ARTIKEL
 

5 Tips Hemat Saat ke Luar Negeri

by William Fernandes - 08 May 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Liburan adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, baik dilakukan dengan istirahat ataupun dengan traveling. Nah traveling atau jalan-jalan ini udah jadi hobi sebagian orang tersendiri.

Namun, biaya yang dikeluarkan untuk traveling keluar negeri memakan banyak biaya yang gak sedikit. Oleh karena itu tips sederhana berikut ini bisa bantu kamu untuk menghemat uang saat traveling ke luar negeri.

 

Ini 5 Tips Hemat ke Luar Negeri

 

  1. Rencanakan Perjalanan

Jika kamu tidak berhasil merencanakan perjalanan dengan baik, artinya kamu juga gagal merencanakan keuangan saat traveling ke luar negeri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk merencanakan perjalanan dari awal, mulai dari memilih destinasi yang akan dikunjungi hingga transportasi yang akan digunakan.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah perbedaan antara high season dan low season dalam liburan. Semua pasti berbeda, terutama harga tiket pesawat dan kamar hotel yang akan melambung tinggi pada musim liburan, namun dapat ditekan pada musim low season. Ada kemungkinan kamu mendapatkan promo yang menguntungkan jika beruntung.

Tetap cari informasi sebanyak mungkin tentang tiket pesawat dan hotel yang paling murah dan nyaman. Jangan terjebak hanya pada harga yang murah, karena harga murah tidak selalu memberikan kenyamanan dan keamanan yang baik.

 

  1. Cari Alternatif Bandara

Ketika traveling ke luar negeri, ada beberapa bandara alternatif yang menawarkan harga tiket yang lebih murah daripada harus menuju bandara yang lebih besar. 

Contohnya, jika ingin pergi ke Legoland Malaysia, ada beberapa wisatawan yang memasuki Singapura, padahal jika memasuki Johor Bahru, harga tiket pesawat dan biaya transportasi juga tidak jauh berbeda, bahkan lebih mudah karena tidak perlu melewati pemeriksaan imigrasi di Singapura.

Untuk mengetahui informasi ini, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan atau bertanya pada orang lain yang sudah pernah melakukan perjalanan ke tempat yang ingin kamu tuju. Kamu juga bisa mengandalkan ulasan dari travel blogger yang memberikan tips untuk menghemat biaya dan mendapatkan promo terbaik, seperti diskon tiket pesawat atau hotel murah di luar negeri.

 

  1. Pilih Penerbangan yang Kurang Populer

Salah satu tips yang cukup dikenal oleh banyak orang adalah memilih penerbangan yang kurang populer, seperti penerbangan pada pagi hari, penerbangan pertama, atau penerbangan terakhir pada malam hari, ketika orang-orang tidak ingin mengganggu waktu tidurnya.

 

  1. Tukar Mata Uang Asing di Dalam Negeri

Meskipun ada kemudahan untuk menukarkan uang di negara tujuan melalui anjungan tunai Mandiri, namun tidak selalu harga tukar yang ditawarkan lebih rendah daripada menukarkan uang di dalam negeri.

 

  1. Bawa Bekal Makanan Kering

Tips terakhir adalah membawa bekal makanan kering dari rumah, seperti abon, dendeng, kerupuk, atau makanan lainnya yang awet dan tahan lama selama beberapa hari, dan juga bukan termasuk barang terlarang di luar negeri atau tidak melewati pemeriksaan bagasi di bandara. 

Hal ini sangat membantu jika kamu kesulitan menemukan makanan yang cocok atau memenuhi kriteria tertentu di tempat yang asing bagi kamu.

 

Daftar Negara Yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Travelling

Ada beberapa negara yang menjadi tujuan populer bagi wisatawan dari seluruh dunia, yaitu sebagai berikut:

 

  • Prancis

Terkenal dengan Kota Cahaya, Paris, dan atraksi wisata seperti Menara Eiffel, Louvre Museum, dan Chateau de Versailles.

 

  • Italia

Terkenal dengan keindahan Arsitektur dan sejarahnya, terdapat Colosseum, Kanal Venesia, dan Menara Pisa.

 

  • Spanyol

Terkenal dengan keindahan Pantai, Flamenco, dan Wisata Sejarah, seperti Alhambra, Sagrada Familia, dan Real Alcazar.

 

  • Amerika Serikat

Terkenal dengan taman hiburannya, seperti Disney World, Universal Studios, dan Disneyland California. Selain itu juga memiliki kota-kota besar seperti New York, Los Angeles, dan San Francisco.

 

  • Jepang

Terkenal dengan teknologi canggih dan budaya tradisionalnya, seperti Menara Tokyo, Taman Istana Kekaisaran, dan Gunung Fuji.

 

  • Australia

Terkenal dengan keindahan alamnya seperti Great Barrier Reef, Pulau Kangguru, dan Opera House Sydney.

 

  • Thailand

Terkenal dengan budaya dan makanan yang khas, tempat wisata seperti Wat Arun, Wat Pho, dan Pantai Phuket.

 

Itulah tips menghemat uang dan daftar negara yang wajib kamu kunjungi untuk liburan. Namun, hemat aja gak cukup kamu juga perlu menyiapkan dana darurat yang bisa kamu tabung di instrumen investasi misal seperti di saham atau reksadana.

Nah, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform trading dan investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

beli saham di investasiku gratis cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO