ARTIKEL
 

Syarat dan Modal Bisnis Franchise J&T Express

by William Fernandes - 22 Jun 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Buat kamu yang sudah belanja online, pasti sudah gak asing dong dengan perusahaan kurir J&T. Perusahaan yang terkenal dengan ciri khas berwarna merahnya ini bisa kamu beli loh franchisenya. 

Apa saja peluang, syarat, ketentuan, dan modal yang dibutuhkan untuk menjadi mitra franchise J&T? Yuk, kita simak artikel berikut ini!

 

Profil Perusahaan J&T

J&T Express didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015 oleh Jet Lee, pendiri dan pemilik J&T Express. J&T, yang nama resminya adalah PT Global Jet Express, mulai beroperasi pada awal September 2015. Kantor pusat perusahaan ini terletak di Pluit, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Jet Lee menjabat sebagai CEO Oppo Indonesia dan telah membangun jaringan selama 3 tahun.

Dia kemudian memutuskan untuk mundur dari posisinya tersebut dan mendirikan J&T Express. Bersama dengan Tony Chen, pendiri Oppo lainnya, mereka menginvestasikan dana awal sebesar Rp400 miliar untuk J&T Express. 

 

Nama Pemilik J&T dan Kepanjangannya

Jet Lee menjelaskan bahwa J&T juga dapat diartikan sebagai Jet & Tony (J&T). Mereka mendirikan perusahaan ekspedisi ini karena melihat peluang di industri logistik Indonesia yang masih tertinggal. Pengiriman barang juga sering kali terlambat dan tidak sesuai jadwal.

Pengalaman Jet Lee dalam mengelola Oppo Indonesia memberinya modal berharga untuk menggarap seluruh wilayah Indonesia. Saat membangun J&T Express, dia sudah memiliki pemahaman mengenai jalur distribusi di Indonesia.

Jadi, nama brand J&T sendiri memang sengaja diambil dari nama pemilik J&T, yakni Jet Lee dan Tony Chen (Jet & Tony). Di sini, Tony Chen selaku founder OPPO, juga menginvestasikan dana sebesar Rp400 miliar, pada awal bisnis J&T.

Dalam waktu satu tahun, J&T Express berhasil menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Infrastruktur J&T Express dirancang untuk memberikan layanan cepat, aman, dan mengurangi kesalahan kerja, sehingga kualitas layanan tetap terjaga.

Dalam membangun infrastrukturnya, J&T Express bekerja sama dengan Garuda Indonesia Cargo untuk pengiriman udara, idEA (Indonesian E-Commerce Association) sebagai asosiasi e-commerce di Indonesia, Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia), dan Shopee yang mendukung pertumbuhan pengiriman J&T Express. Sejak tahun 2016, J&T Express juga menjadikan Deddy Corbuzier sebagai duta mereknya, serta melakukan ekspansi ke Malaysia dan Vietnam sejak tahun 2018.

 

3 Keuntungan Bisnis Franchise J&T

Ada beberapa keuntungan jika kamu menjadi agen franchise J&T, yaitu sebagai berikut:

  1. Perusahaan Yang Terpercaya

Keuntungan utama menjadi agen J&T Express adalah kepercayaan yang tinggi dari pelanggan karena reputasi perusahaan yang baik. J&T Express memiliki seleksi ketat dalam membuka keagenan, sehingga jika kamu terpilih sebagai agen, itu berarti kamu dianggap sebagai agen yang terpercaya dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

 

  1. Gak Perlu Banyak Promosi

Dalam era bisnis online yang semakin berkembang, nama J&T Express semakin terkenal. Kerja sama dengan beberapa e-commerce dan marketplace sebagai mitra ekspedisi juga memberikan keuntungan tambahan bagi agen. Seiring dengan reputasi dan kepercayaan yang terus meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, J&T Express semakin dikenal luas.

J&T Express telah mengembangkan jangkauannya dari tahun ke tahun, mencapai kota-kota besar hingga pelosok desa di Indonesia. Oleh karena itu, ketika kamu menjadi agen J&T Express, tidak perlu melakukan promosi yang terlalu banyak karena pelanggan cenderung sudah mengenal dan percaya pada layanan tersebut.

 

  1. Penghasilan Tambahan

Menjadi agen J&T Express merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan, banyak yang menjadikan kemitraan dengan J&T Express sebagai usaha utama mereka. Sebagai agen, kamu akan mendapatkan komisi menarik dari perusahaan pusat. Estimasi keuntungan yang didapat sebagai agen J&T Express adalah sekitar 20% dari total pendapatan omset.

 

Syarat dan Cara Daftar Menjadi Mitra Franchise J&T

Ada beberapa syarat dan cara untuk mendaftar menjadi franchise J&T, yaitu sebagai berikut:

 

Syarat Menjadi Mitra J&T

Berikut ini adalah persyaratan menjadi mitra franchise J&T Express:

  • Melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Melampirkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Mengajukan formulir pendaftaran keagenan melalui website resmi J&T Express.
  • Menyertakan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar.
  • Menyediakan denah tempat outlet yang akan menjadi lokasi J&T Express.
  • Menyertakan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) atau dokumen pembayaran Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terakhir.
  • Mengambil foto dokumentasi tampak luar dan dalam outlet.
  • Menyediakan ruangan khusus sebagai kantor agen.
  • Memiliki perangkat komputer dan printer.
  • Memiliki timbangan digital dengan kapasitas maksimal 30 kg (biasanya disediakan oleh J&T Express pusat).
  • Memiliki minimal 1-2 karyawan yang mampu mengoperasikan komputer.
  • Lokasi outlet harus dapat diakses oleh kendaraan roda empat dan memiliki area parkir yang luas.
  • Menyediakan meja dan kursi untuk pelanggan, serta spanduk dengan nama J&T Express.

 

Cara Daftar Menjadi Mitra J&T

Berikut ini adalah cara menjadi mitra franchise  J&T Express:

 

  1. Pilih paket keagenan J&T

Sebelum mendaftar, penting untuk mengetahui beberapa pilihan paket keagenan yang tersedia. Modal untuk menjadi agen J&T Express berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta.

Kamu dapat membayar paket keagenan melalui transfer ke rekening J&T Express setelah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.

 

  1. Hubungi J&T tingkat provinsi

Untuk mendaftar sebagai agen J&T Express di cabang atau kantor pusat J&T di provinsi, kamu perlu menghubungi cabang J&T Express yang berada di tingkat provinsi sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Memenuhi persyaratan

Kamu harus memenuhi persyaratan yang telah dijelaskan sebelumnya untuk menjadi agen J&T. Persyaratan tersebut tidak hanya meliputi administrasi, tetapi juga meliputi persyaratan tenaga kerja dan lokasi usaha.

Kemudian tim dari J&T Express akan melakukan survei langsung ke tempat kamu sebelum proses selanjutnya.

 

  1. Pendaftaran agen

Setelah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya, kamu akan diminta untuk mengikuti program pelatihan khusus yang telah ditetapkan oleh J&T Express.

 

Highlight

Pertanyaan: Apa saja peluang, persyaratan, ketentuan, dan modal yang dibutuhkan untuk menjadi mitra waralaba J&T?

Jawaban: Untuk menjadi mitra waralaba J&T, Anda perlu memenuhi persyaratan seperti menyediakan salinan KTP, mendaftar melalui situs web mereka, dan memiliki ruang outlet yang ditunjuk.

Paket waralaba berkisar dari Rp10 juta hingga Rp20 juta. Hubungi J&T Express di tingkat provinsi untuk pendaftaran dan jalani program pelatihan khusus setelah kualifikasi.

 

Berapa Modal Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Mitra Franchise J&T?

Tertarik menjadi mitra waralaba J&T Express? Pelajari profil perusahaan, pendiri, manfaat, persyaratan, dan proses pendaftarannya. Paket waralaba berkisar dari Rp10 juta hingga Rp20 juta.

Pertimbangkan investasi alternatif seperti InvestasiKu untuk opsi yang terjangkau.

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

beli saham di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO