamu terjun ke dunia saham, sebagus apapun cara trading, strategi hingga analisis yang kamu gunakan, tidak menjamin kamu akan langsung untung.

Pasalnya, akan selalu ada yang namanya risiko kegagalan dari berbagai faktor, saat trading saham. Tapi, hal tersebut jangan kamu jadikan keluhan, yang membuat kamu putus asa untuk jadi trader profesional.

Jadi, disarankan untuk menanamkan mindset yang positif terhadap trading saham. Hilangkan mindset, bahwa trading saham akan menghasilkan keuntungan yang pasti.

Nah, buat kamu para pemula, yang mau tahu cara jadi trader profesional, sekaligus cara menjadi trader saham sukses dari nol, bisa intip informasinya berikut ini.

 

Menjadi Trader Saham Sukses Begini Caranya

 

1. Memiliki pengetahuan dasar tentang trading saham

Cara menjadi trader saham sukses dan jug profesional yang pertama adalah memiliki pengetahuan atau menguasai berbagai ilmu-ilmu dasar tentang trading saham.

Dengan paham semua istilah-istilah trading saham, kamu akan lebih percaya diri saat ingin mengambil keputusan-keputusan. Kamu bisa belajar ilmu pengetahuan dasar trading saham, dari berbagai sumber.

Misalnya, dari buku belajar saham, dari YouTube, dari webinar, dari teman sesamanya trader, atau dari orang yang memang sudah berpengalaman di bidang investasi saham.

Pasalnya, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui dan pahami dulu, sebelum terjun. Seperti istilah-istilah saham, lalu tools, indikator, analisis, strategi saham, dan lainnya.

Setelah itu, kamu akan lebih percaya diri untuk bergabung menjadi bagian dari trader saham, di bursa.

 

Baca juga: 6 Buku Belajar Saham

 

2. Menyiapkan modal dan punya money management

Cara menjadi trader saham sukses yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal khusus untuk trading saham. Pasalnya, ketika kamu berniat untuk terjun ke dunia saham, artinya kamu harus siap dengan kondisi keuangan kamu.

Meski kamu memiliki modal yang cukup untuk trading saham, pastikan kondisi keuangan kamu juga baik. Artinya, kamu juga memiliki biaya untuk kehidupan yang mencukupi, dengan anggaran yang rinci.

Misalnya, dari pendapatan kamu perbulan, kamu sudah membuat anggaran keuangan, yang berisi kebutuhan-kebutuhan penting. Mulai dari untuk makan, bayar sewa tempat tinggal, transportasi, internet, menabung, dan tentunya untuk trading saham.

Jangan sampai, ketika kamu mempunyai pendapatan per bulan, seluruh pendapatan kamu digunakan untuk trading. Sehingga, kehidupan kamu tidak tercukupi, dan hanya memprioritaskan untuk trading saham. 

Nah, Ini adalah cara jadi trader profesional yang salah. Karena hal tersebut tidak profesional sama sekali, dan bagaimana bisa sukses jika mengelola keuangan saja kamu tidak bisa.

Jika belum punya modal yang mencukupi, maka kumpulkan terlebih dahulu modalnya, sampai nominalnya sesuai dengan saham incaran kamu.

 

3. Siapkan waktu yang tepat dan buat trading plan yang benar

Oke, jika kamu sudah punya pengetahuan dasar saham sudah cukup baik, hingga modal trading yang mencukupi, saat kamu tentukan kapan waktu trading yang tepat. Tidak hanya waktunya, kamu juga harus menyusun rencana atau trading plan yang benar.

Jangan sia-siakan setiap waktu yang ada, karena dalam trading saham, setiap waktunya adalah kesempatan. Jadi, atur trading plan yang memiliki peluang yang bagus, agar hasilnya juga bagus dan menguntungkan.

 

4. Pilih perusahaan sekuritas yang tepat dan kredibel

Untuk bisa melakukan trading saham, kamu wajib memilih perusahaan sekuritas terlebih dahulu, agar kamu bisa bertransaksi jual-beli saham. Perusahaan sekuritas adalah sebagai pihak perantara antara trader dan perusahaan saham.

Jangan salah pilih, kamu juga harus memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan trading saham, dan memiliki persentase harga yang rendah. 

 

download investasiku

 

5. Mulai dari modal kecil

Bertransaksi saham dengan jumlah yang langsung banyak, dengan nominal yang besar bagi pemula, bukan cara yang tepat jadi trader profesional.

Apalagi kamu melakukannya atas dasar ikut-ikutan, tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. Karena hal tersebut hanya akan membuat kamu terjebak dalam kondisi yang tidak jelas dalam pasar saham.

 

6. Jangan tergoda dengan saham gorengan dan kelola psikologi trading

Cara jadi trader profesional dan sukses yang tak kalah penting adalah jangan tergoda dengan saham-saham gorengan. Di sini, kamu juga harus kelola psikologi trading agar kamu bisa mengontrol emosi, agar semua keputusan transaksi trading bisa direncanakan dengan matang.

Pastikan memilih saham dari perusahaan dengan fundamental baik, seperti saham blue chip. Hal tersebut dilakukan agar risiko kerugiannya lebih kecil, dari pada kamu memilih saham gorengan, yang fundamentalnya mungkin kurang jelas.

Gimana nih Kawan Visto? Sudah siap mau trading saham? Sudah punya saham incaran belum?

Yuk, mulai aktivitas trading saham di aplikasi saham online InvestasiKu, dan dapatkan cashback berupa Allo Points!

 

download investasiku

 

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK