ARTIKEL
 

Mengenal Lebih Dekat William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

by William Fernandes - 24 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

William Tanuwijaya adalah pengusaha muda Indonesia yang berhasil mendirikan startup yang sangat sukses yaitu Tokopedia. Yuk simak artikel berikut ini mengenai kisahnya!

 

Masa Kecil William Tanuwijaya

William Tanuwijaya, adalah seorang entrepreneur Indonesia asal Pematang Siantar, Sumatera Utara, lahir pada 11 November 1981. Setelah menyelesaikan SMA, ia merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan mengambil jurusan Teknik Informatika.

Pada saat kuliah di semester II, William bekerja sebagai penjaga warnet. William mengatakan bahwa pekerjaan ini memberikannya keuntungan tambahan berupa uang saku dan akses internet gratis. 

Dari sinilah ia mulai memperdalam pengetahuannya tentang internet. Setelah lulus kuliah, William bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, termasuk di KafeGaul, sebuah perusahaan jual beli online.

 

Awal Mula Mendirikan Tokopedia

William Tanuwijaya mengajak Leontinus Alpha Edison, seorang rekannya, untuk memulai Tokopedia.com pada tanggal 6 Februari 2009. Proses pengembangan Tokopedia memakan waktu sekitar enam bulan, dan pada saat perayaan ulang tahun Indonesia yang ke-64 pada tanggal 17 Agustus 2009, William dan Leontinus merilis Tokopedia ke publik.

Dalam perkembangannya, Tokopedia telah mencapai jumlah penjual dan pembeli yang cukup signifikan. Pada tahun pertamanya, Tokopedia berhasil mendapatkan investasi, dan prestasinya bahkan menghasilkan penghargaan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Tokopedia menawarkan model bisnis yang menghubungkan penjual dan pembeli secara aman, nyaman, dan praktis. Dengan memberikan rasa aman bagi para pembeli dan penjual, bisnis online ini dapat membantu meminimalkan angka kriminalitas dalam perdagangan online.

Jika kamu sering berbelanja di Tokopedia, kamu pasti tahu bahwa kamu harus mentransfer uangmu terlebih dahulu ke Tokopedia sebelum penjual mengirimkan barang pesananmu. Uangmu baru akan diterima oleh penjual jika barang yang dipesan sudah dikirimkan. Oleh karena itu, Tokopedia berhasil menjadi perantara perdagangan bisnis online yang sukses di Indonesia.

 

Cek juga: Harga Saham Tokopedia Gojek

 

Hal Yang Bisa Dipelajari William Tanuwijaya

William Tanuwijaya pernah mengungkapkan bahwa pada awal berdirinya, Tokopedia sering diremehkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Meskipun banyak orang menolak ide bisnisnya, William tetap bersemangat dan memulai modal awal dengan cara mencari modal sendiri dan mendapatkan suntikan dana dari bosnya.

Dengan modal yang minim, Tokopedia bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Tak lama kemudian, investor mulai tertarik untuk berinvestasi di Tokopedia, salah satunya adalah East Ventures. Sejak tahun 2010, Tokopedia terus mendapatkan investasi dari luar negeri, seperti CyberAgent Ventures pada 2011, Beenos pada 2012, dan SoftBank pada 2013.

 

Beli Saham Perusahaan William Tanuwijaya

Pada 17 Mei 2021 menjadi hal yang bersejarah pagi Tokopedia karena resmi merger dengan Gojek di bawah payung grup yang diberi nama GOTO.

Hingga 11 April 2022 PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) resmi melantai perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Harga saham GoTo pun ditetapkan pada harga Rp 338 per lembar saham.

Nah, buat kamu yang mau beli saham GoTo jangan bingung ya, beli nya di InvestasiKu aja.

Gimana? Tertarik buat beli saham GOTO dan berikan ke sahabat kamu? Kalau tertarik, bisa langsung beli sahamnya di platform InvestasiKu saja!

Karena kamu bakal dapat MPC poin, setiap melakukan transaksi! Kamu juga bisa beli saham GOTO di InvestasiKu, mulai Rp100 ribuan saja!

 

Mengenal Lebih Dekat William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia



 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO