ARTIKEL
 

Mengenal Split Bill: Etika, Tips, & Aplikasi

by William Fernandes - 13 Mar 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Split bill adalah istilah yang digunakan saat makan bersama pasangan atau orang terdekat dalam konteks membayar tagihan.

Oleh karena itu, yuk ketahui apa itu split bill, etikanya, dan rekomendasi aplikasi untuk membantu Split Bill.

 

Apa Itu Split Bill?

Split bill adalah budaya untuk membayar makanan sendiri-sendiri yang sudah dipesan oleh masing-masing orang dengan cara patungan tagihan.

Dalam bahasa Inggrisnya, split bill berarti membagi tagihan atau pembayaran. Biasanya istilah ini digunakan saat berkumpul bersama teman atau pasangan yang sedang makan bersama, namun meminta tagihan terpisah atau bayar sendiri-sendiri.

Split bill bukan muncul tiba-tiba begitu aja loh ya, karena fenomena ini menjadi hal umum yang mulai di Amerika Serikat selama feminisme gelombang kedua, yaitu pada tahun 1960.

Gerakan perempuan mendorong jenis kelamin yang adil untuk membayar dengan cara mereka sendiri atau bahkan membayar makanan laki-laki.

Namun, di Indonesia budaya split bill masih menjadi perdebatan bagi sebagian orang, terutama pria. Karena situasi ini akan sangat salah jika dilakukan oleh pria.

Bahkan, beberapa wanita akan merasa terhina jika pria selalu bersikeras untuk membayar dan kasus tertentu jika pria tidak menawarkan untuk membayar penuh uang makan wanita akan berpikir jika pria ini sangat pelit.

 

Etika Split Bill

Namun, sebenarnya budaya split bill ini gak jadi masalah bagi sebagian banyak orang. Bahkan ada yang menjadikan ini prinsip dalam membayar tagihan saat makan bersama. 

Baik itu sama teman, pasangan, pacar hingga suami istri

Ada yang suka bayar makanan untuk dirinya sendiri, ada juga yang menganggap dirinya memiliki kewajiban membayar makanan keduanya. Namun, bayar membayar adalah hal yang sensitif dalam pembicaraan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman jika tidak ada kesepakatan yang begitu jelas.

Oleh karena itu ada beberapa etika split bill yang perlu kita ketahui agar tidak merusak hubungan pertemanan atau konflik dengan pasangan, yaitu:

 

  • Buat Kesepakatan Split Bill

Buatlah kesepakatan mengenai split bill sebelum memesan apapun demi menghindari terjadinya keributan saat mendapat tagihan.

Misal, ketika ingin memesan beberapa makanan sekaligus dan dimakan bersama-sama lalu total tagihan kamu bagi rata atau memesan makanan untuk masing-masing dan membayar sesuai pesanan masing-masing.

 

  • Jelaskan aturan Split Bill

Jika ada tambahan rekan baru bergabung maka jelaskan aturan split bill. Atau jika tidak, siapapun membawa tamu tersebut adalah orang yang akan membayarnya.

 

  • Gantian membayar tagihan

Jika kamu pergi makan bersama teman atau atasan, lalu dia membayar seluruh tagihannya maka sebaiknya kamu gantian membayar tagihan saat makan bersama di lain waktu.

 

Rekomendasi Aplikasi Split Bill

 

1. Jenius

Dengan fitur Split Bill, membagi bill bisa kamu lakukan dari smartphone. Dimana jenius akan melakukan penghitungan pembagian bill yang kamu miliki secara otomatis sekaligus melacak tagihan kamu, apakah masih pending, ditolak, atau sudah dibayar.

Di Jenius, kamu bisa bagi tagihan makan atau bagi uang patungan ke sesama Jenius dengan Cashtag.

 

2. Line

Aplikasi Line Indonesia menghadirkan inovasi terbaru melalui salah satu layanan miliknya, yaitu dengan merilis fitur Line Split Bill. Ini adalah fitur hitungan dan bagi tagihan yang menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) sehingga bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik aja!

Selain itu aplikasi ini menawarkan kemudahan dan akurasi yang tinggi, Line Split bill juga menjadi fitur hitung tagihan dan bagi tagihan pertama di Indonesia yang memiliki teknologi OCR (Optical Character Recognition).

 

3. Pawoon

Fitur Split Bill pada aplikasi Pawoon memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin memisahkan pembayaran dalam satu transaksi yang sama. Artinya customer bisa memisahkan struk pembayaran meskipun melakukan transaksi bersama. 

 

4. Gojek

Berikutnya adalah aplikasi karya anak banga yaitu Gopay. Lewat fitur patungan pakai Gopay kamu lebih gampang dan gak perlu malu nagih utang.

 

5. Splitwise

Terakhir adalah aplikasi Splitwise yang digunakan untuk merinci tagihan secara lengkap. Mulai dari jumlah, tanggal, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengguna Splitwise dapat mengirim announcement melalui email saat tagihannya sudah jatuh tempo.

 

Baca Juga: Template & Cara Membuat Catatan Keuangan Pribadi

 

Split Bill Boleh Aja Asal Ada Uangnya!

Itulah penjelasan mengenai split bill yang menjadi perbincangan banyak orang di internet saat ini.

Untuk kamu yang tipe orang nya lebih suka split bill, ini sah-sah aja kok asalkan menyesuaikan dengan kondisi keuangan kamu saat ini.

Selain itu kamu juga jangan lupa untuk Investasi agar keuangan kamu terus bertumbuh.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO