ARTIKEL
 

Buy on Weakness: Strategi Beli Saham Saat Pelemahan

by YANUAR ISHAQE - 24 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Buy on Weakness artinya beli saat pelemahan, istilah ini merupakan sebuah strategi perdagangan proaktif di mana seorang pedagang masuk ke posisi beli ketika suatu saham sedang koreksi turun. Arti buy on weakness berasal dari konsep beli saat turun dan jual ketika naik. Bisa juga kamu ucapkan sebagai buy retracement atau buy at support.

Mau Dapat Rekomendasi Beli Saham Saat Pelemahan (BOW) ? Download Aplikasi Investasi Saham InvestasiKu.

Download InvestasiKu! Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Diawasi Oleh OJK

Apa itu Buy on Weakness?

Buy on weakness berfokus pada identifikasi saham yang penurunan harganya berlebihan. Setelah sudah menganalisis, pedagang mulai membuka transaksi untuk memperoleh profit dari potensi pergerakan harga yang memantul kembali ke atas.

Sebenarnya, Buy on weakness itu counter trend alias melawan trend. Karena trader akan membeli saham ketika sedang mengalami penurunan yang mana harga saham sedang murah.

Ketika pergerakan sedang downtrend, kita harus mahir membuat garis support untuk bersiap-siap membuka perdagangan ketika harga sudah menyentuh level rendah tersebut.

Upayakan untuk membuat garis support pada kerangka waktu mingguan. Ini berguna agar mengetahui area kuat yang susah untuk ditembus turun kembali dan berpotensi besar untuk memantul ke atas.

Biasanya, support yang kuat bisa menjadi acuan trend turun menjadi naik. Ketika kamu membuka posisi buy dan terjadi reversal, itu akan lebih menguntungkan anda. Karena, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Cara Mengetahui Sinyal Buy on Weakness

Salah satu cara paling populer untuk mengetahui sinyal buy on weakness adalah membuat garis area psikologis support dan resistance. Dengan membuat garis, kalian akan mengetahui trend apa yang sedang terbentuk pada jangka pendek sampai jangka panjang.

Saluran Tren

Pertama-tama, Saluran tren adalah sebuah garis permintaan dan penawaran jangka pendek yang kamu plot ke arah trend tertentu. Setelah itu, mereka bisa naik jika tren bullish, turun jika tren bearish, atau sideways jika tren datar.

Saluran tren menyimpulkan metode jual ketika sudah pada resistensi dan beli pada saat harga berada pada area support. Cara ini ideal untuk mengidentifikasi perdagangan buy on weakness. 

Namun, resikonya bisa sedikit lebih tinggi karena tidak mencakup siklus perdagangan penuh melalui pembalikan dan mengasumsikan bahwa harga akan tetap dalam tren dalam band atas dan bawahnya.

Envelope Channel

Envelope channel adalah indikator teknis yang biasanya diplot di atas grafik harga dengan batas atas dan bawah. 

Contoh, hal paling umum dari envelope adalah moving average, yang dibuat menggunakan dua moving average yang menentukan tingkat kisaran harga atas dan bawah. 

Envelope biasanya digunakan untuk membantu pedagang dan investor mengidentifikasi kondisi overbought dan oversold yang ekstrim serta rentang perdagangan.

Dengan menggambar support dan resistance, kamu dapat dengan mudah mendeteksi trend. Jika sedang naik, kamu tinggal tunggu harga koreksi untuk membelinya.

Tapi kamu harus berhati-hati kalau harga nya menembus area support, itu bisa jadi tren naik sudah berakhir dan berganti ke tren turun. 

Nah, jangan sampai kita lalai untuk membeli saham pada pergerakan yang turun. Minimal, kamu harus mengetahui area support potensial yang bisa membuat harga memantul ke atas.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO