ARTIKEL
 

Perbedaan Tiga Jenis SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan Hijau

by Estrin Vanadianti Lestari - 07 Dec 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Awas, jangan sampai salah masuk pom bensin atau SPBU! Karena ada tiga jenis SPBU Pertamina yang dibedakan berdasarkan warnanya. Ada yang merah, biru, dan hijau! Baru tahu?

Lantas, apa perbedaan ketiga pom bensin Pertamina tersebut? Sederhananya, beda warna, beda jenis energi dan pelayanan yang tersedia. Yuk, kita bahas lebih dalam!

 

Ada 3 Jenis SPBU Pertamina

Seperti yang kita tahu, bahwa ciri khas warna SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) milik Pertamina adalah merah. Tapi, sekarang SPBU Pertamina punya tiga jenis warna, yakni merah, biru, dan hijau.

Perbedaan warna, yang ada pada plang Pertamina, ternyata memberitahukan jenis energi dan kelengkapan pelayanan, yang tersedia di SPBU tersebut.

Ini bukan ngarang ya, Kawan! Karena, hal tersebut memang dijelaskan langsung oleh Eko Kristiawan, selaku Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Pertamina.

 

Perbedaan SPBU Pertamina Merah, Biru, dan Hijau

SPBU Pertamina Merah (Pasti Pas)

Dari awal berdiri, Pertamina memang menggunakan warna merah (Pasti Pas), untuk semua SPBU atau pom bensin yang beroperasi, baik milik negara atau kemitraan.

Untuk layanan yang ada di SPBU Pertama merah ini, tentunya kamu bisa menemukan layanan pengisian BBM alias bahan bakar minyak (mencakup bensin dan solar), lalu ada toilet umum, mushola, beberapa pom bensin juga ada minimarket dan ATM, outlet pengisian nitrogen, hingga tambal ban.

 

Baca juga: Modal Bisnis Franchise SPBU Pertamina

 

SPBU Pertamina Biru (Pasti Prima)

Nah, untuk layanan di SPBU Pertamina Biru ini, bisa dibilang lebih lengkap dari pom bensin merah. Karena, pom bensin ini merupakan layanan Non Fuel, di mana ketersediaan retailnya lebih lengkap.

Mulai dari C-store, ATM, Food & Beverage, Auto Care dan LPG Outlet (Bright Gas). Meski beberapa layanan tersebut tersedia di SPBU Pertamina merah, namun tidak selengkap itu.

 

SPBU Pertamina Hijau (Green Energy Station)

Bisa dibilang, SPBU Pertamina hijau ini baru dioperasikan, dan pastinya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, dari SPBU Pertamina merah dan biru.

Ciri khas dari SPBU Pertamina hijau ini adalah, di mana dia memiliki konsep ramah lingkungan atau biasa disebut Green Energy Station (GES). Karena ramah lingkungan, SPBU ini juga menggunakan sumber energi dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

SPBU yang diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero), melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga ini, juga memiliki layanan yang tidak dimiliki SPBU Pertamina merah dan biru.

Layanan tersebut adalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), atau charging station dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Selain mendukung untuk mempercepat penyiapan ekosistem hilir kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia, SPBU PLTS ini juga memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi udara, efek rumah kaca, dan juga efisiensi biaya operasional SPBU.

Jadi, kalau kamu punya kendaraan listrik, jangan datang ke SPBU Pertamina merah atau biru ya! Datanglah ke SPBU Pertamina berwarna hijau, begitupun sebaliknya.

 

Baca juga: Harga BBM Resmi Turun Per 1 Desember 2023

 

Belum Mampu Beli Kendaraan Listrik? Yuk Beli Sahamnya Dulu di InvestasiKu

Gimana nih Kawan? Sudah tahu perbedaannya bukan? Keren juga ya SPBU Pertamina hijau ini! Sudah ramah lingkungan, mendukung masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik juga, untuk mengurangi polusi udara.

Bicara kendaraan listrik, sekarang semua masyarakat bisa menikmati subsidi pembelian kendaraan listrik dari pemerintah loh! Meski hanya dalam bentuk diskon, hal tersebut setidaknya meringankan untuk kamu yang ingin punya kendaraan listrik.

Kalau belum ada uangnya, beli saham perusahaan kendaraan listriknya dulu aja nih! Seperti PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), PT Tbs Energi Utama Tbk (TOBA) & PT Goto Gojek Indonesia (GOTO), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), hingga PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS).

Yuk, beli saham perusahaan kendaraan listrik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, melalui aplikasi InvestasiKu! 


 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO