ARTIKEL
 

10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

by William Fernandes - 31 Mar 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, oleh karena itu kamu bisa kepoin ide bisnis yang bisa kamu mulai di bulan ramadhan berikut ini.

 

Manfaat Berjualan di Bulan Ramadhan

Berjualan di bulan Ramadhan gak hanya bertujuan untuk meraup keuntungan aja, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika berjualan di bazar Ramadhan atau secara online, yaitu sebagai berikut:

 

1. Mengembangkan Minat Wirausaha

Bagi kamu yang baru memulai atau sudah lama berwirausaha, berjualan di bulan Ramadhan bisa menjadi sarana untuk belajar dan mengembangkan minat wirausaha kamu.

Disini kamu bisa belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik dan benar. Serta memahami hal-hal yang terjadi selama menjalani bisnis.

 

2. Memperluas Networking

Manfaat berjualan berikutnya adalah menuntut kita untuk berinteraksi dengan orang-orang yang belum pernah ditemui sebelumnya. Sehingga hal ini akan membuat kamu belajar membangun jaringan pertemanan dengan orang-orang yang sudah berkecimpung lama di dunia bisnis. 

 

3. Saling Membantu 

Berjualan gak hanya mencari untung aja, namun juga saling membantu. Misalnya, dengan berjualan aneka takjil untuk berbuka puasa seperti kolak, es buah, dan gorengan. 

Kamu bisa membantu orang-orang yang tidak sempat menyiapkan makanan karena kesibukan masing-masing.

 

Baca juga: 7 Tips Investasi ala Rasulullah SAW

 

Ide Bisnis Selama Bulan Ramadhan

 

1. Bisnis Takjil

Ide bisnis pertama yang bisa kamu lakukan adalah berbisnis yang berhubungan dengan takjil di bulan puasa atau menu berbuka puasa.

Karena, ketika bulan puasa yang berlangsung selama 1 bulan akan ada banyak orang yang membutuhkan makanan pembuka berpuasa.

Selain itu, takjil adalah usaha di bulan puasa yang terbukti laris dan sebanyak apapun orang berjualan takjil di sepanjang jalan tetap saja semua tempat akan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil jualan takjil.

 

2. Bisnis Katering

Berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah berbisnis katering, karena semua orang pasti membutuhkan makanan ketika di bulan Ramadhan. Setelah berbuka puasa, semua akan makan - makanan utama.

Katering adalah makanan utama seperti lauk pauk, yang cocok untuk berbuka puasa dan sahur.

Ada banyak tempat yang membutuhkan persiapan makanan katering, salah satunya yaitu kantor yang memiliki banyak karyawan.

Makanya gak heran jika semua tempat-tempat makanan atau restoran gak pernah kesepian orderan makanan pada saat bulan puasa.

 

3. Bisnis Minuman Dingin

Gak hanya takjil dan bisnis katering aja, minuman dingin pun sudah bisa menjadi dagangan yang laris selama bulan puasa.

Karena, banyak orang sesudah berbuka puasa sangat haus, sehingga membutuhkan minuman manis dan segara.

Jika seseorang membeli takjil dan makanan berat, maka sebagai pelengkap minuman dingin menjadi pilihan.

 

4. Bisnis Kue Kering

Masih seputar kuliner. Salah satu ide bisnis yang bisa dijalankan ketika di bulan Ramadhan adalah bisnis kue kering. Ide bisnis ini banyak dilakukan orang karena bisnis ini selalu ada di semua hari raya, selain lebaran juga Natal.

Jenis kue yang paling umum dan selalu ada yaitu kue nastar dan putri salju.

 

5. Bisnis Parcel

Berkirim parcel pada saat lebaran sudah menjadi tradisi orang Indonesia. Bahkan para pekerja kantor juga  sering mendapatkan tunjangan hari raya berupa parcel.

Ide bisnis ini bisa kamu jalankan dan keuntungannya juga cukup gede loh!

Namun, untuk berbisnis parcel juga tidak boleh asal-asalan, kamu bisa membuat desain yang menarik agar pelanggan puas dengan produk kamu dan bisa juga dengan mengkreasikan isi parcel dengan pecah belah, peralatan ibadah, dan buku.

 

6. Bisnis Kurma

Berikutnya adalah buah yang terkenal ketika bulan Ramadhan yaitu Kurma. Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi di hari menjelang Ramadhan hingga lebaran.

Kandungan serat dan glukosa di dalam kurma mampu menambah energi setelah seharian berpuasa.

Selain itu, Permintaan kurma juga cukup banyak dan stok yang melimpah, sehingga kurma bisa menjadi alternatif ide jualan ketika bulan puasa.

 

7. Bisnis Ketupat

Ide bisnis satu ini adalah jenis bisnis yang sangat berhubungan dengan hari raya lebaran, karena ketupat sangat identik dengan lebaran.

Bahkan, di era digital saat ini bisnis ketupat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karena, bisa dikatakan semua orang merayakan lebaran, sehingga membuat ketupat cocok dimakan pada hari raya.

 

8. Bisnis Busana Muslim

Berikutnya adalah bisnis yang berhubungan dengan fashion. Berjualan busana muslim gak hanya pada bulan Ramadhan aja, lebaran juga bisa kamu jadikan momentum untuk berjualan.

Selain itu, usaha busana muslim saat ini sangat menjamur karena sekarang sudah banyak orang menggunakan hijab.

 

9. Bisnis Peralatan Ibadah

Ide berikutnya adalah berbisnis peralatan ibadah seperti mukena, sarung, dan sajadah.

Semua peralatan tersebut akan digunakan pada saat salat tarawih di masjid setiap malam selama puasa.

Sehingga ini bisa kamu manfaatkan untuk berjualan peralatan ibadah secara offline maupun online.

 

10. Bisnis Toples Kue

Walaupun kelihatan sepele. Namun, di tengah banyaknya permintaan kue lebaran, sudah pasti akan banyak orang membutuhkan wadah menampung kue kering.

Kamu bisa mencari supplier toples yang bisa didapatkan dengan mudah secara online dengan harga yang murah, kemudian kamu bisa menjual nya kembali dengan desain yang unik dan kreatif.

 

Pilih Bisnis yang Cocok Dengan Kamu

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa dijadikan usaha sampingan ketika bulan Ramadhan.

Menariknya, ide usaha-usaha tersebut hanya bermodalkan dibawah 1 juta rupiah loh. Artinya kamu gak perlu modal yang sangat besar untuk memulai bisnis tersebut.

Tapi, jangan lupa untuk tetap selalu mengatur keuangan bisnis kamu ya dan agar uang kamu terus bertumbuh kamu juga harus konsisten berinvestasi.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform trading dan investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO