ARTIKEL
 

VKTR Akan IPO, Siap Beli Sahamnya di Rp100/Saham?

by Estrin Vanadianti Lestari - 10 Jul 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) milik Group Bakrie, dikabarkan akan IPO sekitar tanggal 19 Juni 2023, lantaran baru memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni pada tanggal 12 Juni 2023 dan proses juga masih berlangsung hingga tanggal 15 Juni 2023.

Kabarnya juga, VKTR akan menyebar saham di harga Rp100/saham. Gimana nih, ada yang tertarik untuk beli saham VKTR? Sebelumnya coba intip dulu yuk, profil saham VKTR!

 

Profil Saham VKTR

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) merupakan perusahaan kendaraan listri, yan didirikan pertama kali dengan nama PT Bakrie Steel Industrie, pada 23 November 2007. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2007, dan mengubah namanya menjadi PT VKTR Teknologi Mobilitas pada 29 Maret 2022.

 

PT VKTR Bergerak di Bidang Apa?

VKTR adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar mobil baru dan sepeda motor baru berupa kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Komponen suku cadang, aksesoris mobil, dan industri karoseri kendaraan bermotor roda empat atau lebih, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sepeda motor roda dua dan tiga serta industri pengecoran besi dan baja, industri suku cadang dan aksesoris kendaraan bermotor roda empat atau lebih melalui anak perusahaan.

Perusahaan kendaraan listrik milik Bakrie ini, bahkan menjadi salah satu pionir di bidang elektrifikasi transportasi di Indonesia. Awalnya, VKTR mengenalkan produk kendaraan listrik berupa bus dengan merk BYD di Indonesia, dan menjualnya pada tahun 2018, tepatnya di IMF/World Bank Conference.

Sampai saat ini, VKTR masih berfokus untuk melakukan penjualan B2B (Business to Business). Bahkan, VKTR juga bekerjasama dengan TransJakarta pada 2022, dalam penggunaan bus listrik di Indonesia, khususnya di IbuKota.

Untuk mendukung kegiatan usahanya, perseroan memiliki perusahaan anak yaitu PT Bakrie Autoparts (BA), PT Braja Mukti Cakra (BMC) dan PT Bina Usaha Mandiri Mizusawa (BUMM).

 

2023 Banyak Bisnis Otomotif Melantai di Bursa

Melansir dari Sahamology, tahun 2023 ini memang menjadi tahunnya bisnis otomotif, khususnya kendaraan listrik. Gimana nggak moncer moncer, saham di bisnis otomotif tuh, banyak katalis positif terhadap bisnis ini!

Nggak percaya? Nih buktinya!

  • Lo Kheng Hong membeli saham GJTL tahun 2022 (Cuan hingga 52% tahun ini)
  • PT Indomobil Sukses Internasional Tbk - IMAS bermitra dengan Mercedes dan membuat sahamnya meroket 135% tahun ini
  • PT Dharma Polimetal Tbk - DRMA: YTD sudah naik tinggi hingga 116%
  • PT Astra Otoparts Tbk - AUTO: Disebut ketiban berkah dan sahamnya naik tinggi 60% di 2023

Tidak mau kalah saing, akhirnya momentum ini pun dimanfaatkan kelompok usaha Bakrie. Mereka merilis VKTR dan sebentar lagi akan IPO atau melantai di Bursa Efek Indonesia tanggal 19 Juni 2023.

 

VKTR Dapat Double Momentum

Nggak cuma fokus di bidang otomotif, VKTR juga merupakan perusahaan yang fokus di business electric vehicle, dan mendukung kendaraan listrik di Indonesia. Tapi VKTR juga bermitra dengan BYD AUTO!

Buat yang belum tahu, BYD AUTO adalah salah satu raksasa mobil listrik terbesar dunia asal China. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang diinvestasikan oleh Warren Buffett (salah satu investor terpopuler di dunia).

Meski kepemilikan WB di perusahaan tersebut cenderung berkurang di tahun 2023, namun saham BYD masih tetap dikempit oleh WB dibawah 10%.

Gimana? Sudah tidak sabar menunggu VKTR resmi melantai di bursa? Kalau sudah disebar, pastikan kamu membeli saham VKTR di platform aplikasi terbaik dan terpercaya, seperti di InvestasiKu!

 

 

Download InvestasiKu dapat point

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO