ARTIKEL
 

Begini Cara Beli Saham APLN & Gratis Cashback Points

BY Estrin Vanadianti Lestari - 17 Jan 2023 7:56AM - 6 MINS READ

 

Kawan Visto mau punya saham yang bergerak di sektor properti? Oh, ada! Banyak kok, salah satunya saham APLN alias PT Agung Podomoro Land.

Pasti pernah dengar kan? Gimana nggak coba, Agung Podomoro ini, sekarang masih menjadi raja mall di Indonesia lho!

 

Daftar mall dan pusat belanja milik APLN

  • Central Park Mall
  • Kuningan City
  • Senayan City
  • Baywalk Mall
  • Emporium Mall Pluit
  • Festival Citylink Bandung
  • Braga City Walk di Bandung
  • Deli Park Medan
  • Plaza Balikpapan di Kalimantan Timur.
  • Harco Glodok
  • Lindeteves Trade Centre
  • Plaza Kenari Mas
  • Thamrin City
  • Season City
  • Mangga Dua Square
  • Balikpapan Trade Centre.

 

Gimana? Sudah mulai tertarik nih buat beli saham APLN? Tunggu dulu! Coba kenalan lebih dalam yuk, sama saham yang satu ini. Mulai dari profilnya, pemiliknya, kapan saham ini IPO hingga harga sahamnya saat ini!

 

Profil Saham APLN & Pemilik

PT Agung Podomoro Group sendiri didirikan pada tahun 1969 oleh Anton Haliman. Lalu pada tahun 1973, Anton memanggil sang anak Trihatma K. Haliman yang sedang berkuliah di Jerman, untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Meski perusahaan tersebut sudah besar, namun Trihatma ingin memulai karirnya dari bawah, dan tetap dalam pengawasan sang ayah.

 

Saham APLN Bergerak di Sektor Apa?

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sendiri, bergerak di sektor properti, dengan bentuk bisnis real estat, termasuk akuisisi lahan, pengembangan, dan penjualan tanah, baik lahan untuk perumahan, atau lahan untuk industri, dan penjualan tanah beserta bangunannya.

Pada 30 Juli 2004, perusahaan Agung Podomoro Land mulai beroperasi secara komersial. Kantor pusat APLN berlokasi di APL Tower, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat 11470 – Indonesia. Telp: (62-21) 2903-4567 (Hunting), Fax: (62-21) 2903-4556.

Adapun kegiatan usaha utama perusahaannya saat ini, meliputi:

  • Akuisisi lahan
  • Pengembangan real estat
  • Penyewaan dan penjualan tanah
  • Bangunan apartemen
  • Mall dan kantor dengan proyek-proyek seperti: Mediterania Garden Residence 2, Central Park, Royal Mediterania Garden, Garden Shopping Arcade, Gading Nias Emerald, Gading Nias Residence, Grand Emerald, Gading Nias Shopping Arcade, Madison Park and Garden Shopping Arcade 2 dan berinvestasi pada anak perusahaan dan perusahaan asosiasi.

 

APLN Jual Sebagian Kepemilikan Central Park Mall

Seperti yang diketahui, Mall CP atau Central Park Mall merupakan salah satu aset properti milik Agung Podomoro Land. Berapa persen saham Central Park Mall yang dijual?

Menurut kabar, APLN menjual 85% saham Central Park Mall senilai Rp4,5 triliun. Namun, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi pamornya sebagai raja mall di Indonesia.

Selain menjual sebagian aset kepemilikan Mall CP, APLN juga menjual tanah seluas 104 hektare di Karawang, Jawa Barat.

 

Pemegang Saham APLN di Atas 5% 

Menurut data, pemegang saham APLN yang memiliki 5% atau lebih, per (31-Mar-2022), yaitu:

PT Indofica, dengan persentase kepemilikan sebesar 82,724%.

Adapun, penerima manfaat akhir dari kepemilikan saham Agung Podomoro Land Tbk, adalah Trihatma Kusuma Haliman atau pemiliknya sendiri.

 

Kapan Saham APLN IPO?

Saham APLN memperoleh pernyataan efektif Bapepam - LK, pada tanggal 1 Nopember 2010. Adapun, isi pernyataan tersebut adalah untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham APLN (IPO), kepada publik.

Setidaknya sebanyak 6.150.000.000 saham, dengan nilai nominal Rp100,- per saham, serta harga penawaran Rp365,- per saham disebar ke masyarakat. Lalu, pada tanggal 11 November 2010, saham tersebut telah dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia.

Adapun, harga saham APLN saat ini per 16 Januari 2023 adalah Rp144. Atau kamu bisa cek update harga saham APLN dengan mudah di aplikasi InvestasiKu!

 

Cara Beli Saham APLN Melalui InvestasiKu

Sebelum kamu beli saham, yuk download terlebih dahulu aplikasi investasi online InvestasiKu, dengan cara klik banner di bawah iniπŸ‘‡πŸ»πŸ‘‡πŸ»

 

download investasiku

 

1. Registrasi Data Diri

Setelah download aplikasi InvestasiKu, kamu bisa langsung melakukan registrasi, dan login menggunakan username dan password.

Isi nama lengkap, email aktif, nomor handphone, password, dan konfirmasi password. Jangan lupa untuk ceklis syarat dan ketentuan.

Tidak sampai di situ, kamu juga wajib buka rekening saham di InvestasiKu atau RDN.

 

2. Verifikasi E-KYC

Pada langkah ini, kamu wajib untuk mengambil gambar KTP. Upayakan mengambil gambar KTP terbaru pada kondisi cerah agar terlihat jelas. Hal ini memudahkan InvestasiKu untuk memverifikasi KTP kamu.

 

3. Biometrik

Sistem biometrik mewajibkan untuk memindai wajah anda (selfie). Setelah itu, kamu hanya menunggu kurang lebih 1 hari jam kerja jika tidak ada kendala.

 

4. Buka Rekening Dana Nasabah

Jika sudah selesai membuka akun, selamat! kamu tinggal satu langkah lagi dengan cara beli saham APLN, yakni dengan membuka rekening dana nasabah (RDN).

Kamu bisa top up saldo RDN mulai dari Rp100 ribu saja! Nah, kalau sudah masuk, RDN sudah aktif dan sudah ada saldo, kamu bisa langsung cari kode saham APLN di InvestasiKu.

 

5. Cari Kode Emiten APLN

Nah, untuk cara beli saham PT Agung Podomoro Land di InvestasiKu, kamu bisa langsung cari kode sahamnya, yakni APLN! Caranya, dengan klik logo “saham” dan ketik APLN di kolom pencarian.

Nah, setelah memilih kode sahamnya, kamu bisa atur jumlah lot dan klik tombol “buy”. Nah, itulah langkah cara membeli saham PT Agung Podomoro Land atau APLN.

 

6. Atur Lot

Cara beli saham APLN  yang terakhir adalah dengan mengatur lot, sekaligus mempelajari risk and ratio dalam saham. Gimana caranya? Di sini, kamu harus bisa mempertimbangkan, bagaimana untuk bisa bertahan jangka panjang.

Terlebih, jika kamu adalah seorang scalper, di mana meresikokan 2% per trade saham, merupakan hal yang wajib bagi mereka.

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

Β© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK