ARTIKEL
 

Cara Membaca Grafik Saham. Yuk Simak!

by Dany Mauriz Gibran - 02 Feb 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Cara melihat grafik saham adalah tugas yang sulit. Jika Anda baru dalam berinvestasi, Anda mungkin akan setuju bahwa melihat grafik saham tidak terlalu menarik.

Tetapi, untuk memahami karakteristik suatu investasi yang layak untuk portofolio Anda, itu adalah persyaratan wajib yang harus kamu kuasai. Oleh karena itu, sekarang mari kita belajar tentang grafik pasar saham dan cara membaca grafik saham.

Download Aplikasi Investasi Saham Terbaik InvestasiKu. Resmi dan cocok untuk Pemula sampai Profesional.

Apa itu Grafik Saham?

Cara melihat grafik saham atau grafik teknis berperan penting dalam mengidentifikasi tren saat ini dan pembalikan tren. Bertujuan untuk mendapatkan sinyal beli dan jual.

Grafik saham adalah informasi tentang pergerakan saham terkait, dimana kamu akan mengambil keputusan setelah menerapkan strategi perdagangan. Ketika kamu sudah mahir mengaplikasikan cara melihat grafik saham, anda akan tahu kapan untuk jual beli dan potensi pergerakan serta arah ke depan dalam presentasi grafis.

Meskipun tidak ada yang tau kemana harga akan bergerak. Setidaknya kamu telah menganalisis saham tersebut secara logis.

Cara melihat grafik bertujuan untuk memberi Anda pandangan sekilas tentang harga saham selama jangka waktu yang ditentukan atau selama satu tahun. Jika Anda ingin setiap poin mewakili harga penutupan untuk setiap hari saham tersebut diperdagangkan.

Jenis-Jenis Grafik dan Cara Melihat Grafik Saham:

Pola Head and Shoulders

Head and Shoulders Pattern merupakan tanda pembalikan kuat dari tren saat ini. Artinya, pergerakan suatu trend akan berubah untuk jangka waktu panjang. Pattern ini membentuk puncak (shoulder) tinggi dan pembentukan terakhirnya akan membuat ujung puncak yang tertinggi (head). Kemudian reversal akan terjadi diikuti pembentukan harga turun (shoulder).

Grafik Batang Harian

Grafik yang paling umum digunakan oleh para pedagang, menyediakan berbagai informasi perdagangan penting tentang saham dan harga yaitu harga pembukaan, penutupan, tertinggi dan terendah yang disentuh pada hari itu.

Bagan Garis

Bagan garis adalah grafik yang mencatat harga penutupan setiap hari. Itu diplot setiap hari dan akhirnya membentuk garis.

Bagan Lilin

Ini mencerminkan data terkait harga dalam format yang berbeda, dibagi menjadi dua bagian dan masing-masing diwakili oleh satu baris. Garis tipis menunjukkan kisaran harga dari tinggi ke rendah. Serta, tubuh lilin itu sendiri menunjukkan informasi yang lebih detail. Bagan lilin bisa membantu menghitung perbedaan antara harga penutupan dan pembukaan.

Langkah-Langkah Melihat Grafik Saham

Identifikasi Grafik

Identifikasi grafik terlebih dahulu dengan menemukan kode emiten atau simbol saham dari sebuah perusahaan. Penting untuk mengetahui simbol yang benar saat mencari informasi perusahaan.

Pilih Kerangka Waktu

Cara Melihat grafik saham untuk perdagangan dapat dilakukan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan atau setiap tahun. Tergantung di mana Anda mengakses grafik tersebut.

Melihat kerangka waktu  akan membantu dalam menentukan tren jangka panjang dan pendek dan memeriksa konsolidasi. Ingat dan catat harga pada hari tertentu dan cari konsolidasi di hari-hari berikutnya dan periksa apakah mereka terbentuk di atas atau di bawah harga.

Perhatikan Tren Saham Terkait

Cara membaca grafik untuk mengetahui trend saham terkait bisa menggunakan garis support dan resistance. InvestasiKu menyediakan alat tersebut untuk membantu investor menemukan trend yang sedang terjadi pada saham tersebut.

Perhatikan Volume Saham

Coba aktifkan indikator volume pada grafik kalian. Volume Ini akan membantu untuk menentukan kapan ada momentum tertentu, positif atau negatif di pasar.

Biasanya, volume perdagangan naik dikaitkan dengan warna hijau dan merah adalah turun. Kamu butuh menganalisis dengan cermat, warna tersebut mengacu pada naik turunnya harga penutupan dengan harga penutupan hari sebelumnya.

Lihatlah Pergerakan Rata-rata

Pergerakan harga rata-rata saham dari periode waktu sebelumnya sampai saat ini bisa kamu baca dengan indikator moving average. Alat ini cukup populer dalam analisis saham. Anda bisa menggunakan indikator moving average untuk melihat tren, menentukan pembelian sampai penjualan.

Umumnya, garis moving average akan memotong satu sama lain terlebih dahulu sebelum tren berbalik arah. Moving average dapat membantu dalam mengidentifikasi pola tren tetapi mungkin ada beberapa keterlambatan dalam pembentukannya karena mengacu pada harga masa lalu.

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO