ARTIKEL
 

8 Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

by William Fernandes - 25 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Umumnya negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia mayoritas berasal dari benua Asia, Eropa, dan Amerika. Negara-negara dari benua tersebut terkenal karena produksi dan cadangan batubara nya yang sangat melimpah.

Namun, negara mana aja ya yang menjadi penghasil batubara terbesar di dunia? apakah Indonesia? Yuk, kita simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya!

 

Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

 

  1. China

Di posisi pertama adalah China yang merupakan dikenal sebagai negara Tirai Bambu. Negara ini berhasil menempati urutan pertama selama beberapa dekade dan belum pernah tergeser hingga saat ini.

Produksi batubara di China setiap tahun bisa mencapai 3,9 miliar ton. Namun, walaupun menjadi negara produsen terbesar, China juga menjadi salah satu langganan importir batu bara terbesar di dunia. Karena, konsumsi energi di China sangat tinggi.

 

  1. India

Di posisi kedua adalah India. Negara ini juga menjadi salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia. Produksi batu bara di India bisa mencapai 756,5 juta ton setiap tahunnya. Hal ini wajar karena, India sangat bergantung pada batubara sebagai sumber energinya, terlebih untuk pembangkit tenaga listrik.

 

  1. Indonesia

Berikutnya adalah Indonesia. Negara Indonesia juga merupakan penghasil batubara terbesar ketiga di dunia. Di mana produksi batubara di Indonesia pernah mencapai tertinggi pada tahun 2019. Kemudian pada tahun 2020 produksi batubara di Indonesia mencapai 562,5 juta ton dan yang paling banyak berasal dari Kalimantan.

 

Baca juga: 26 Saham Batu Bara & Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

 

  1. Amerika Serikat

Berikutnya adalah Amerika Serikat. Negeri paman sam ini juga merupakan penghasil batubara terbesar di dunia. Menurut data dari Statistical Review of World Energy produksi batubara di Amerika Serikat pada 2020 bisa mencapai 484,7 juta ton per tahun

 

  1. Australia

Negara yang berdekatan dengan Indonesia ini, juga termasuk sebagai salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia. Australia bisa memproduksi batubara pada tahun 2020 mencapai 476,7 juta ton.

 

  1. Rusia

Sebelumnya, Rusia pernah menjadi negara penghasil batubara terbesar di dunia. Namun, produksi batubara di Rusia terus menurun setiap tahunnya hingga menempati Rusia di posisi keenam. Pada tahun 2020 produksi batubara di Rusia mencapai 399,8 juta ton.

Selain batubara, Rusia juga merupakan negara yang menggunakan gas alam dan juga nuklir sebagai sumber energi.

 

  1. Afrika Selatan

Sama seperti Rusia, Afrika Selatan juga gak mau kalah. Negara ini merupakan salah satu penghasil batubara terbesar di dunia. Dimana, pada tahun 2020 produksi batubara di Afrika Selatan mencapai 248,3 juta ton.

 

  1. Kazakhstan

Kazakhstan juga merupakan negara yang penghasil dan memiliki cadangan batubara terbesar di dunia. Cadangan batubara di Kazakhstan mencapai 25 miliar ton atau setara dengan 2,2 persen cadangan batubara di seluruh dunia. Kemudian, produksi batubara di Kazakhstan mencapai 113,2 juta ton pada tahun 2020.

 

5 Manfaat Batubara dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nah, tadi kita sudah mengetahui negara mana saja yang menjadi penghasil batubara terbesar di dunia. Tapi, apa sih manfaat batubara dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini manfaatnya!

 

  1. Sumber Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Salah satu manfaat batubara yang kita rasakan adalah menjadi bahan bakar pembangkit listrik. Batubara bisa diubah menjadi bentuk uap panas. Kemudian terbentuk sumber tenaga yang dapat menghasilkan tenaga listrik dengan menggerakan turbin generator listrik.

Sumber energi pembangkit listrik yang umum digunakan yaitu seperti pembangkit listrik tenaga air, uap, tenaga surya, dan salah satunya adalah batu bara.

 

  1. Menjadi PLTU

Berikutnya, batubara bisa dimanfaatkan dalam bentuk CMW sebagai pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU. Apa itu CMW? CMW adalah cairan berbentuk suspensi. Sehingga hal ini sangat berdampak dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia.

 

  1. Menghasilkan Berbagai Produk Gas

Selain energi listrik, batubara juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai produk gas. Gas alami yang dihasilkan oleh batubara bisa diolah menjadi tempat pertambangan.

Nah, gas alami ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari bahan bakar industri, produk hidrogen, produk solar, dan pembangkit listrik tenaga gas.

 

  1. Membantu Produksi Pupuk Pertanian

Manfaat batubara berikutnya adalah membantu produksi pupuk pertanian. Karena pupuk pertanian membutuhkan gas khusus yang digunakan untuk pembakaran.

Banyak produk kimia yang dihasilkan dari sisa olahan pembakaran batubara yang kemudian dimurnikan menggunakan alat khusus.

Proses ini kemudian akan membentuk bahan-bahan untuk membuat produk pupuk kimia pertanian.

 

  1. Menjadi Bahan Bakar Dengan Bentuk Cair

Manfaat batubara berikutnya adalah dimanfaatkan sebagai bahan bakar cair yaitu minyak. Hal ini membuat batubara dapat menggantikan bahan bakar minyak.

Cara agar batubara menjadi minyak adalah diolah menjadi pupuk, kemudian dilarutkan dalam suhu yang relatif tinggi hingga menjadi cairan berupa minyak.

Itulah negara dengan penghasil batubara terbesar di dunia dan juga manfaat batubara dalam kehidupan sehari-hari. Kalo mau beli saham batubara, belinya pake aplikasi InvestasiKu aja ya!

 

 

beli saham di investasiku dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO