ARTIKEL
 

Ingin Franchise Indomaret? Simak Syarat, Langkah, & Keuntungannya

by William Fernandes - 10 Feb 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Kamu pernah kepikiran gak berapa biaya untuk buka gerai Indomaret? atau bahkan kamu sedang ingin membuka gerai Indomaret? Jika iya artikel ini akan kupas tuntas pertanyaan yang sering terlintas di benak kamu. Yuk, kita simak selengkapnya.

 

Profil Indomaret

Indomaret merupakan anak perusahaan dari Salim Group. Toko pertama Indomaret berdiri pada tanggal 20 Juni 1988, yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama.

Hingga tahun 1997 perusahaan ini mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Pada tahun 2015 jumlah gerai Indomaret mencapai 11.400 gerai dengan 60& adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat sampai di tahun 2021 jumlah gerai Indomaret mencapai 18.939 gerai yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, seperti : Jawa, NTT, Madura, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

 

Cek juga: Harga Saham Indomaret Hari Ini

 

Peluang Usaha Franchise Indomaret

Setelah mengetahui banyaknya cabang Franchise Indomaret, hal ini membuat Pebisnis dan Investor melirik franchise Indomaret karena bisa menjanjikan keuntungan yang besar.

Franchise adalah salah satu langkah pebisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat dan mengurangi kerugian dalam usaha yang dijalankan.

Namun, apa itu franchise? Franchise atau Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

Dengan membeli franchise para pebisnis atau investor tidak perlu pusing memikirkan branding, karena masyarakat luas telah mengenal bidang usaha yang telah dipilih oleh pebisnis.

Namun, strategi ini tidak bisa dilakukan semudah itu saja, karena jenis bisnis franchise Indomaret sudah berlisensi.

 

Syarat Membuka Gerai Indomaret

Untuk membuka bisnis dengan menggunakan brand Indomaret, ada beberapa hal yang harus memenuhi ketentuan yaitu sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki lokasi toko di area yang komersial dan luas idealnya sekitar 120-299 m2.
  • Memiliki kelengkapan dokumen izin usaha untuk minimarket seperti SIUP, TDP, IUTM/IUTS, IMB/IPB Ruko, UUG/HO, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya.
  • Memiliki modal awal franchise Indomaret dengan investasi sekitar Rp100-500 Juta.
  • Wajib mempunyai jiwa entrepreneurship dan fokus pada sistem waralaba gerai Indomaret.

 

7 Langkah Membuka Franchise Indomaret

 

1. Siapkan Dokumen

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membeli hak waralaba Indomaret adalah kamu harus membuktikan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dengan cara meyiapan sejumlah dokumen, yakni KTP dan KK.

 

2. Lokasi yang Strategis

Kemudian Lokasi Convenience Store juga perlu disiapkan, kamu bisa mempertimbangkan akses mudah ke minimarket yang dekat dengan keramaian atau tempat umum.

Hal ini penting banget loh, karena lokasi akan berperan penting dalam keberhasilan bisnis mu, selain itu kamu perlu menyiapkan lahan di area komersial ideal seluas 120.200 meter persegi.

 

3. Dokumen Usaha

Untuk memiliki Waralaba Indomaret kamu perlu memiliki sejumlah dokumen , tujuannya untuk menunjukan kapasitas legalnya, dokumen yang perlu kamu siapkan untuk membuka waralaba Indomaret yang legal adalah IMB/IPB, SIUP, NPWP, Site Planning, TDP, IUTM/IUTS, STPW, UUG/diperlukan HO.

 

4. Modal Investasi

Berikutnya adalah hal dasar yang perlu kamu siapkan yaitu modal untuk menjalankan bisnis ini. kamu harus menyiapkan modal yang cukup untuk membuka waralaba Indomaret.

Berapa modal  yang diperlukan untuk membuka waralaba Indomaret? Menurut situs resmi Indomaret, dana investasi untuk modal franchise Indomaret mulai dari Rp394 juta.

Namun, jika kamu hanya ingin mengambil alih dari kemitraan lama, kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp150 juta dan harga ini termasuk biaya lisensi yang dibayarkan selama masa kontrak lima tahun ya.

 

5. Registrasi

Kamu bisa melakukan registrasi dari Call Center Indomaret setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas tadi.

Pilihan lain kamu bisa mengunduh formulir pendaftaran dari situs resmi Indomaret dan pihak Indomaret akan mengirimkan tim peneliti untuk melihat serta menyelidiki lokasi yang sudah kamu tentukan.

 

6. Presentasi

Ada dua tahapan presentasi di Indomaret, kamu akan diminta untuk mengirim file yang diperlukan.

Presentasi pertama akan mencakup rincian kerjasama, keuntungan bulanan, jumlah investasi dan sistem operasi.

Presentasi kedua akan menggambarkan hasil survei yang dilakukan, yaitu rencana Anggaran Belanja (RAB) yang menggambarkan besarnya investasi.

 

7. Pembukaan Toko

Setelah memenuhi semua syarat dan pengajuan kerjasama telah disetujui, maka toko sudah siap dibuka. Segera setelah gerai dibuka, kamu akan menandatangani kontrak perjanjian waralaba dengan Indomaret untuk lima tahun.

Kamu akan memperoleh bentuk nota kesepahaman atau MoU antara pewaralaba dan terwaralaba.

Apa itu MoU? MoU atau Memorandum of Understanding adalah untuk “nota kesepakatan”, “nota kesepahaman”, “perjanjian kerja sama”, atau “perjanjian pendahuluan”

MoU ini berisikan pengaturan izin, renovasi toko, pembukaan toko, pemilihan karyawan, pelatihan karyawan, peralatan toko dan termin.

 

Baca Juga: Syarat dan Modal Bisnis Franchise SPBU Pertamina

 

5 Keuntungan Membeli Waralaba Indomaret

 

1. Memiliki Otoritas Merek yang Jelas

Indomaret adalah brand waralaba dari perusahaan terbesar di Indonesia selain itu label yang kamu miliki tentu saja asli dan bisa diandalkan.

Dengan ini kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membangun branding yang cenderung sangat sulit dilakukan.

Apalagi di zaman sekarang ada banyak supermarket yang tersebar di seluruh Indonesia dengan brand yang berbagai macam.

 

2. Jaringan Promosi yang Besar

Selanjutnya adalah keuntungan dalam jaringan promosi, di mana brand Indomaret adalah brand nasional dan sering ditampilkan dalam jumlah besar di televisi hingga media sosial.

Hal ini akan secara langsung dapat membantu bisnis franchise Indomaret yang akan kamu mulai sehingga kamu gak perlu khawatir untuk membangun kepercayaan pelanggan dari awal, karena mereka sudah terbiasa dan mengetahui kualitas perusahaanmu.

 

3. Sistem Operasi yang Terintegrasi

Waralaba Indomaret memiliki sistem operasi waralaba yang terintegrasi, di mana barang-barang yang dibutuhkan atau pasokan yang ditentukan diperlukan dilakukan secara teratur.

Kamu tidak perlu repot mencari produk dari pemasok lain.

 

4. Risiko Gagal Bayar Rendah

Kemungkinan besar bisnis Waralaba Indomaret akan berhasil, di mana Indomaret mendukung peluncuran bisnis waralaba ini. dengan ini kamu gak perlu lagi khawatir tentang operasi.

 

5. Menjadi Investor

Dengan waktu luang yang cukup, kamu tidak harus langsung mengurus semua nya ketika memiliki waralaba Indomaret, kamu dapat mempekerjakan karyawan terpercaya yang dipilih oleh perusahaan induk Indomaret.

Selain menjadi investor dari usaha waralaba Indomaret, kamu juga bisa sambil mencoba mendapatkan pemasukan melalui investasi saham.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO