ARTIKEL
 

Berikut Penjelasan Lengkap Apa itu Day Trade

by Dany Mauriz Gibran - 27 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Day Trade adalah aktivitas pedagang saham yang membeli dan menjual instrumen keuangan dalam hari yang sama atau bahkan beberapa kali selama sehari. Gaya perdagangan yang singkat ini membutuhkan pemantauan pasar dan berita yang cermat, bergerak cepat, dan melibatkan sejumlah besar spekulasi.

Pedagang harian profesional biasanya sangat berpengalaman dan memiliki pemahaman mendalam tentang pasar, produk, strategi, dan risikonya. Sebelum terlibat dalam jenis perdagangan hari apa pun, penting untuk memahami risiko besar yang terlibat.

Day trade adalah salah satu perdagangan yang paling sering disalahpahami. Untuk trading, kecepatan pergerakan harga saham dalam satu hari menghasilkan persepsi bahwa, day trade lebih berisiko atau lebih tidak stabil daripada gaya perdagangan lainnya.

Namun, kamu bisa membaca 10 tips yang berguna untuk pemula dan berpengalaman ini. Selain bermanfaat, kita juga akan membahas bagaimana cara day trade bisa kamu implementasikan. Panduan day trade ini dapat membantu pedagang dari semua tingkat pengalaman. Serta, bisa mengembangkan strategi perdagangan harian agar tidak lagi bingung.

Download InvestasiKu! Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Diawasi Oleh OJK

5 Nasihat Day Trade Untuk Pemula

Temukan Titik Masuk yang Menguntungkan

Cari skenario di mana harga suatu instrumen keuangan seperti saham sedang murah. Kalian bisa menggunakan analisis teknikal menggunakan acuan indikator popular seperti RSI, Moving Average dan Stochastic.

Tetapkan Target Harga Perdagangan Hari

Semua pedagang, terlepas dari tingkat keahlian mereka, wajib menetapkan target harga day trade sebelum memasuki pasar. Jika ingin membeli suatu saham, pedagang harus memutuskan terlebih dahulu berapa banyak keuntungan yang dapat diterima serta tingkat stop-loss jika perdagangan berbalik melawan mereka.

Hal ini bisa membatasi potensi kerugian dan menjaga pedagang agar tidak terlalu serakah jika harga melonjak ke tingkat yang tidak dapat dipertahankan.

Disiplin Pada Risk dan Reward

Salah satu pelajaran terpenting dalam perdagangan saham untuk pemula adalah memahami rasio risiko-reward yang tepat. Trader pemula harus mematuhi aturan ketat yang meresikokan kerugian 1 persen untuk berpotensi menghasilkan 3 persen, atau risk-reward ratio setidaknya 1:3. Memanfaatkan stop loss dan take profit yang tepat, memungkinkan pedagang untuk mengelola risiko.

Bersabarlah

Kunci Day trade adalah kesabaran, jadilah pedagang yang sabar. Pedagang harian yang sukses seringkali tidak berdagang setiap hari atau sepanjang hari. Mereka mungkin memiliki waktu tertentu yang mereka rasa adalah waktu terbaik untuk berdagang setiap harinya.

Selama waktu tersebut, mereka mungkin berada di depan komputer, tetapi jika mereka tidak melihat peluang yang memenuhi kriteria mereka, mereka tidak akan melakukan perdagangan hari itu.

Disiplin

Disiplin merupakan bagian penting untuk mengupayakan hasil day trade yang konsisten. Pemula perlu menetapkan rencana perdagangan dan mentaatinya dengan tujuan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

Perilaku impulsif bisa menjadi musuh terburuk seorang trader. Keserakahan dapat membuat pedagang dalam posisi terlalu lama dan ketakutan dapat menyebabkan mereka keluar terlalu cepat.

Jalankan Strategi Day Trade Anda Dengan Percaya Diri

Jangan takut untuk mengeksekusi strategi day trade anda. Pedagang pemula sering menghadapi kesulitan untuk mengambil keputusan karena masih banyak pertimbangan yang mereka ambil. Strategi day trade yang simpel akan membuat mereka bertindak cepat ketika ada kesempatan.

Untuk pedagang yang sudah mempunyai kedisiplinan tinggi. Jika pergerakan harga suatu saham tidak sesuai dengan strategi mereka, menunda transaksi akan jauh lebih baik untuk menghindari kehilangan uang tanpa pertimbangan matang.

Belajar Dari Pengalaman

Setelah kamu menerapkan strategi day trade dan berujung pada kerugian, jangan menyalahkan diri sendiri karena kesalahan. Mengalami kerugian sesekali adalah hal yang wajar terutama untuk trader pemula.

Ketika terjadi kerugian, pedagang harus mengevaluasi perdagangan untuk memastikan bahwa mereka mengikuti strategi day trade dan tidak masuk atau keluar pada waktu yang salah. Belajar dari kesalahan tetap evaluasi untuk melanjutkan ke perdagangan berikutnya.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO