ARTIKEL
 

ARTO Terdampak Bagus dalam Skema GoPayLater Cicil

by Estrin Vanadianti Lestari - 03 Jul 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT Bank Jago Tbk (ARTO) tahun ini resmi bekerjasama dengan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO). Selain itu, mereka juga akan meluncurkan produk layanan terbarunya, yakni GoPayLater Cicil.

Bank Jago juga diketahui menjadi salah satu bank digital terbaik di Indonesia, karena memiliki banyak fitur-fitur yang sangat dibutuhkan oleh nasabah, di berbagai segmen.

 

GoPayLater Cicil Pindah ke PT Multifinance Anak Bangsa

Oke, sebelumnya produk GoPayLater Cicil ini diselenggarakan oleh PT Atome Finance Indonesia (PT AFI), dan akan dipindahkan ke PT Multifinance Anak Bangsa (PT MAB), mulai 14 Juni 2023 mendatang.

PT MAB ini merupakan entitas anak dari GOTO, di mana layanan pembayaran inovatif dari Tokopedia ini, dapat digunakan oleh Pengguna, sebagai salah satu metode pembayaran untuk bertransaksi di Situs/Aplikasi Tokopedia.

Sistem penggunaannya, yakni dengan cara pelunasan tagihan dan biaya, melalui metode cicilan atau angsuran. Bahkan, saat ini GoPayLater Cicil juga dapat digunakan oleh Pengguna terpilih di Tokopedia.

 

Baca juga: GOTO Private Placement dengan Terbitkan 17,04 Miliar Saham Baru

 

Fitur Layanan GoPayLater Cicil

Dalam layanan GoPayLater Cicil dari Bank Jago dan GoTo ini, setidaknya nasabah akan mendapatkan beberapa fitur layanan, mulai dari:

  • Limit Pelanggan akan diberikan limit hingga 30 Juta rupiah. Limit yang diberikan oleh MAB ini lebih tinggi dibandingkan limit yang diberikan oleh Findaya yang sebesar 5 Juta Rupiah.
  • Pilihan tenor cicilan 1 (satu), 3 (tiga), 6 (enam), dan 12 (dua belas) bulan
  • Biaya disesuaikan dengan panjang tenor, yakni sebesar 2% (1 Bulan), 3.58% (3 Bulan), 3.42% (6 Bulan), 3.33% (12 Tenor).

Bank Jago sendiri memiliki strategi utama yakni partnership lending (penyaluran kredit) yang berkolaborasi dengan multifinance, fintech dan lembaga keuangan digital lainnya.

Dengan strategi ini, penyaluran kredit Bank Jago, juga bisa tumbuh dengan cepat tanpa harus memiliki cabang yang banyak.

 

Perbedaan GoPayLater dan GoPayLater Cicil

 

GoPayLater

Metode pembayaran pada aplikasi Gojek dengan sistem paylater (pesan sekarang bayar nanti/setelah gajian). Untuk maksimal limitnya adalah sampai Rp3 juta, dengan biaya layanan, yang hanya dikenakan jika digunakan saja.

 

GoPayLater Cicil

Metode pembayaran yang bisa digunakan oleh pelanggan terpilih, untuk bertransaksi di Tokopedia dengan limit yang jauh lebih tinggi, dari GoPayLater yakni Rp15 juta.

GoPayLater Cicil, memiliki layanan pembayaran dengan sistem tenor, yakni di bulan 1, 3, 6, dan 12 bulan. Untuk biaya layanannya mulai dari 2% per bulan, tanpa biaya tambahan.

 

Mega Capital Sekuritas Analyst Comment

Menurut penilaian Analys Mega Capital Sekuritas, produk GoPayLater Cicil ini bisa menarik konsumen Tokopedia yang lebih besar. Kenapa? Berikut beberapa kelebihannya:

  • Limit yang ditawarkan lebih besar
  • Biaya yang dibebankan pada konsumen yang lebih variatif , sehingga bisa disesuaikan dengan tenor yang diinginkan konsumen
  • GOTO mampu mendorong pertumbuhan kredit yang disalurkan oleh ARTO. Sehingga ARTO juga memiliki angin segar.

 

Kinerja ARTO

Kinerja kredit yang disalurkan oleh ARTO pada Kuartal 1 2023, mencatatkan pertumbuhan hingga 77% menjadi Rp10.8 Triliun, dengan net interest margin yang cukup tinggi yakni sebesar 11%.

Pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jago tidak terlepas dari skema kemitraan yang dijalankan. Saat ini, aplikasi Jago terintegrasi dengan aplikasi reksadana daring Bibit.id dan super app Gojek.

Integrasi tersebut juga membuat konsumen dapat mengakses produk serta layanan jasa keuangan secara seamless, mudah, cepat, dan aman. Pola kerjasama pembiayaan (partnership lending) itu membuat Bank Jago lebih ekspansif, tetapi dengan pengelolaan risiko yang terkendali.

Hal ini tercermin pada rasio kredit bermasalah (NPL) yang berada di level 1.5%. Lebih  rendah dibandingkan NPL Perbankan secara keseluruhan yang sebesar 2.49%.  ARTO Saat ini diperdagangkan di P/E (LTM) 2812x dan P/BV 4.9x.

 

 

jual beli saham di investasiku gratis points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO