ARTIKEL
 

6 Barang Hobi yang Bisa Dijadikan Investasi

by Estrin Vanadianti Lestari - 16 Dec 2022 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Sebentar! Memangnya ada ya, barang atau aset selain properti, surat tanah, sertifikat rumah, hingga BPKB kendaraan, yang bisa diinvestasikan? Ya ada dong, bahkan nilainya mungkin bisa lebih besar dari aset-aset berwujud di atas!

Betul! Pasalnya, investasi juga tidak hanya sebatas saham, reksadana, deposito, hingga obligasi. Karena, barang koleksi yang menjadi hobi seseorang juga bisa jadi aset sumber investasi lho!

 

Barang Koleksi Punya Harga Tinggi?

Nyatanya, aset berwujud berupa barang koleksi hobi, merupakan aset yang bagus untuk mendiversifikasi portofolio. Tidak hanya itu, barang koleksi dari hobi juga memiliki beberapa keuntungan, seperti berikut:

 

Diversifikasi

Keuntungan yang pertama dari barang koleksi dari hobi, bisa memberikan diversifikasi portofolio, sehingga ibaratnya kamu tidak hanya menaruh telur atau aset dalam satu keranjang.

 

Portabilitas

Barang koleksi dari hobi merupakan aset investasi yang berwujud. Di mana barang tersebut memiliki nilai yang tinggi, apabila barang tersebut merupakan barang koleksi langka.

Kamu bisa jual barang tersebut di mana pun, di seluruh di dunia dan tidak ada batasan tempat, misalnya hanya berlaku di Indonesia saja.

 

Harga Mengikuti Gairah Pemilik dan Pasar

Barang koleksi bisa disimpan atau dijual, dengan harga yang disesuaikan dengan keinginan sang pemilik dan pasar. Pasalnya, koleksi juga bisa dijual menunggu nilainya dihargai.

Misalnya, uang jadul bisa dijual kembali kepada para kolektor dengan harga yang tinggi. Semakin jadul, maka harga uang lama tersebut akan semakin mahal.

 

Mudah Didapatkan

Barang koleksi yang diperjualbelikan mudah ditemukan, baik di toko-toko lokal offline maupun e-commerce. 

 

Barang Koleksi dari Hobi yang dijadikan Investasi

Kira-kira, saat ini ada barang koleksi hobi apa saja, yang bisa diinvestasikan? Ternyata ada banyak, barang koleksi yang berasal dari hobi dan bisa diperjualbelikan dengan harga tinggi.

 

1. Sneakers atau Sepatu Limited Edition

Barang koleksi hobi yang banyak orang suka, dan harganya cukup tinggi adalah sneakers atau sepatu. Bukan sneakers biasa, sepatu yang dimaksud adalah sepatu yang limited edition yang jumlahnya terbatas atau langka.

Selain bisa digunakan sebagai kebutuhan, sneakers juga banyak dikoleksi karena bentuk, warna, brand, dan keunikannya. Nah, hal tersebut bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk berinvestasi.

Ah, paling harganya cuma jutaan rupiah! Eits, kata siapa? Sneakers limited edition harganya ada yang mencapai miliaran rupiah loh! Jadi, kalau ada kolektor atau pecinta sneaker, pasti akan bayar berapapun untuk mendapatkan sepatu yang disukai.

Contohnya, ada sepatu dari Nike dan Drake, membuat sepatu Solid Gold OVO x Air Jordan ini dijual dengan harga 2 juta USD atau sekitar Rp31,195 miliar.

Terlebih, ada riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes di Amerika Serikat. Di mana setidaknya dari 50 pasang sepatu yang telah dirilis selama bertahun-tahun, ternyata memiliki nilai jual kembali lebih dari 60 kali, dari harga aslinya.

 

2. Tas branded

Tidak hanya sepatu, bagi kaum wanita tas branded juga bisa jadi salah satu barang koleksi, yang berasal dari hobi. Sama seperti sneakers limited, tas branded juga ada edisi khusus yang limited, dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Mengapa beli tas branded, menjadi salah satu hobi wanita? Pasalnya, dengan menggunakan tas branded, membuat seorang wanita lebih percaya diri, meningkatkan gengsi, tas lebih awet, hingga bisa dijadikan sebagai investasi, karena sangat memungkinkan untuk dijual kembali.

Nilai jual beberapa brand tas mahal, seperti tas merk Balenciaga, YSL, GUCCI, LV, dan lainnya, cukup tinggi meski second hand. Bahkan, harganya bisa jauh lebih tinggi dari harga beli, tergantung jenis. Selain itu, harganya juga cenderung stabil, dan bisa meningkat (terutama bagi koleksi tas yang diproduksi terbatas).

Melihat hal tersebut, kamu yang punya hobi koleksi tas branded, secara tidak langsung juga bisa berinvestasi. Jadi, hobi shopping kamu bisa bermanfaat untuk kelangsungan finansial di masa depan.

 

3. Action figure

Siapa bilang mainan seperti action figure, tidak memiliki nilai jual tinggi, meski barang second hand? Terlebih, mainan action figure tidak hanya dikoleksi oleh anak-anak. Bahkan, kolektor action figure rata-rata adalah orang dewasa di berbagai kalangan.

Action figure sendiri merupakan mainan berbentuk aneka ragam karakter, dari beberapa cerita fiksi, seperti Superman, Spiderman, Gundam, Naruto, dan tokoh-tokoh lainnya. Meski hanya bisa dipajang, mainan ini merupakan salah satu benda koleksi yang bernilai tinggi.

Khusus untuk karakter tertentu, misalnya tokoh yang sudah langka, kamu bisa menjualnya hingga harga puluhan juta. Kamu bisa tawarkan mainan tersebut ke para kolektor action figure, yang memang mencari dan mengincar tokoh-tokoh tertentu.

 

4. Barang antik

Barang kolektor yang dihasilkan dari hobi yang selanjutnya adalah barang antik. Maksud dari barang antik yang dimaksud juga beragam, dan intinya barang ini sudah lawas, memiliki nilai sejarah, dan harga yang tinggi.

Jadi, jika kamu punya barang peninggalan dari keluarga kamu, jangan hanya dipajang saja! Karena kamu bisa menjualnya dan dijadikan sebagai investasi atau sumber pemasukan.

Contoh barang antik yang bisa dijual dan punya nilai jual tinggi, misalnya adalah mobil antik, motor antik, uang jadul, lukisan, piring hitam, guci, dan lainnya. Jika kamu tahu, bahwa ada banyak pecinta atau kolektor barang antik dengan nilai seni tinggi.

Jika dijual, harga barang-barang antik seperti motor atau mobil antik, bisa mencapai ratusan juta rupiah, bahkan miliaran. Namun, ada hal yang perlu kamu lakukan agar nilai harga barang antik tersebut, tidak turun. Yakni dengan merawat, menjaga, dan lainnya agar kamu bisa menjadikan barang tersebut untuk investasi yang menguntungkan.

 

Baca Juga: Jangan Investasi Sebelum Punya 5 Hal Ini

 

5. Komik Edisi Khusus/Cetakan Pertama

Perkembangan teknologi, ternyata tidak membuat komik fisik ditinggalkan pecintanya. Karena saat ini sudah banyak komik atau buku bacaan, yang sudah tersedia berupa e-book.

Akibatnya, komik fisik menjadi semakin langka, bahkan kamu sudah semakin sulit untuk mendapatkannya. Hal tersebut, bisa dilihat menjadi suatu yang negatif dan juga positif, di mana dengan langkanya beberapa edisi komik, akan membuatnya semakin mahal dan diincar.

Disitulah, kamu bisa memanfaatkan sekaligus meraih keuntungan, dari komik-komik edisi khusus atau cetakan pertama yang kamu punya.

Masa sih, ada orang yang mau beli komik bekas, yang sudah pernah dibaca, ceritanya sudah lewat, atau mungkin kertasnya juga sudah lusuh? Nyatanya, memang hal-hal itulah yang diincar kolektor komik.

Seperti ada salah satu komik cetakan pertama, yang dihargai sebesar 3.200.000 USD, yang dijual melalui eBay. Apakah ada peminatnya? Tentu ada, terlebih jika kamu menjual di e-commerce yang bisa diakses oleh kolektor di seluruh dunia.

Mereka memang sengaja mencari nilai sejarahnya, di mana komik tersebut sudah tidak lagi diproduksi, dan hanya sedikit orang yang masih memilikinya. Karena mungkin, saat itu komik bukan menjadi barang yang penting, sehingga rusak, tidak terawat, hingga mungkin dibuang.

 

6. Koleksi Perangkat Game / Nintendo DS 

Terakhir, ada barang koleksi yang berasal dari hobi, yakni perangkat game seperti Nintendo DS. Pasalnya, perangkat game ini akan selalu upgrade teknologi, sehingga perangkat Nintendo terdahulu semakin ditinggalkan.

Namun, justru ternyata perangkat game jadul masih memiliki banyak peminat, untuk  digunakan sebagai koleksi. Jika Nintendo DS baru bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah 100 dolar AS atau Rp 1,4 juta di toko online, namun berapa harga perangkat game jadul yang ada dipasaran?

Hal yang diincar dari perangkat game jadul, tentu bukanlah tentang teknologi atau sistem yang digunakan, namun lebih ke kelangkaan, nilai seni, dan keunikan game.

Bahkan, tidak jarang pecinta perangkat game jadul yang hanya mengincar desain atau model, dari perangkat game jadul tersebut. Lalu, perangkat tersebut diganti dengan sistem terbaru.

Mereka melakukan hal-hal tersebut dengan perangkat jadul, hanya untuk membangun kembali masa-masa kecil indah mereka, bersama game-game tersebut, yang tentunya memiliki banyak kenangan.

Gimana Kawan Visto? Kalau kamu, punya koleksi yang berasal dari hobi juga nggak? Kalau punya, coba deh cari tahu apakah barang koleksi tersebut bisa jadi diinvestasikan atau tidak.

Tapi, kalau tidak punya, kamu juga tetap bisa berinvestasi kok! Tapi kalau pemula, ribet nggak sih?
Nggak dong! Apalagi, kalau kamu menggunakan platform saham yang tepat, baik untuk pemula atau profesional, seperti InvestasiKu! Karena, di InvestasiKu memiliki fitur-fitur unggul yang bisa digunakan untuk transaksi saham dan produk investasi lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa dapat point dari setiap transaksi, yang bisa digunakan untuk membeli saham dan juga jajan di berbagai merchant, yang bekerjasama.

 

download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO