ARTIKEL
 

Cara Cepat Beli Saham BBYB Online

by Dany Mauriz Gibran - 25 May 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Bagaimana cara beli saham BBYB? Eh, tapi BBYB itu kode saham perusahaan apa yah? Kawan Visto ada yang tahu, atau justru sudah beli?

Nah, biar kamu paham sama calon saham yang akan kamu beli, alangkah baiknya ketahui dulu perusahaan di balik kode emiten BBYB pada IDX berikut ini.

 

Perusahaan Dibalik Kode Emiten BBYB

Jadi, BBYB adalah kode emiten dari perusahaan perbankan, yakni PT Bank Neo Commerce Tbk. Bank Neo sendiri adalah bisnis publik, yang beroperasi pada lini perbankan yang berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1989, yang sebelumnya bernama Bank Yudha Bhakti, di bawah naungan grup Gozco (Tjandra Mindharta Gozali). Maka dari itu, kode emitennya bernama BBYB.

Bank Neo Commerce Tbk, memperoleh pertumbuhan, dalam hal ini adalah berupa jumlah nasabah baru, dalam beberapa bulan terakhir.

Selain itu, Bank Neo juga berhasil mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana hal ini merupakan salah satu pencapaian yang bisa terbilang positif.

Perizinan tersebut tentunya berguna juga untuk menerapkan fitur Digital Customer Onboarding. Wah apa tuh?

Digital Customer Onboarding adalah sebuah proses menggabungkan pelanggan, dengan cara yang cepat, sederhana, aman, dan terjamin pada aplikasi digitalnya.

 

Bagaimana Cara Beli Saham BBYB Hari ini?

Berdasarkan grafik teknikal, harga saham BBYB sekarang pada tanggal 13 Juli 2023, sebesar Rp481 per lembar, atau Rp48.100 per lot.

 

Cara Beli Saham BBYB Online Ketika Turun

Berdasarkan analisis teknikal secara mandiri, harga BBYB saat ini turun karena sudah overbought. Artinya, suatu area dimana harga saham sudah terlalu tinggi.

Pada kondisi seperti ini, trader cenderung akan menjual sahamnya yang mengakibatkan penurunan.

Jika kita ingin membeli kembali, tunggu harga saham bergerak pada area support dan berhenti koreksi. Setelah ada pola yang mengindikasikan kelanjutan tren, itulah indikasi trader ritel mulai buy back. Cara beli saham BBYB ini dari sisi teknikal.

Jika kamu trader teknikal, kalian bisa gunakan indikator RSI untuk mengetahui saham yang sedang overbought atau oversold.

 

Kapan Saham BBYB Right Issue?

PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) sedang merencanakan rights issue atau menambah modal lewat skema hak memesan efek terlebih dahulu. Serta, target modal yang ingin perusahaan raih sebanyak Rp2,5 Triliun. Cara beli saham BBYB bisa kamu beli ketika right issue.

 

Berapa Harga Saham BBYB?

Pertama, kamu pilih sekuritas yang menyediakan layanan online, seperti InvestasiKu! Setelah itu, buat akun dan rekening saham (RDN).

Nah, setelah sudah punya akun dan RDN, kamu bisa langsung cari kode emiten BBYB, lalu cek harga hari ini! Misalnya:

  • Pada tanggal 13 Juli 2023, Harga Saham BBYB per lembar, adalah sebesar Rp481. Jika 1 lot itu sebanyak 100 lembar, berarti harga saham BBYB adalah Rp481 x 100 = Rp48.100
  • Jika kita geser pada periode sebelumnya, yakni dilihat pada tanggal 13 Juli 2022, harga saham BBYB masih sebesar Rp1.090. Dalam kurun waktu 1 tahun, BBYB mengalami penurunan sebanyak -55 persen.

 

Cara Membaca Laporan Keuangan Saham BBYB

Kalau kamu ingin memahami kinerja suatu emiten, kalian harus tau dulu kinerja keuangan, yang tercermin pada laporan keuangan.

Selain itu, untuk mengetahui kinerja perusahaan, laporan keuangan juga memberikan data yang lengkap tentang tata kelola keuangan serta bagaimana perusahaan tersebut beroperasi. Berikut ini adalah komponen bagaimana cara membaca laporan keuangan untuk investor:

 

Membaca Neraca Emiten Saham BBYB

Sebelumnya, definisi dari neraca sendiri adalah sebuah laporan keuangan, yang merefleksikan kondisi dari sebuah perusahaan. Neraca keuangan terdiri dari beberapa komponen, yakni:

  • Aktiva (aset): Aktiva atau aset memiliki arti sebagai segala sesuatu yang perusahaan punya, di mana aktiva bisa terbagi menjadi aktiva lancar, dan aktiva tidak lancar. Sedangkan pasiva (kewajiban dan ekuitas) adalah segala sesuatu yang perusahaan lakukan untuk memperoleh atau membayar aset.
  • Kewajiban (utang): Kewajiban (utang) bisa kamu sebut sebagai segala sesuatu yang wajib kamu bayar oleh perusahaan. Kewajiban punya dua kategori yaitu kewajiban lancar dan tidak lancar.
  • Ekuitas (modal): Harta yang dikeluarkan sebuah perusahaan, untuk memenuhi operasional perusahaan, di mana nantinya harta tersebut mengalami residu, atau pengurangan karena kewajiban yang harus dibayarkan seperti hutang dan beban.

 

Memahami Laporan Keuangan untuk Investor Terkait Laba Rugi

Laporan Laba Rugi bisa kamu artikan sebagai rangkuman dari aktivitas perusahaan pada periode tertentu.

Laporan ini memberi informasi akurat mengenai keuntungan bersih (laba) atau kerugian yang timbul (rugi) dari semua jenis aktivitas bisnis perusahaan.

 

Menganalisa Laporan Keuangan Untuk Investor Terkait Ekuitas

Secara akuntansi, pengertian ekuitas yaitu sebagai besarnya hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan.

Arti ekuitas berasal dari kata equity atau equity of ownership yang punya arti kekayaan bersih perusahaan.

Sebuah annual report ekuitas berisi informasi data-data yang memberitahu perubahan dengan informasi kenaikan atau juga penurunan dari aktiva bersih.

Termasuk juga dari kekayaan selama periode pembuatan annual report. Perubahan nilai investasi pada perusahaan dapat kamu lihat melalui laporan keuangan seperti ini.

Sekian dulu ya artikel dari InvestasiKu, Belajar jual beli saham pada investasiKu tinggal download aja ya!

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO