ARTIKEL
 

10 Cara Efektif Untuk Hidup Tenang dan Bebas Stress

by William Fernandes - 21 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Seiring bertambahnya usia, kita akan sadar kalau punya hidup yang tenang itu sangat penting untuk kita miliki. Karena, makin bertambah usia tanggung jawab dan masalah juga pasti akan lebih banyak yang membuat kita lebih mudah mengalami stress.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih tenang sehingga stress juga bisa berkurang. Bagaimana cara hidup yang tenang? Yuk, simak artikel InvestasiKu berikut ini!

 

10 Cara Hidup Tenang dan Bebas Stres

 

  1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Hal pertama untuk bisa hidup tenang adalah belajar untuk meluangkan waktu kepada diri sendiri. Menurut Marti Olsen Laney, Ps.D dalam buku yang dia tulis berjudul The Introvert Advantage bahwa kaum introvert memiliki perbedaan dengan ekstrovert dari cara mereka mengisi ulang tenaga dari dunianya sendiri.

Sehingga, meluangkan waktu sendiri gak hanya untuk orang introvert aja. Tapi, siapa saja bisa melakukan hal ini untuk mengisi ulang energi dan memiliki perasaan yang lebih tenang.

 

  1. Fokus Ke Masa Kini

Dengan kita fokus ke kesadaran diri pada masa kini, kita akan bisa menyadari dan menerima perasaan dan pikiran kita, sehingga bisa memiliki kebebasan dan membebaskan diri dari perasaan gelisah.

Selain itu, kelebihan jika kita lebih fokus pada masa kini adalah mengurangi distraksi yang mengganggu kita mencapai tujuan, keinginan, dan ambisi kita

 

  1. Berdamai dengan Diri Sendiri

Tiap dari kita lahir dengan kondisi berbeda, ini wajar. Karena, kita punya latar belakang keluarga, ekonomi, dan lingkungan yang juga berbeda. Dengan kita berdamai dengan diri sendiri kita bisa menerima dan mensyukuri apapun yang terjadi saat ini.

Sehingga, hati bisa lebih tenang dan kita lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari ketika bertambahnya usia.

 

  1. Sederhanakan Kebutuhan

Gaya hidup yang terlalu berlebihan sebenarnya gak bikin kita happy, malah sebaliknya yaitu merasa gak puas. Untuk mengatasi hal ini cobalah menerapkan gaya hidup minimalis. Caranya adalah melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri.

Sehingga, kita gak perlu memaksakan diri memiliki dan membeli segala hal untuk bahagia. Justru memiliki barang sesuai kebutuhan lebih bisa membuat hati lebih tenang dan damai.

 

Baca juga: 5 Tips Hidup Tenang Tanpa Utang di Usia 20 Tahun

 

  1. Merawat Diri

Bayangkan muka jerawatan, badan bau, dan kulit kusam. Ini bikin kita gak nyaman sehingga gak percaya diri. Jadi merawat diri itu juga penting ya. Selain merawat diri dari segi kecantikan.

Penting juga untuk merawat kesehatan tubuh, mulai dari tidur cukup, pola makan sehat, dan rutin berolahraga. Karena, jika tubuh kita baik, maka hati dan pikiran juga akan lebih baik.

 

  1. Perbanyak Rasa Syukur

Kita gak bahagia bukan karena kekurangan banyak hal, tapi ketika kita merasa selalu kurang atas apa yang kita miliki. Setuju gak sama kalimat ini?

Perbanyak rasa syukur juga merupakan kunci untuk hidup tenang dan damai. Kamu bisa mulai perbanyak bersyukur dengan hal kecil setiap hari, seperti bisa makan, diberi kesehatan, dan keuangan yang cukup.

 

  1. Rutin Bangun Pagi

Jika kita tidur cukup dan terbiasa bangun pagi, kita bisa mengawali aktivitas lebih lama dan lebih santai dibandingkan bangun terlalu siang hari. Selain tu, bangun di pagi hari juga bisa buat pikiran lebih segar serta membuat kita lebih produktif.

Bangun pagi juga buat kita gak terburu-buru, sehingga dijauhkan dari rasa cemas. Jadi, bangun pagi merupakan salah satu cara hidup tenang dan bebas stress

 

  1. Mindset Yang Positif

Biasa yang buat kita stress dan gak tenang berawal dari pikiran. Pikiran yang terlalu berlebihan ini yang kadang dinamakan overthinking dan juga selalu berprasangka buruk terhadap apa yang belum tentu terjadi.

Kebiasaan buruk ini bisa bikin hidup gak tenang, sehingga membuat kita jauh dari kehidupan damai dan bahagia. 

 

  1. Hidup Sesuai Kemampuan

Penyebab berikut nya yang buat hidup gak tenang dan stress adalah terlalu memaksakan keinginan, bahkan gak jarang orang sampai berhutang untuk membeli barang yang sebenarnya mereka tidak mampu.

Coba untuk menghindari hutang konsumtif dan mulai berusaha keras untuk mencari penghasilan tambahan, agar keuangan bisa lebih banyak.

 

  1. Atur Keuangan Dengan Bijak

Hal yang gak kalah penting biar hidup tenang dan bebas stress adalah mengatur keuangan dengan bijak. Mulai dari budgeting, menabung, dan berinvestasi dengan bijak.

Nah kalau mau investasi, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu melayani untuk produk saham & obligasi.

 

di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO