ARTIKEL
 

Profil CEO Baru GOTO, Patrick Sugito Walujo

by William Fernandes - 13 Jun 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melakukan perubahan dalam susunan manajemen dan dewan komisaris. 

Salah satu perubahan yang diusulkan adalah pengangkatan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama atau CEO menggantikan Andre Soelistyo yang sebelumnya menjabat. Namun siapakah beliau? Yuk, kita simak artikel berikut ini!

 

Profil Patrick Sugito Walujo

Patrick Sugito Walujo, yang saat ini menjabat sebagai CEO GoTo menggantikan Andre Soelistyo, merupakan seorang pria yang memiliki prestasi sebagai investor sukses di beberapa perusahaan ternama di Indonesia. Salah satu perusahaannya, yaitu Northstar, merupakan salah satu pemilik saham GoTo.

Menurut informasi dari profil LinkedIn miliknya, Patrick menyelesaikan pendidikan SMA di Kolese Kanisius pada tahun 1993. Ia kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di Cornell University di New York, jurusan Operations Research & Industrial Engineering, dan lulus pada tahun 1997.

Setelah lulus dari Cornell University, Patrick memulai karirnya sebagai analis di Goldman Sachs & Co, sebuah bank investasi terkemuka di Amerika Serikat, dari tahun 1997 hingga 2000. Selanjutnya, ia menjadi Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo, dari tahun 2000 hingga 2003.

Pada tahun 2003, Patrick memutuskan untuk mendirikan Northstar Group dan saat ini menjabat sebagai Co-founder & Co-Managing Partner. Selain itu, ia juga terlibat dalam dua organisasi, yaitu Council on Foreign Relations sebagai Anggota Dewan Penasihat Global, dan KADIN di Badan Inovasi, Teknologi & Startups.

 

Perjalanan Karir Patrick Sugito Walujo

Patrick Sugito Walujo sebelumnya menjabat sebagai komisaris GoTo. Bersama dengan Andre, Nadiem Makarim, dan pendiri lainnya, ia turut berperan dalam mengembangkan Gojek dari awal beroperasi di garasi rumah hingga menjadi perusahaan unicorn dan decacorn, melakukan merger dengan Tokopedia, serta mencatatkan diri sebagai perusahaan publik melalui penawaran umum perdana (IPO).

Patrick juga merupakan salah satu pendiri dan mitra pengelola di Northstar Group, yang didirikannya pada tahun 2003. Menurut informasi yang tercantum di situs resmi Northstar, sebelum mendirikan Northstar pada tahun 2003, Patrick menjabat sebagai wakil presiden senior Pacific Century Ventures Ltd di Tokyo.

Patrick memulai karirnya di Goldman, Sachs & Co. dan bekerja di kantor mereka di London dan New York. Pada tahun 2009, ia menerima penghargaan bergengsi Ernst & Young sebagai "Young Entrepreneur of the Year".

Dia juga menjadi anggota Dewan Penasihat Internasional Dewan Hubungan Luar Negeri. Patrick memperoleh gelar Bachelor of Science dalam bidang Riset Operasi & Teknik Industri dari Cornell University.

Di sisi lain, Andre Soelistyo menyelesaikan masa jabatannya setelah dua tahun memimpin sebagai CEO GoTo. Sebelumnya, dia menduduki sejumlah posisi penting di Gojek dan berperan dalam menciptakan inovasi-inovasi seperti bisnis logistik dan keuangan.

Dia optimis dalam mencapai target adjusted EBITDA pada akhir tahun ini. Pada kuartal I-2023, GOTO mencatatkan nilai transaksi bruto (Gross Transaction Value/GTV) sebesar Rp149 triliun, tumbuh 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari GTV tersebut, perusahaan berhasil mencatatkan pendapatan bruto sebesar Rp6 triliun, meningkat 14,3%. Pendapatan bersih perusahaan mencapai Rp3,3 triliun, melonjak 123% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,5 triliun.

 

Cara Beli Saham GOTO

Dibalik sukses dan optimis nya Patrick Sugito Walujo, ini menjadi kabar baik juga untuk perusahaan tersebut. Kamu bisa membeli sahamnya juga loh. Sebelum kamu beli saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), baca dulu artikel Cara Beli Saham GOTO.

 

 

Beli saham di investasiku dapet cashback points

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO