ARTIKEL
 

Sandiaga Uno: Profil, Sumber Kekayaan, & Daftar Perusahaannya

BY Estrin Vanadianti Lestari - 29 Nov 2022 3:08AM - 5 MINS READ

 

Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha muda dan politisi Indonesia, yang saat ini sedang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dikenal kaya raya, pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno terlahir dari keluarga yang harmonis, pada 28 Juni 1969, di Rumbai Pekanbaru, Provinsi Riau, dari pasangan Mein R. Uno dan Razif Halik Uno.

Sang ayah, adalah seorang karyawan di perusahaan Caltex Provinsi Riau. Namun, pada tahun 70 an, ia dipindahkan ke Jakarta, dan turut serta membawa keluarganya, untuk pindah.

 

Pendidikan Sandiaga Uno

Ia menempuh pendidikan dari SD sampai SMP di Jakarta, tepatnya di SMP 12 Wijaya Jakarta. Setelah itu, Sandi melanjutkan pendidikan SMA di sekolah Katolik. Karena ia termasuk siswa berprestasi, Sandi langsung berkuliah di The Wichita State University, Kansas, AS, dan setelah lulus pada tahun 1990, ia bekerja di Bank Summa.

Setelah setahun bekerja, Sandi mendapatkan beasiswa di George Washington University, Amerika Serikat dan lulus dengan predikat cumlaud pada tahun 1992.

Tidak sampai di situ, pada tahun 1993 Sandi memutuskan untuk bekerja di Singapura, tepatnya di perusahaan investasi, yakni Seapower Asia Investment Limited.

Pada tahun 1995, Sandi memutuskan untuk pindah kerja ke Kanada, tepatnya di perusahaan NTI Resources Ltd dan langsung mendapat jabatan tinggi.

 

Deretan Penghargaan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno memang sudah dikenal pintar dan berprestasi, maka tak heran jika ia banyak mendapat penghargaan, seperti:

- Indonesia Entrepreneur of The Year Anterprise Asia, 2008
- 150 Orang Terkaya versi Globe Asia, 20009
- Orang Terkaya ke 37 di Indonesia versi Forbes 2011
- Orang Terkaya ke 63 di Indonesia versi Globe Asia

Karena saat ini ia sedang berada di jajaran Menteri, Sandiaga bahkan juga dinobatkan sebagai Menteri terkaya di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan catatan total kekayaan yang mencapai Rp10,6 triliun pada tahun 2021.

Dari mana sumber kekayaan Sandiaga Uno? Apakah dari penghasilannya menjadi Menteri? Tentu tidak!

 

Sumber Kekayaan

Berikut sumber kekayaan Sandiaga Uno, selain gaji menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

1. Tanah dan Bangunan
2. Alat Transportasi
3. Harta Bergerak dan Surat Berharga
4. Properti
5. Saham

 

Daftar Perusahaan Milik Sandiaga Uno

 

1. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk - SRTG

Perusahaan milik Sandiaga Uno yang pertama adalah PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Dalam mendirikan perusahaan ini, Sandi tidak sendirian, di mana ia membangun bersama dengan Edwin Soeryadjaya pada tahun 1998.

Bukan orang sembarangan, Edwin sendiri adalah anak dari pemilik Astra international, yakni William Soeryadjaya. Perusahaan ini dibangun dengan tujuan untuk bisa memberikan investasi dalam bentuk dana segar, ke beberapa perusahaan.

Bagaimana hasilnya? Perusahaan holding investasi ini, mampu menyumbangkan dividen sebesar Rp401 miliar ke para pemegang saham, di mana Sandiaga sendiri mempunyai 27,7% saham di perusahaan tersebut.

 

2. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk - MPM

Selanjutnya, ada PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) yang merupakan perusahaan milik Sandiaga Uno, yang bergerak di sektor otomotif. Sama seperti perusahaan sebelumnya, perusahaan ini juga tidak didirikan Sandi sendirian, di mana ia membangun bersama William Soeryadjaya di tahun 1987.

Selain itu, perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan seperti Federal Karya Utama perusahaan oli Federal, MPM Motor, Artha Finance, MPM Rent, MPM distributor, sampai dengan MPM Insurance.

 

3. PT Adaro Energy Tbk

Saling berkesinambungan, Sandiaga Uno juga memiliki hak milik atas perusahaan Adaro Energy, melalui Saratoga Investama, pada tahun 2001. PT Adaro Energy ini, merupakan perusahaan yang bergerak di sektor tambang batu bara paling besar di Indonesia.

Awalnya, perusahaan tambang ini didirikan oleh sebuah perusahaan, asal Spanyol di tahun 1982. Akan tetapi, atas dasar konsorsium perusahaan Australia serta Indonesia, perusahaan ini pun dapat dibeli sahamnya sebesar 80%.

Dari semua perusahaan milik Sandiaga Uno yang tercatat di BEI, PT Adaro Energy Tbk ini adalah salah satu yang paling terkenal. Jumlah keuntungannya saja kalau dirupiahkan mencapai 2 triliun rupiah.

 

4. PT Provident Argo Tbk

Perusahaan milik Sandiaga Uno berikutnya ini, bergerak di bisnis kelapa sawit, yakni Provident Argo yang berdiri di tahun 2006, melalui investasi di Saratoga. Perusahaan Saratoga saat itu kepemilikannya mencapai 50%, namun akhir-akhir ini berkurang menjadi 44,8%.


5. PT Medco Power Indonesia

Ada satu lagi perusahaan milik Sandiaga Uno yang bergerak di sektor energy, di mana Sandi berinvestasi di PT Medco Power Indonesia. Adapun, perusahaan ini didirikan oleh Arifin Panigoro pada tahun 1980.

PT Medco Power Indonesia sendiri, merupakan perusahaan yang diinvestasikan oleh Saratoga dan Medco Energy, salah satu perusahaan energy terbesar di Asia.

Kemudian melalui Saratoga, Thomas Andi membeli saham Medco di tahun 2012 yang bernilai Rp1,62 triliun. Dengan investasi yang sangat besar ini, Sandiaga sukses menguasai 50% saham Medco.

 

6. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk

Perusahaan Sandiaga Uno yang tercatat dan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. Sepesat apa? Tower Bersama Infrastructure ini bisa mencapai 20 persenan tiap tahunnya.

Di tahun 2014 pencapaian perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi ini, bisa mencapai Rp2,7 trilliun, dan tentunya hal tersebut sangat membantu pembangunan di Indonesia.

Perlu diketahui, bahwa mereka juga menjadi salah satu perusahaan, yang membangun menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tanpa menara-menara tersebut, perusahaan provider telco tidak bisa maksimal dalam memberikan pelayanan.

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK