ARTIKEL
 

10 Perusahaan Produsen Pesawat Terbesar di Dunia!

by William Fernandes - 08 Jun 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Industri penerbangan di seluruh dunia telah mengalami perkembangan yang pesat sejak era Wright bersaudara, yang merupakan pionir dalam dunia pesawat terbang. Potensinya diproyeksikan untuk mencapai pangsa pasar sebesar 562 miliar dolar AS (sekitar Rp8 kuadriliun) pada tahun 2022. 

Industri ini menjadi salah satu puncak teknologi dalam masyarakat modern. Persaingan yang sengit telah menghasilkan tingkat inovasi yang signifikan, seperti peningkatan efisiensi bahan bakar dalam pesawat komersial dan penggabungan fitur siluman pada jet tempur militer.

Sebelumnya, pasar penerbangan dunia diperkirakan akan tumbuh dengan kecepatan yang stabil. Namun, pandemi Covid-19 telah mengganggu manufaktur, rantai pasokan, dan operasi penerbangan di seluruh dunia. 

Menurut laporan dari Nuffield Research, sekitar 400.000 orang dari tenaga kerja di industri penerbangan dunia telah dirumahkan karena penghentian operasi selama masa lockdown. 

Awalnya, lebih dari 1000 pesawat diperkirakan akan diserahkan kepada maskapai, tetapi jumlahnya berkurang setengahnya karena dampak pandemi. Berikut ini adalah produsen pesawat komersial terbesar di dunia.

 

10 Perusahaan Produsen Pesawat Terbesar di Dunia!

 

  1. Sukhoi - Rusia

Perusahaan pembuat pesawat tempur militer asal Rusia. Perusahaan ini didirikan oleh Pavel Sukhoi pada tahun 1939 dengan nama Biro Desain Sukhoi atau yang dikenal sebagai OKB-51, dan sekarang dikenal sebagai Sukhoi Corporation. 

Pemerintah Rusia berencana untuk menggabungkan Sukhoi dengan Mikoyan, Ilyushin, Irkut, Tupolev, dan Yakovlev, membentuk sebuah perusahaan baru yang bernama Sukhoi United Aircraft Corporation. Salah satu produk unggulan Sukhoi dalam bidang pesawat komersial adalah Sukhoi Superjet 100, yang memiliki kapasitas 75-95 tempat duduk dan jarak jelajah antara 3.000 hingga 4.500 kilometer.

 

  1. Embraer - Brasil

Embraer (Empresa Brasileira de Aeronáutica, S.A./Brazilian Aeronautics Company, Inc.) adalah sebuah perusahaan asal Brasil yang menghasilkan pesawat komersial, militer, dan eksekutif, serta menyediakan layanan kedirgantaraan. Produk pertama yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah pesawat transport turboprop Embraer EMB 110 Bandeirante dan Embraer 190 dengan kapasitas 100 penumpang.

 

Baca juga: Saham Garuda Indonesia Anjlok, Tapi Laba Naik

 

  1. Bombardier - Kanada

Bombardier merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Montreal, Kanada. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 di Valcourt, Quebec, Kanada. 

Bombardier memproduksi berbagai jenis alat transportasi seperti pesawat, kereta api, dan trem. Salah satu produk unggulan mereka dalam bidang pesawat komersial adalah Bombardier Global Express.

 

  1. Fokker - Belanda

Perusahaan penerbangan komersial ini didirikan pada 21 Juli 1919 oleh seorang warga Belanda, Anthony Fokker (1890–1939), yang juga dikenal sebagai seorang penjelajah penerbangan internasional. 

Fokker memproduksi berbagai jenis pesawat, termasuk F27, F28, F50, F70, F90, dan F100, dengan kapasitas penumpang antara 85 hingga 122 orang.

 

  1. Ilyushin - Rusia

Perusahaan penerbangan Rusia ini didirikan oleh Sergey Vladimirovich Ilyushin. Ilyushin didirikan di bawah Uni Soviet dan memulai operasinya pada tahun 1933. 

Ilyushin adalah industri penerbangan yang memiliki anak perusahaan yang dibentuk pada tahun 1992 untuk fungsi pemasaran dan layanan pelanggan. Salah satu pesawat komersial unggulan mereka adalah Ilyushin Il-96, yang memiliki kapasitas penumpang antara 235 hingga 300 orang.

 

  1. ATR - Perancis/Italia

ATR adalah perusahaan pembuat pesawat yang berasal dari Perancis-Italia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 oleh Aérospatiale dari Perancis dan Aeritalia dari Italia. Fasilitas produksi ATR terletak di Pomigliano dArco, di Napoli, Italia. Produk pesawat mereka terdiri dari ATR 42 dan ATR 72.

 

  1. Comac (Commercial Aircraft Corp of China) - China

China meluncurkan pesawat penumpang kelas menengah (narrow body) pertama yang diproduksi sendiri pada 2 November 2015. C919, pesawat dengan satu lorong dan dua mesin ini, memiliki kapasitas penumpang sebanyak 174 orang. 

Pesawat yang dikembangkan oleh Commercial Aircraft Corporation of China tersebut direncanakan untuk melakukan penerbangan perdananya tahun depan. C919 dirancang agar dapat menempuh jarak perjalanan sejauh 5.555 kilometer. Dengan kemampuannya, C919 dianggap cocok untuk melayani rute-rute penerbangan komersial dalam jarak menengah.

 

  1. Mitsubishi Heavy Industries - Jepang

Pada tanggal 11 November 2015, Jet penumpang domestik pertama Jepang yang disebut Mitsubishi Regional Jet (MRJ) sukses mengadakan uji terbang perdananya. 

MRJ yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries dirancang untuk mengangkut sekitar 80 penumpang dan akan bersaing dengan produsen pesawat jet penumpang regional lainnya seperti Embraer dari Brasil dan Bombardier dari Kanada. Pesawat ini memiliki panjang 35 meter dan dilengkapi dengan dua mesin.

 

  1. Airbus - Prancis/Eropa

Airbus S.A.S. adalah produsen pesawat komersial yang berpusat di Toulouse, Prancis. Airbus Industrie awalnya merupakan konsorsium perusahaan penerbangan Eropa yang dibentuk untuk bersaing dengan perusahaan Amerika seperti Boeing dan McDonnell Douglas. 

Konsorsium ini didirikan pada tahun 1970 setelah kesepakatan antara Aerospatiale dari Prancis dan Deutsche Aerospace dari Jerman (diikuti oleh CASA dari Spanyol pada tahun 1971) untuk mengembangkan pesawat Airbus A300, yang pertama kali terbang pada tahun 1972. Salah satu produk unggulan Airbus adalah A380.

 

  1. Boeing - Amerika Serikat

Boeing adalah perusahaan pembuat pesawat dan pesawat ruang angkasa yang berkantor pusat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing, yang awalnya adalah seorang pengusaha sukses di bidang industri kayu. 

Pada tahun 1916, bersama rekannya George Conrad Westervelt, ia mendirikan perusahaan manufaktur pesawat yang saat itu bernama Pacific Aero Products. Boeing memiliki dua divisi utama, yaitu Boeing Integrated Defense Systems (IDS) yang bertanggung jawab atas produk militer dan antariksa, serta Boeing Commercial Airplanes (BCA) yang bertanggung jawab atas pesawat sipil. Salah satu produk terbaru dari Boeing adalah Boeing 787 Dreamliner.

Itulah beberapa ulasan mengenai perusahaan pesawat terbesar di Dunia.

 

 

Beli saham di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO