ARTIKEL
 

10 Daftar Anak Perusahaan Alibaba yang Wajib Kamu Tahu!

by William Fernandes - 13 Jun 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Alibaba Group saat ini merupakan salah satu dari tiga perusahaan retail terbesar di dunia. Perusahaan ini, yang didirikan oleh Jack Ma dari Tiongkok, telah mulai bersaing dengan perusahaan retail terkenal lainnya, seperti Wal-Mart Inc. dan Amazon. 

Mungkin kamu merasa bahwa Alibaba Group tidak sebesar itu, terutama di Indonesia di mana perusahaan ini tidak begitu terkenal dan tidak sering digaungkan di internet sebagai perusahaan besar. 

Namun, itu adalah pemahaman yang salah. Sebenarnya, Alibaba Group memiliki puluhan anak perusahaan, beberapa di antaranya juga beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, simak artikel berikut ini!

 

10 Daftar Anak Perusahaan Alibaba Group

Berikut ini, daftar 10 anak perusahaan alibaba group:

 

  1. Alibaba.com

Sesuai namanya alibaba, adalah bisnis pertama yang dikembangkan oleh Alibaba Group di bawah kepemimpinan Jack Ma. Platform ini telah berkembang menjadi platform terbesar dalam bisnis dari bisnis (B2B) di seluruh dunia, dengan pengguna yang terkenal di lebih dari 190 negara.

 

  1. 1688.com

Selanjutnya, ada anak perusahaan Alibaba Group yang juga beroperasi di Tiongkok, yaitu 1688.com. Platform 1688.com dikenal sebagai pasar grosir terbesar yang menghubungkan penjual dan pembeli grosir. Berbagai kategori produk tersedia di platform ini, mulai dari kebutuhan rumah tangga, dekorasi, kebutuhan pribadi, elektronik, dan lain-lain.

 

  1. AliExpress.com

AliExpress.com berbeda dengan 1688.com karena fokusnya lebih pada konsumen. Platform ini menghubungkan konsumen dengan distributor di Tiongkok yang ingin melakukan pembelian dalam jumlah besar. 

AliExpress.com merupakan platform yang lebih besar dibandingkan 1688.com dan telah digunakan di banyak negara. AliExpress.com mendukung 17 bahasa dan memiliki pasar konsumen terbesar di Rusia, Amerika Serikat, Brasil, Spanyol, dan Perancis.

 

  1. Lazada

Jangan salah, perusahaan Alibaba juga ada di Indonesia. Lazada yaitu platform e-commerce yang familiar bagi kamu saat ini, sebenarnya merupakan perusahaan e-commerce yang diakuisisi oleh Alibaba Group pada April 2016 dengan harga $1 miliar.

Saat ini, Lazada telah berkembang pesat dan beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

 

  1. South China Morning Post

Alibaba Group tidak hanya berbisnis di bidang e-commerce, tetapi juga memiliki media koran dan digital seperti South China Morning Post yang berbasis di Hongkong. Pada bulan Desember 2015, Alibaba mengakuisisi perusahaan ini dengan harga $266 juta. South China Morning Post adalah perusahaan media yang telah berusia satu abad.

 

  1. AutoNavi

Alibaba Group juga mengakuisisi perusahaan Tiongkok bernama AutoNavi yang fokus pada pemetaan dan navigasi. Akuisisi ini terjadi pada tahun 2014. AutoNavi telah menyediakan data pemetaan untuk Google dan Apple Inc. selama lebih dari 10 tahun.

 

  1. Taobao

Taobao adalah platform jual-beli online dari pengguna untuk pengguna (C2C) yang didirikan oleh Alibaba Group pada tahun 2003 sebagai pesaing eBay yang telah mengakuisisi Eachnet, situs lelang terbesar di Tiongkok.

Taobao menyediakan konten dan produk terkini dari penjual-penjualnya secara real-time, sehingga calon pembeli dapat memperoleh informasi yang lebih baik mengenai produk dan tren terbaru. 

Mayoritas penjual di Taobao adalah individu dan usaha kecil, namun platform ini berhasil menjadi tujuan utama dalam mobile market di Tiongkok karena telah mengembangkan komunitas sosial yang kuat.

 

  1. Ant Financial

Ant Financial Services Group (sebelumnya dikenal sebagai Alipay) adalah perusahaan afiliasi dari Alibaba Group yang saat ini menjadi perusahaan teknologi keuangan (fintech) terbesar di dunia dan merupakan salah satu unicorn dengan valuasi tertinggi, melebihi US$150 miliar.

 

  1. Alipay

Dengan lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia, Alipay kini menjadi aplikasi pembayaran online terbesar di dunia, bahkan melampaui PayPal pada tahun 2014. Alipay terhubung dengan 65 lembaga keuangan termasuk MasterCard dan Visa, dan juga menyediakan layanan keuangan untuk bisnis online Alibaba Group.

 

  1. Alibaba Pictures Group

Alibaba Pictures Group adalah perusahaan produksi film yang sebelumnya dikenal sebagai China Vision Media. Alibaba Group membeli 60% saham perusahaan ini dengan nilai $804 juta.

 

Itulah beberapa anak perusahaan Alibaba Group. Perusahaan Alibaba ini bisa kamu beli juga loh sahamnya. Jika kamu ingin membeli saham perusahaan lain selain Alibaba. Kamu bisa kamu bisa investasi dengan modal yang terjangkau yaitu dengan modal mulai dari Rp100 Ribu!

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 


Beli saham di investasku dapet cashback points


 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO