ARTIKEL
 

12 Tips Sukses Mengikuti Job Fair Untuk Fresh Graduate

by William Fernandes - 05 Apr 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Mungkin kamu pernah mikir “Nyari kerja kok susah banget ya?”. Mungkin kamu belum kenal yang namanya job fair. Yang bisa bantu kamu buat nyari lowongan kerja yang cocok. 

Tapi memangnya apa sih itu job fair? apa keuntungannya? dan gimana tips mengikuti job fair? Langsung aja yuk simak artikel berikut ini!

 

Apa Itu Job Fair?

Job fair atau career expo merupakan momen yang paling banyak ditunggu oleh pelamar kerja terutama fresh graduate. Job fair sendiri adalah acara yang menjadi wadah berkumpulnya perusahaan-perusahaan dari berbagai latar belakang industri dalam satu tempat.

Nah, tempat ini bisa kamu datangi dan bertemu langsung dengan perwakilan dari perusahaan yang ingin kamu lamar. Selain itu, job fair juga memberikanmu kesempatan untuk menyerahkan CV yang kamu miliki atau mengikuti interview langsung juga bisa.

Job fair diadakan di berbagai tempat, yang bergantung dengan skala event-nya dan kamu gak perlu khawatir soal biaya untuk mengikutinya karena job fair ini gak dipungut biaya alias gratis!

 

Kelebihan dan Manfaat Mengikuti Job Fair

Adapun kelebihan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti job fair, yaitu sebagai berikut:

 

  • Peluang untuk melamar pekerjaan menjadi lebih mudah karena langsung bertemu dengan staff HRD perusahaan.
  • Kesempatan untuk melakukan observasi tentang perusahaan lebih dalam.
  • Bisa bertanya langsung kepada staff perusahaan tentang kemampuan yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan yang dibuka.
  • Dapat membandingkan dan mencari perusahaan yang paling cocok dengan kamu.

 

12 Tips Sukses Mengikuti Job Fair

 

  1. Tentukan Dulu Perusahaan yang Akan Diincar

Sebelum mengikuti job fair kamu perlu mencari tahu beberapa hal tentang info job fair, perusahaan apa saja yang akan hadir, dan lainnya.

Karena, ketika kamu sudah mendapatkan detail informasi, kamu akan lebih mudah untuk membuat daftar perusahaan yang akan diincar.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang dibuka perusahaan tersebut. Dengan begini kamu akan tepat memilih perusahaan yang membutuhkan skill yang sudah kamu miliki.

 

  1. Cari Tau Lowongan Pekerjaan Yang Tersedia

Selanjutnya adalah kamu harus mencari tahu lowongan apa saja yang tersedia di perusahaan incaran mu yang akan hadir di acara job fair.

Umumnya, perusahaan yang hadir di acara job fair juga membuka lowongan secara online. Jadi, kamu bisa tahu lowongan apa saja yang tersedia pada perusahaan tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kualifikasi pada lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar. 

 

  1. Pelajari Perusahaan yang Mengikuti Job Fair

Setelah kamu sudah menentukan perusahaan yang akan diincar dan lowongan pekerjaan yang tersedia, hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah line up pada perusahaan. 

Kamu perlu mencari tahu satu per satu perusahaan apa saja yang terdaftar. Pelajari dengan baik profil perusahaan tersebut.

 

  1. Siapkan CV dan Resume Terbaik Kamu

Datang ke acara job fair tanpa menyiapkan CV dan Resume itu percuma banget. Ketika sudah mendekati acara job fair pastikan kamu sudah mempersiapkan hingga membuat CV dan Resume terbaik yang kamu miliki.

Untuk berjaga-jaga, pastikan kamu memaksimalkan jumlah persediaan CV dan berkas yang kamu bawa. Usahakan membawa lebih dari satu buah copy berkas untuk lamaran yang diperlukan.

 

  1. Latihan Wawancara

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melatih diri untuk wawancara. Kenapa harus latihan wawancara? Karena ketika mengikuti job fair, kemungkinan kamu bisa lanjut ke tahap interview. 

Jadi, jangan sampai nantinya kamu gak siap dan tergagap saat melakukan tanya-jawab dengan HRD nya ya.

 

  1. Perluas Koneksi

Dalam dunia karir, memperluas koneksi adalah hal yang sangat penting. Dengan datang ke job fair kamu mendapatkan kesempatan untuk memperluas koneksi kamu.

Pastikan kamu mendapatkan kontak atau kartu nama dari setiap orang dari perusahaan yang stannya kamu datangi di job fair.

Karena, kartu nama ini akan berguna banget ketika kamu ingin mem-follow up informasi tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut.

 

  1. Jangan Lupa Apply dan Follow Up

Cara melamar kerja di Job fair berikutnya adalah, masukan lamaran-mu ke HR di sebuah perusahaan yang ingin kamu tuju.

Kamu bisa apa saja pengalaman dan skill-mu yang paling cocok untuk menempati posisi pekerjaan yang dibuka. Jangan lupa setelah itu untuk melakukan follow-up.

 

  1. Siapkan Berkas-berkas yang dibutuhkan

Selain menyiapkan CV dan resume, jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas umum yang nantinya akan diminta oleh perusahaan.

Beberapa berkas umum yang wajib dan perlu kamu bawa nantinya adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir
  • Fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir
  • Surat lamaran kerja
  • Dan portofolio

 

  1. Berbincang Dengan HR

Biasanya para staff HR perusahaan akan hadir di acara job fair untuk menyeleksi pelamar secara langsung. Oleh karena itu kamu gak boleh lewatkan kesempatan ini.

Gunakan kesempatan ini untuk berbincang secara langsung dengan HR perusahaan. Kamu bisa tanyakan hal-hal yang ingin diketahui tentang perusahaan yang kamu incar.

 

  1. Datang dengan Pakaian Yang Tepat

Berikutnya adalah kesalahan yang sering dilakukan adalah gaya berpakaian. Padahal ini penting juga loh.

Karena, orang-orang bisa menilai karaktermu lewat cara berpakaian yang kamu kenakan. Jadi, pastikan mengenakan pakaian yang sopan dan formal ya saat datang ke job fair.

 

  1. Jaga Kesehatan Kamu

Kamu gak akan bisa datang ke acara job fair jika keadaan dan kesehatan kamu kurang fit atau sakit.

Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan setiap saat terutama ketika acara job fair sudah mendekati hari H. Selain fisik, perhatikan juga kondisi mental kamu ya!

 

  1. Datanglah Dengan Tepat Waktu

Terakhir adalah datang tepat waktu di acara job fair. Dengan datang di awal waktu, kamu bisa melamar ke perusahaan incaran mu dengan kondisi yang masih segar.

Gak hanya itu, kamu juga akan membuat kesan yang baik kepada perusahaan karena kamu adalah orang yang tidak suka telat dan selalu datang tepat waktu.


download investasiku

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO