ARTIKEL
 

9 Pengusaha Sukses di Indonesia

BY Estrin Vanadianti Lestari - 16 Nov 2022 4:26AM - 7 MINS READ

 

Bicara nama-nama pengusaha sukses di Indonesia, tentunya sangat banyak. Bahkan, tidak sedikit dari pengusaha-pengusaha ini, masih berusia muda dan berasal dari keluarga biasa.

Bidang yang digelutinya juga beragam, mulai dari membuka usaha di bidang kuliner, startup digital, perbankan, hingga saham. Bahkan dari beberapa bidang usaha tersebut, ada yang berhasil mendapatkan gelar unicorn di Indonesia.

Kira-kira siapa saja daftar pengusaha sukses di Indonesia? Yuk, langsung saja intip informasinya, agar kamu bisa terinspirasi dengan cerita masing-masing di baliknya.


9 Pengusaha Sukses di Indonesia

 

1. William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison - Tokopedia

Pengusaha sukses di Indonesia yang pertama adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, sebagai pendiri dari toko hijau alias Tokopedia. Seperti yang diketahui, bahwa Tokopedia ini memang toko online asal Indonesia, bukan milik asing.

Tokopedia sendiri didirikan oleh William dan Leontinus pada 6 Februari 2009. Saat ini, Tokopedia banyak bersaing dengan toko online lain milik asing yang ada di Indonesia, seperti Shopee, JD.ID, dan lainnya.

William sendiri merupakan pengusaha muda sukses asal Indonesia, lulusan Universitas Bina Nusantara. Tak perlu menunggu lama, hanya dalam kurun waktu 8 bulan, William bersama dengan Leontinus akhirnya mengembangkan Tokopedia, yang saat ini menjadi toko online terbesar di Indonesia.


2. Achmad Zaky - Bukalapak

Pengusaha sukses di Indonesia yang selanjutnya juga mendirikan toko online bernama Bukalapak, yakni Achmad Zaky. Tidak hanya sebagai pendiri, Achmad Zaky juga merupakan mantan CEO dari Bukalapak

Ketertarikan Achmad di dunia teknologi, sudah terlihat bahkan ketika ia duduk di bangku SD. Di mana,  Achmad sudah mulai mengenal teknologi dan tertarik dalam dunia pemrograman, hingga akhirnya ia berkuliah di jurusan IT. 

Setelah ia lulus dari ITM, Ahmad Zaky bekerja sebagai konsultan IT untuk pengembangan website, aplikasi, dan pemasaran digital. Ketika sudah merasa cukup dengan ilmunya, Zaky bersama temannya Nugroho Herucahyono, mulai berani membangun Bukalapak di tahun 2010.


3. Andrew Darwis, Ronald, dan Budi

Forum diskusi Kaskus, pernah menjadi forum diskusi dan komunitas terbesar di Indonesia. Kaskus juga yang menjadi pelopor, sehingga banyak forum diskusi lainnya yang bermunculan, seperti Warung Kopi, DetikForum, dan lainnya.

Kaskus sendiri merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, yang didirikan oleh 3 orang yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, pada 6 November 1999. Kaskus juga didirikan oleh Andrew, Ronald, dan Budi, ketika kuliah di Seattle, Amerika Serikat.

Awalnya, mereka tidak berniat membuat Kaskus menjadi forum diskusi seperti sekarang. Karena, niatnya hanya untuk memenuhi tugas kuliah. Kemudian, Kaskus justru semakin berkembang menjadi forum komunitas online besar di Indonesia.

 

Baca juga: Ini Perusahaan Milik Elon Musk, Manusia Terkaya di Bumi

 

4. Nadiem Makarim - Gojek

Siapa sih yang tidak tahu, platform ojek online Gojek? Gojek juga menjadi pelopor ojek online dengan aplikasi pertama di Indonesia, yang didirikan oleh Nadiem Makarim.

Dari Gojek, ia langsung menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Sebelum mendirikan Gojek, Nadiem berkuliah di Brown University, Amerika Serikat.

Setelah lulus, ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan menciptakan ide, untuk mendirikan Gojek aplikasi pesan gojek online. Kini, aplikasi digital tersebut sudah terintegrasi dengan banyak layanan.

Bahkan, Gojek tidak hanya melayani ojek online motor, tapi juga untuk memesan kendaraan yang lebih besar, kirim barang, membeli makanan, minuman, dan fitur menarik lainnya.


5. Dr. Tirta

Profesi dokter, mungkin sudah dikenal dengan profesi yang bagus dan bergaji besar. Tapi, dokter yang satu ini juga dikenal sebagai influencer, sekaligus juga menjadi pebisnis, yakni dr. Tirta.

Wah, dr. Tirta bisnis apa nih? Ternyata, ia menjalani bisnis perawatan sepatu “Shoes and Care”. dr. Tirta mulai menjalani bisnis perawatan dan cuci sepatunya, di tahun 2013.

Saat itu, dr. Tirta belum mematok harga jasa perawatan sepatunya, sehingga teman-temannya hanya menitipkan sepatu dan membayar ala kadarnya.

dr. Tirta sendiri hidup dari kondisi finansial yang serba kekurangan, namun akhirnya bisnis tersebut menjadi peluang usaha untuknya. Hingga akhirnya, 
dr. Tirta memulai bisnis Shoes and Care dengan menawarkan program khusus dan menarik. 

Kini, outlet Shoes and Care milik dr. Tirta sudah ada sekitar 20 outlet sepatu, di berbagai kota di Indonesia.


6. Belva Devara

Selanjutnya ada Belva Devara, yang juga masuk sebagai pengusaha sukses di Indonesia, yang menjadi CEO Ruangguru. Belva juga terbilang masih berusia muda, yang lahir di keluarga dengan ekonomi menengah ke atas.

Setelah lulus SMA, Belva melanjutkan pendidikan sarjana di Nanyang Technology University Singapore. Setelah lulus, dia melanjutkan kuliah magister di Stanford University dan Harvard University.

Ketika sudah lulus, Belva pun kembali ke Indonesia untuk merintis bisnis, yakni Ruangguru. Di mana sebelumnya, Ruangguru dikelola oleh Iman Usman.

Ruangguru sendiri merupakan sebuah aplikasi belajar online, untuk siswa  SD sampai SMA. Terlebih, saat pandemi Covid-19 kemarin, aplikasi sangat membantu, dan akhirnya banyak aplikasi belajar online, yang mirip dengan Ruangguru.

Bahkan, kini aplikasi Ruangguru menjadi startup teknologi edukasi terbesar di Indonesia.


7. Sabda PS dan Medy Suharta 

Selain Ruangguru, ada juga aplikasi belajar online yang populer di Indonesia, yakni Zenius. Siapa yang punya Zenius? Mereka adalah pengusaha sukses di Indonesia yakni Sabda dan Medy.

Mereka berdua merupakan pendiri aplikasi Zenius, salah satu aplikasi belajar secara online, yang awalnya hanya sebuah tempat bimbingan belajar offline biasa, yang berdiri tahun 2004.

Melihat majunya perkembangan zaman, membuat kedua orang ini, membuat aplikasi bimbingan belajar online.

Tidak semudah itu, awalnya mereka membangun bisnis Zenius, dengan mencoba menjual CD satuan rekaman video belajar pada tahun 2010. Zenius sendiri akhirnya dirilis sebagai situs pembelajaran pertama di Indonesia.


8. Yasa Singgih - Men’s Republic

Berhasil masuk Forbes 30 Under 30, Yasa Singgih adalah pengusaha muda yang memberi perubahan di dunia retail dan ecommerce.

Yasa Singgih merupakan Owner dan Founder dari Brand Mens Republic (PT Paramita Singgih). Produk utamanya adalah sepatu pria dengan kualitas terbaik yang dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Awalnya, Singgih mencoba berkarir menjadi MC, lalu menjajal ke dunia bisnis online, dengan menjual lampu di usia 15 tahun. Setelah usianya 16 tahun, baru Singgih mulai mencoba bisnis di dunia fashion.

Namun sayangnya, bisnis Mens Republic tersebut harus tutup, karena satu dan lain hal. Yasa Singgih juga mengeluarkan buku berjudul Never Too Young to Become a Billionaire, yang berisi cerita pengalamannya beserta strategi bisnis.


9. Amanda Cole - Sayurbox

Pengusaha sukses di Indonesia yang terakhir adalah Amanda Cole, yang merupakan pendiri dari aplikasi Sayurbox. Amanda juga masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 kategori Industry, Manufacturing & Energy di tahun 2019.

Sayurbox sendiri merupakan startup yang didirikan pada 2016 silam. Awalnya Amanda mengembangkan Sayurbox adalah berangkat dari niat memberi akses pasar bagi petani lokal Indonesia.

Selain itu, startup milik Amanda ini juga telah mendapatkan pendanaan seri C senilai 120 juta Dolar AS atau setara  Rp1,7 triliun dari Northstar dan Alpha JWC Ventures.

Gimana nih Kawan Visto? Keren-keren banget bukan deretan pengusaha sukses di Indonesia ini? Usianya juga masih muda, bahkan ada yang berhasil masuk penghargaan Forbes 30 Under 30.

Kamu sendiri, apa tertarik juga untuk jadi pengusaha? Kalau merasa kurang dalam pengelolaan keuangan bisnis, coba belajar keuangan sendiri dulu yuk, dengan berinvestasi!

Mau investasi? Ya InvestasiKu! Segera download InvestasiKu, dan beli saham incaran pertamamu. Bahkan, hanya dengan uang Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi.

Selain itu, dapatkan juga poin di setiap transaksi saham di InvestasiKu!

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK