ARTIKEL
 

10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

by William Fernandes - 24 Jul 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Singapura sekarang mengambil alih Jepang sebagai negara dengan paspor paling kuat di dunia. Hal ini disebabkan oleh kemudahan paspor Singapura yang memungkinkan pemiliknya bepergian ke 192 dari 227 negara tujuan di seluruh dunia tanpa memerlukan visa.

Informasi tersebut diumumkan melalui pemeringkatan terbaru dari Henley Passport Index pada tanggal 18 Juli 2023. "Singapura secara resmi menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia. Warga negara Singapura kini dapat bepergian ke 192 dari 227 destinasi global tanpa perlu visa," begitu keterangan dari Henley, yang dikutip pada tanggal 20 Juli 2023.

Sebelumnya, Singapura terakhir kali menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan paspor terkuat pada tahun 2021. Pada waktu itu, warga Singapura dapat bepergian bebas visa ke 194 tujuan. Sedangkan Jepang berada di peringkat kedua dengan 193 tujuan bebas visa.

 

Paspor Singapura Paling Kuat di Dunia!

Dilansir dari CNBC Indonesia, Singapura berhasil menggeser Jepang dari peringkat pertama sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia pada tahun 2023. Pemilik paspor Singapura sekarang dapat bepergian tanpa visa ke 192 negara dari total 227 negara tujuan.

Baru-baru ini, Henley Passport Index merilis daftar negara dengan paspor terkuat di dunia untuk tahun 2023. Selama lima tahun terakhir, Jepang menjadi negara dengan akses terbanyak ke destinasi tanpa visa, tetapi sekarang posisi tersebut diambil alih oleh Singapura.

Pada tahun ini, Jepang merosot ke peringkat ketiga dengan akses ke 189 negara tujuan tanpa visa. Peringkat kedua dipegang oleh Jerman, Italia, dan Spanyol, dengan akses ke 190 negara tujuan tanpa visa.

Paspor terkuat berarti paspor yang dikeluarkan oleh suatu negara dan memberikan kebebasan bagi warga negara pemegang paspor untuk bepergian masuk dan keluar dari negara lain tanpa perlu membuat visa.

 

Daftar 10 Negara Dengan Paspor Terkuat di Dunia

 

  1. Singapura

Jumlah destinasi: 192

 

  1. Jerman, Italia, Spanyol

Jumlah destinasi: 190

 

  1. Austria, Finlandia, Prancis, Jepang, Luksemburg, Korea Selatan, Swedia

Jumlah destinasi: 189

 

  1. Denmark, Irlandia, Belanda, Inggris Raya

Jumlah destinasi: 188

 

  1. Belgia, Republik Ceko, Malta, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Swiss

Jumlah destinasi: 187

 

Baca juga: 10 Perusahaan Produsen Pesawat Terbesar di Dunia!

 

  1. Australia, Hungaria, Polandia

Jumlah destinasi: 186

 

  1. Kanada, Yunani 

Jumlah destinasi: 185

 

  1. Lithuania, Amerika Serikat

Jumlah destinasi: 184

 

  1. Latvia, Slowakia, Slovenia

Jumlah Destinasi: 183

 

  1. Estonia, Islandia

Jumlah destinasi: 182

 

Apakah Paspor Indonesia Kuat?

Nah, bagaimana dengan paspor Indonesia? Pasti kamu penasaran seberapa kuatnya paspor kita? Apakah setara dengan paspor negara tetangga? 

Ternyata, Indonesia menempati peringkat ke-69 di dunia, bersama dengan Tanzania, dan peringkat keenam di Asia Tenggara. Pemegang paspor Indonesia hanya dapat mengakses bebas visa ke 73 dari total 277 negara tujuan di seluruh dunia.

Selain itu, pemeringkatan paspor terkuat di dunia didasarkan pada data dari Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA). Paspor dari berbagai negara diberi peringkat berdasarkan jumlah tujuan yang dapat diakses oleh pemegangnya tanpa visa sebelumnya. Pemeringkatan ini diperbarui secara real time sepanjang tahun, mengikuti perubahan kebijakan visa yang berlaku.

Memiliki paspor yang kuat memang cukup penting. Menurut Henley & Partners, paspor yang kuat memberikan kebebasan finansial yang signifikan dalam hal investasi internasional dan peluang bisnis.

“Konektivitas dan akses global menjadi faktor penting dalam penciptaan dan pelestarian kekayaan, dan nilainya hanya akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya volatilitas geopolitik dan ketidakstabilan regional," demikian laporan dari Henley Passport Index.

Memiliki paspor yang kuat tampaknya memberikan banyak manfaat. Semoga saja tahun depan Indonesia bisa naik peringkat, ya!



Download InvestasiKu

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO