ARTIKEL
 

Trading Book Adalah Jenis Buku Untuk Mencatat Transaksi Klien

by Dany Mauriz Gibran - 21 Jun 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Trading book adalah jenis buku yang dikelola oleh bank, lembaga keuangan, atau bank pialang saham untuk mencatat transaksi klien. Lembaga tersebut kemungkinan bertindak sebagai perantara atau perantara dalam bertransaksi surat berharga.

Buku ini membantu manajer portofolio menghitung untuk broker atau biaya atau persentase keuntungan mereka seperti yang diputuskan antara klien dan manajer portofolio.

Trading book bisa dibeli atau dijual untuk memfasilitasi perdagangan bagi klien atau perusahaan tersebut. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih perdagangan, sampai melakukan lindung nilai terhadap berbagai bentuk risiko.

Buku perdagangan dapat berkisar dari ratusan ribu dolar hingga puluhan miliar tergantung pada ukuran institusi.

Download InvestasiKu! Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Diawasi Oleh OJK

Bagaimana Trading Book Berfungsi?

Sebagian besar institusi menggunakan metrik risiko yang canggih untuk mengelola dan mengurangi risiko dalam trading book mereka. Buku perdagangan mirip seperti buku besar akuntansi. Berfungsi melacak sekuritas yang dimiliki oleh institusi yang secara teratur dibeli dan dijual.

Selain itu, informasi riwayat perdagangan dilacak dalam buku perdagangan dengan membuat cara sederhana untuk meninjau aktivitas sebelumnya dari sekuritas terkait.

Hal ini berbeda dengan banking book karena surat berharga dalam trading book tidak dimaksudkan untuk dimiliki hingga jatuh tempo sedangkan surat berharga dalam banking book akan dimiliki dalam jangka panjang.

Efek yang disimpan dalam trading book harus memenuhi syarat untuk diperdagangkan secara aktif. Trading book tunduk pada keuntungan dan kerugian. Karena harga sekuritas yang disertakan berubah.

Karena sekuritas ini dipegang oleh lembaga keuangan, dan bukan oleh investor individu, keuntungan dan kerugian ini berdampak pada keuangan lembaga secara langsung.

Keuntungan Trading Book

  • Trading Book dapat membantu anda dalam merencanakan transaksi untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan untuk mencegah kerugian yang tidak perlu.
  • Buku ini membantu untuk melacak dan melihat catatan transaksi.
  • Sebagai bukti hukum di pengadilan dan dianggap sebagai dokumen hukum.
  • Membantu meminimalkan risiko dengan memperbaiki tanggung jawab memelihara catatan dan melacak catatan.
  • Dengan bantuan buku-buku ini, penipuan dapat dengan mudah ditentukan dan dicegah dengan melaporkan kepada pihak yang berwenang.
  • Setiap transaksi yang dilakukan oleh klien dikelola melalui buku ini.
  • Dengan bantuan buku ini, perhitungan pialang menjadi mudah oleh manajer portofolio.
  • Mereka juga dapat dicatat sebagai buku besar akuntansi.
  • Manajer portofolio bertanggung jawab untuk memelihara seluruh buku perdagangan institusi mereka serta yang terpisah untuk klien mereka, yang membantu mereka untuk mempertahankan catatan yang lebih baik dan transparan.
  • Dengan bantuan buku ini, aktivitas masa lalu dapat dilihat dengan mudah.
  • Ini adalah kumpulan dari beberapa instrumen fiskal yang membantu kelancaran bisnis manajer portofolio.
  • Buku perdagangan membantu investor dalam merencanakan investasi dan pemanfaatan sumber daya dan investasi secara efektif.

Kerugian Trading Book

Trading book dapat menjadi sumber kerugian yang sangat besar dalam sebuah lembaga keuangan. Kerugian timbul karena tingkat leverage yang sangat tinggi serta digunakan oleh sebuah institusi untuk membangun trading book.

Selain itu, sumber kerugian lain dalam trading book adalah pihak ketiga yang tidak proporsional dan sangat terkonsentrasi pada sekuritas atau sektor tertentu oleh pedagang yang ceroboh.

Penutupan

Trading Book adalah jenis buku yang dikelola oleh manajer portofolio untuk menyimpan catatan transaksi yang dilakukan olehnya dan juga klien.

Dua buku perdagangan harus disiapkan oleh manajer portofolio; satu adalah buku gabungan yang berisi semua catatan semua transaksi yang dilakukan oleh manajer portofolio, dan yang lainnya adalah buku terpisah untuk setiap klien.

Itu adalah dokumen hukum dan juga buku besar akuntansi yang dapat disajikan sebagai bukti dan dapat diterima secara sah.

 

Dengan bantuan buku ini, penipuan dapat dideteksi dari sifat transaksinya, dan dapat dicegah. Buku-buku ini juga membantu dalam perencanaan keuangan dan pemanfaatan sumber daya yang optimal.

 

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO