ARTIKEL
 

Sumber Kekayaan Jusuf Hamka: Bos Jalan Tol Terkaya!

by William Fernandes - 18 Apr 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Jusuf Hamka dikenal sebagai pengusaha kaya raya yang memiliki bisnis bergerak di bidang jalan tol. Lalu seberapa kaya sih Jusuf Hamka ini? Mari Kita bahas.

 

Kekayaan Jusuf Hamka

Jusuf Hamka ialah pemilik Mayoritas PT CMNP, yaitu kontraktor Swasta yang terlibat dalam proyek jalan tol senilai triliunan rupiah di Indonesia.

Jusuf Hamka sukses menjalankan bisnisnya di bidang jalan tol sebagai pemilik mayoritas saham PT Citra Marga Nusaphala Persada - CMNP, sebuah kontraktor swasta yang telah terlibat dalam banyak proyek pembangunan jalan tol di Indonesia.

PT CMNP, yang juga merupakan perusahaan milik Jusuf Hamka, sedang mengerjakan dua proyek besar di Jakarta dan Bandung. Proyek Harbour Road 2 senilai Rp16 triliun di Jakarta dan proyek NS LINK senilai Rp9 triliun di Bandung, dengan total nilai proyek yang dikerjakan oleh Jusuf Hamka yaitu mencapai Rp25 triliun.

Selain itu, bisnis Jusuf Hamka meliputi kepemilikan jalan tol seperti Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang, Tanjung Priok, Tol Pelabuhan, Ruas Tol Bogor Outer Ring Road, Jalan Tol Depok – Antasari, Tol Soreang – Pasir Koja, Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan, dan Jalan Tol Waru – Juanda. 

 

Profil Singkat Jusuf Hamka

Jusuf Hamka, atau yang dikenal dengan nama Babah Alun, adalah seorang politisi, motivator, dan pengusaha Muslim Tionghoa-Indonesia yang pernah menjabat sebagai bendahara TKN Joko Widodo dan Maruf Amin. 

Ia juga pernah menjabat sebagai staf khusus di Kemensos. Jusuf Hamka memeluk agama Islam pada usia 23 tahun setelah bertemu dengan Buya Hamka pada tahun 1981. 

Awalnya, ia dibesarkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa yang terpelajar, dengan ayahnya sebagai seorang dosen dan ibunya sebagai seorang guru. 

Namun uniknya, Jusuf Hamka banyak mengenyam pendidikan di beberapa perguruan tinggi seperti FISIP Universitas Jayabaya, Bisnis Administrasi Columbia College di Vancouver Kanada, Universitas Trisakti Jurusan Kedokteran, Hingga Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus. 

Namun, semua pendidikannya tersebut tidak ia tuntaskan, Kemudian ia mulai bekerja dari supir traktor pembuatan jalan hingga saat ini ia sukses menduduki sebagai direktur utama PT Citra Marga Nusaphala Persada.

Kekayaan Jusuf Hamka sebagian besar berasal dari bisnisnya dalam bidang konstruksi, khususnya pembangunan jalan tol dalam kota.

Melalui PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Jusuf Hamka mampu mengerjakan sejumlah proyek jalan tol dengan total nilai hingga triliunan rupiah.

Gak heran jika dilansir dari beberapa sumber jika harta kekayaan Jusuf Hamka bisa mencapai Rp15 triliun. Meski begitu, ia mengakui bahwa menjalankan usaha dalam bidang konstruksi jalan tol bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Selain itu, walaupun ia memiliki kekayaan hingga triliunan rupiah ada hoax yang pernah beredar, yaitu Jusuf Hamka membagikan uang hingga Rp25 Juta kepada pemilik rekening tanpa diundi namun dengan biaya administrasi.

Namun video ini tidaklah benar, karena Jusuf hamka sendiri sudah memberikan klarifikasi mengenai video hoax tersebut. Jusuf hamka pun juga terkenal memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa syarat apapun!

 

Bisnis Yang Dijalankan Jusuf Hamka

Jusuf hamka lebih banyak menjalankan bisnis di bidang jalan tol, berikut proyek jalan tol yang pernah dikerjakan oleh Jusuf Hamka.

 

  1. Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono

    adalah ruas tol pertama di Indonesia yang menggunakan sistem layang dengan Teknik Sosrobahu. Jalan tol ini membentang selama 15 kilometer melalui wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara dimiliki oleh Jusuf Hamka.

 

  1. Tol Pelabuhan atau Tol Ancol

    yang merupakan kelanjutan dari Tol Ir. Wiyoto Wiyono, membentang selama 13 kilometer di wilayah Jakarta Utara dan akan disambungkan dengan Tol Pelabuhan II yang dibangun oleh Jusuf Hamka.

 

  1. Jalan Tol Depok – Antasari atau Jalan Tol Andara

    memiliki panjang sekitar 21 kilometer dan dimiliki oleh Jusuf Hamka melalui PT Citra Waspphutowa. Tol ini akan terkoneksi langsung hingga Kabupaten Bogor dan JORR II yang sedang dalam tahap konstruksi.

 

  1. Jusuf Hamka memiliki Tol Bogor Outer Ring Road

    yang membentang selama 11 kilometer dan selesai dibangun pada tahun 2009 dengan total investasi mencapai Rp1,6 Triliun.

 

  1. Tol Soreang – Pasir Koja

    tol yang sangat panjang ini, membentang selama 10,55 kilometer dan menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung melalui PT Citra Marga Lintas Jabar yang dimiliki oleh Jusuf Hamka sebesar 69,32%.

 

  1. Jalan Tol Waru – Juanda

    yang dimiliki oleh perusahaan Jusuf Hamka sebesar 96,83%. Tol ini membentang selama 12 kilometer dan menghubungkan Bandar Udara Juanda Surabaya dengan Kawasan Industri Rungkut.

 

  1. Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan

    ini dioperasikan pada akhir 2022. Jusuf Hamka, menguasai 51% lahan di ruas tol ini, diperkirakan bisnis jalan tol ini bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp 6 miliar per hari. Dari jumlah tersebut, sebanyak 55% keuntungan akan disetor ke perusahaan milik Jusuf Hamka senilai Rp 3,3 miliar.

 

Aset Mahal Yang Dimiliki Jusuf Hamka

Nah, karena bisnis Jalan Tol yang dimiliki Jusuf Hamka ini sangat sukses, ga heran jika ia memiliki aset yang sangat mahal, yaitu sebagai berikut:

 

Rumah mewah

Jusuf Hamka, memiliki rumah mewah yang luas dengan konsep memanjang bertekstur coklat krem yang tampak sangat estetis dari depan. Dimana rumah tersebut terdapat mobil Aston Martin miliknya dan beberapa mobil lainnya yang terparkir rapi di sisi depan rumah.

Rumah makan keluarga milik Jusuf Hamka juga cukup besar dan mewah, dilengkapi dengan dapur yang modern. Gak hanya itu, terdapat dua kolam di dalamnya, yaitu kolam ikan yang terbuat dari marmer dan sebuah kolam renang dengan unsur tropis.

Kolam renang tersebut tampak sangat mewah dan seperti berada di Bali dengan halaman belakang yang dilengkapi dengan pepohonan hijau.

Untuk menambah kesegaran rumah tropisnya, terdapat halaman belakang rumah yang luas dengan tekstur hijau yang tampak estetis dengan daun-daun dan sofa-senja yang nyaman untuk bersantai.

 

Mobil Mewah

Selain punya rumah mewah, Jusuf Hamka setidaknya memiliki beberapa koleksi mobil yaitu sebagai berikut:

  • Rolls - Royce Phantom Drophead Coupe: Seharga Rp10 Miliar
  • Bentley Continental FS: Seharga Rp4 Miliar
  • Porsche Panamera: Seharga Rp4 Miliar
  • Land Rover Range Rover: Seharga Rp3,7 Miliar
  • SUV Audi Q7: Seharga Rp2,4 Miliar
  • Lexus LM350: Seharga Rp2,3 Miliar
  • Abarth 500: Seharga Rp2 Miliar
  • Audi S4: Seharga Rp1,2 Miliar
  • Nissan Elgrand: Seharga Rp1 Miliar
  • Toyota Alphard: Seharga Rp1 Miliar

 

Selain itu dilansir dari beberapa sumber, mobil mewah Jusuf Hamka bisa mencapai 40 buah, namun  sudah dijual sebagian hingga tersisa 20 mobil. dia menjual mobilnya karena uang nya ingin digunakan lebih bermanfaat untuk banyak orang.

 

Baca juga: 32 Lokasi Pengisian Mobil Listrik di Indonesia

 

Kunci Kesuksesan Jusuf Hamka

Itulah daftar bisnis dan kekayaan Jusuf Hamka. Meski dikenal orang sebagai pengusaha kaya raya. Namun Jusuf Hamka dikenal sebagai seorang konglomerat Sederhana dan Punya sifat yang dermawan

Di balik identitasnya sebagai seorang konglomerat sukses dan kaya , Jusuf Hamka adalah orang yang amat terkenal dengan gaya hidup sederhana dan gemar berbagi.

Sebagai konglomerat, misalnya, Jusuf Hamka tak pernah terlihat mengenakan pakaian-pakaian dengan merek mewah.

Penampilannya di depan publik sangat sederhana seperti : kemeja berwarna polos, jam seiko, celana jeans, dan bahkan dalam beberapa kesempatan hanya mengenakan kaos oblong.

Selain itu ketika pandemi Covid-19 merajalela tahun lalu di Indonesia, Jusuf Hamka bahkan memberikan sekitar 10 hektar tanah miliknya untuk dijadikan makam korban Covid-19.

Beliau juga terkenal dengan misinya untuk membangun 1000 masjid di seluruh penjuru Indonesia semasa hidup. Kemudian Beliau juga selalu menggelar acara buka puasa gratis setiap bulan Ramadhan. Gak tanggung-tanggung, ada 1.000 porsi makanan lengkap yang Beliau sajikan.

Namun, untuk menjadi kaya raya gak hanya melalui berbisnis, namun juga berinvestasi saham. Dimana kamu bisa membeli saham perusahaan Jusuf Hamka juga loh!

Agar memudahkan kamu untuk berinvestasi saham, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 

beli saham di investasiku pasti dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO