ARTIKEL
 

10 Perusahaan Multinasional Terbesar di Indonesia!

by William Fernandes - 11 Jul 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Perusahaan multinasional adalah perusahaan besar yang umumnya memiliki kehadiran di banyak negara industri dan memiliki kantor di berbagai negara lain. Ekspansi mereka biasanya terjadi di negara-negara berkembang. 

Sejak akhir Perang Dunia II, perusahaan semacam ini telah menjadi semakin penting di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Apa saja perusahaan tersebut? Simak artikel berikut ini!

 

Pengertian Perusahaan Multinasional

Jika kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan multinasional di Indonesia, penting untuk memahami definisi sebenarnya dari perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional sering disebut MNC (multinational corporation) dan merupakan institusi yang memiliki fasilitas di luar negara asalnya.

Umumnya, perusahaan multinasional ini memiliki kantor dan pabrik di banyak negara, serta biasanya memiliki cabang utama yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan manajemen secara global.

Perusahaan-perusahaan ini juga dikenal sebagai organisasi korporasi internasional atau transnasional, dan cenderung memiliki anggaran yang melebihi rentang anggaran di negara-negara berkembang.

 

10 Daftar Perusahaan Multinasional di Indonesia

Di Indonesia, perusahaan multinasional sudah cukup banyak. Berikut beberapa daftar nya.

 

  1. Semen Indonesia

Perusahaan multinasional di Indonesia yang pertama adalah Semen Indonesia, yang berhasil mengakuisisi perusahaan asing di luar negeri dan masuk ke pasar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Semen Indonesia memiliki pabrik di Vietnam yang dikenal dengan nama Thang Long Cement Company.

Selain memiliki pabrik di luar negeri, Semen Indonesia juga mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin, dan Madagaskar.

 

  1. GarudaFood

GarudaFood adalah perusahaan multinasional di Indonesia yang merupakan produsen makanan dan minuman yang produknya sering dikonsumsi oleh kamu.

GarudaFood telah berhasil melakukan ekspansi ke negara lain dan bahkan mengakuisisi perusahaan gula Fuhua Jinjiang Yonghe.

 

  1. Gojek

Gojek adalah perusahaan startup Indonesia yang telah berhasil memperluas keberadaannya ke luar negeri.

Gojek telah memperluas keberadaannya ke negara-negara seperti Vietnam, Singapura, dan Thailand, yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing negara.

 

  1. Indofood

Perusahaan multinasional di Indonesia selanjutnya adalah Indofood. Indofood berhasil menarik konsumen dari berbagai negara, sehingga Indofood memiliki cabang di luar negeri seperti Nigeria, Mesir, dan negara-negara lainnya.

Dengan variasi kemasan yang berbeda di setiap negara, membuat Indomie semakin digemari oleh para konsumen.

 

Baca juga: Cara Beli Saham Indofood

 

  1. Adidas

Adidas adalah perusahaan yang berasal dari Jerman. Merek ini menghasilkan berbagai produk olahraga seperti sepatu, pakaian olahraga, dan perlengkapan olahraga.

Toko-toko Adidas Indonesia terletak di Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, dan beberapa kota lain di luar Jawa. Kota-kota ini dapat dikatakan sebagai pusat perkotaan yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat di sekitar wilayah masing-masing kota.

 

  1. Asus

Perusahaan multinasional Asus berpusat di Taiwan. Perusahaan yang produktif ini menghasilkan berbagai produk seperti laptop, PC desktop, monitor, LCD, dan lainnya.

Selain di Indonesia, Asus memiliki kantor cabang dan fasilitas di Australia, India, Hong Kong, China (RRC), Singapura, Malaysia, Vietnam, Bangladesh, Thailand, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Prancis, Italia, Inggris, Swedia, Republik Ceko, Polandia, Hungaria, Spanyol, Jerman, Belanda, Serbia, Kanada, dan Amerika Serikat.

 

  1. Google

Google adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang beroperasi di bidang layanan dan produk internet seperti mesin pencari, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

 

  1. Honda

Perusahaan Honda merupakan perusahaan otomotif dari Jepang yang menghasilkan sepeda motor, mobil, kapal, dan berbagai mesin industri. Salah satu nama perusahaan Honda di Indonesia adalah PT Astra Honda Motor (AHM).

PT Astra Honda Motor (AHM) adalah pelopor dalam industri sepeda motor di Indonesia. Berdiri pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Astra Internasional.

Pada awalnya, PT Federal Motor hanya merakit kendaraan dengan komponen yang diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

 

  1. KFC

KFC adalah merek dagang asal Amerika Serikat yang terkenal dengan ayam gorengnya yang renyah dan lezat.

PT Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemegang lisensi tunggal KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang mendapatkan lisensi KFC untuk Indonesia.

Perusahaan ini memulai operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan mencapai kesuksesan yang besar.

Keberhasilan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet lainnya di Jakarta dan ekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.

 

  1. McDonalds

Perusahaan multinasional di Indonesia yang bergerak di bidang makanan adalah McDonalds (McD). McD pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan menjadi negara ke-70 tempat McD beroperasi di seluruh dunia.

Rachmadi Msc MBA adalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil memperoleh hak waralaba utama dari McDonalds Corporation. Ia membuka gerai pertamanya di Sarinah Jakarta.

 

Itulah beberapa perusahaan multinasional di Indonesia. Selain itu, ada beberapa perusahaan besar di Indonesia yang bisa kamu beli sahamnya.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

Beli saham di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO