GLIMPSE
 

CPIN dan JPFA Dapat Ijin Ekspor Ayam Ke Singapura

BY Josua Lois Sinaga - 7/5/2022 8:33:00 AM - 2 MINS READ

 

Pada 30 Juni 2022 silam, Singapore Food Agency (SFA) yang merupakan badan hukum Singapura yang bertugas untuk mengawasi keamanan pangan di Singapura mengumumkan bahwa PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) dan PT Ciomas Adisatwa (anak usaha JPFA) mendapatkan sertifikat lolos uji untuk ekspor daging ayam dan produk olahannya ke Singapura.

Lolosnya uji pengawasan pangan dari Singapura ini membuat CPIN dan JPFA resmi diperbolehkan untuk mengekspor produk nya ke Singapura. Sebagai informasi, sejak Malaysia menerbitkan aturan baru untuk melarang mengekspor ayam dan produk turunannya ke Singapura, Singapura mengalami krisis pasokan ayam sebab pasokan yang selama ini ada Sebagian besar disumbang oleh Malaysia.

Singapura yang dikenal sebagai negara pengkonsumsi ayam (sebab makanan khas Singapura banyak menggunakan olahan ayam) akhirnya mencari alternatif untuk memasok ayam dan produk olahan nya dan CPIN serta JPFA mengambil kesempatan dalam krisis pasokan ayam ini. Sekadar informasi, di 2021 kontribusi ekspor ke pendapatan CPIN dan JPFA masih kecil.

 

Key Takeaway

Untuk tahap awal, CPIN dan JPFA yang sudah mendapatkan sertifikat lolos pengujian, karena dianggap yang paling siap dalam hal administrative dan teknis. Namun, emiten lain yang bergerak dalam bidang yang sama seperti PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) juga tengah menunggu lolos uji pengawasan dari SFA ini.

Di sisi lain, dengan naiknya permintaan dari Singapura berpotensi membuat harga ayam mengalami kenaikan sebab pendapatan emiten sektor poultry ini tertekan akibat harga ayam yang mengalami penurunan yang cukup signifikan, di sisi lain beban produksinya mengalami kenaikan karena harga pakan ternaknya mengalami kenaikan.

 

Download InvestasiKu sekarang!

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK