ARTIKEL
 

Rahasia Sukses Orang Padang Saat Berdagang, Tapi Kok Dibilang Pelit?

by Estrin Vanadianti Lestari - 10 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Orang Padang atau Minang, menjadi salah satu suku asli Indonesia, yang penduduknya sering merantau ke luar daerah mereka. Tujuan mereka merantau biasanya untuk belajar, bekerja, membangun bisnis di perantauan, hingga sukses dan kaya raya.

Nah, rahasia sukses orang Padang dan Minang, khususnya ketika berdagang, memang sangat menginspirasi untuk diikuti. Maka tak heran, jika orang Padang atau Minang, sering disebut orang yang pintar berdagang.

Kira-kira, apa rahasia sukses mereka? Apakah mereka memang terlahir dengan jiwa wirausaha? Orang Padang, mana nih suaranya!

 

Punya Jiwa Wirausaha Karena Faktor Budaya

Dilansir dari cnbcindonesia.com, ada sebuah penelitian yang berjudul Faktor Determinan Jiwa Berwirausaha Pedagang Minang Perantauan (2019), oleh Hendra Cipta. Intinya, dalam penelitian ini, Hendra ingin mengetahui mengapa banyak orang Padang atau Minang, berprofesi sebagai pedagang.

Jawabannya adalah karena hal tersebut disebabkan oleh faktor budaya dan adat, yang mendorong mereka untuk mencari rezeki di tanah rantau. Selain itu, budaya Minangkabau juga identik dengan konsep matrilineal. Apa itu?

 

Identik Dengan Konsep Matrilineal

Matrilineal adalah sistem kekerabatan atau organisasi sosial di mana garis keturunan dan warisan diwariskan melalui jalur ibu atau garis perempuan. Sederhananya, perempuan memiliki peran penting dalam adat istiadat, sehingga bagi para laki-laki terpaksa untuk merantau ke daerah lain untuk mendapatkan pengalaman, harga diri, hingga meraih status adat.

 

Memiliki Semangat Tinggi untuk Merantau

Bagi orang Padang atau Minang, khususnya para laki-laki, merantau adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu sebagai tahap meraih kesuksesan. Sehingga, bagi mereka yang tidak merantau, justru akan menjadi pertanyaan.

Bahkan, hal ini juga tercatat di sebuah buku berjudul Manajemen dan Leadership dalam Budaya Minang. Di mana dalam buku tersebut orang Minang sejak muda sudah mendengar banyak kisah sukses para perantau, sehingga mereka sangat menggebu-gebu dan bersemangat untuk merantau juga, jika sudah dewasa nanti.

 

Muncul Stereotip Pelit di Masyarakat

Pernah dengar “orang Padang pelit, padahal sudah kaya”. Sebenarnya bukan pelit lho, Kawan! Orang Padang atau Minang yang sukses, atau bahkan dalam proses menjadi sukses, juga sangat menerapkan hidup hemat, apalagi ketika sedang di tanah rantau.

Mau sebesar apapun pendapatannya, mereka akan tetap berusaha untuk menekan gaya hidup atau lifestyle agar tidak boros. Karena mereka juga memiliki pandangan bahwa "tidak masalah terlihat miskin, ketika sedang merintis usaha".

Intinya, mereka akan tetap memilih hidup dengan sederhana, meskipun sudah sukses. Di mana mereka akan mengalihkan uang-uang mereka, ke hal-hal yang lebih penting dan produktif (bisa menguntungkan) seperti investasi atau untuk buka bisnis lagi.

 

Rahasia Sukses Orang Padang Saat Berdagang

Kira-kira, selain faktor di atas, adakah rahasia sukses lainnya, mengapa orang Padang atau Minang suka dan pintar berdagang? Yuk, intip di sini!

  • Semangat untuk berdagang dan wirausaha: Seperti yang sudah dibahas, orang Padang atau Minang, punya jiwa wirausaha yang tinggi, karena faktor budaya dan adat, sehingga mereka terbiasa.

  • Memiliki jaringan yang kuat: Tidak sedikit orang Padang yang merantau, terutama ke Ibukota, sehingga, mereka sangat memanfaatkan hubungan keluarga, sahabat, dan komunitas untuk memperluas jaringan bisnis.

  • Sangat peduli pada kualitas dan layanan: Mereka juga sangat peduli dengan kualitas barang dagangan, hingga pelayanan yang disajikan kepada pelanggan, untuk membangun reputasi yang bagus, baik bagi personal maupun bagi suku mereka.

  • Ulet dan tekun: Orang Minang itu punya sifat keuletan yang tinggi, terlebih ketika mereka mendapat kesulitan dan tekanan, sehingga mereka harus berusaha keras, untuk menuju keberhasilan.

  • Pintar mengelola keuangan dan bijaksana: Pengelolaan keuangan mereka juga cukup baik, bahkan sampai mereka sering disebut pelit, padahal mereka hanya ingin hidup hemat dan sederhana, untuk mempertahankan kekayaannya.

  • Mampu beradaptasi: Ketika merantau, pasti ada banyak rintangan, dan mereka mampu untuk beradaptasi di segala perubahan, misalnya teknologi dan kondisi pasar.

  • Keterbukaan terhadap pengalaman dan belajar: Mereka punya cara sendiri untuk berbisnis, tapi mereka juga tidak menutup diri untuk terbuka dengan pengalaman bisnis orang lain, bahkan bagi sesama pengusaha.

 

Buat kamu yang merasa orang Padang atau Minang, faktor-faktor di atas kira-kira benar nggak? Dari rahasia sukses orang Minang di atas, kita bisa belajar, bahwa kita harus fokus pada tujuan, yakni sukses!

Untuk prosesnya, pasti sulit. Bahkan, ketika sudah sukses pun, kita harus tetap merasa bahwa kita tetap harus berproses. Caranya dengan hidup sederhana, dan gunakan uang untuk hal yang produktif.

Kalau buka bisnis lagi, mungkin sudah menjadi pilihan utama, bagi orang Minang. Nah, kalau untuk investasi, kira-kira lebih pilih  investasi apa nih?

Ada banyak kok Kawan! Ada investasi saham, reksadana, dan obligasi yang bisa kamu beli di platform InvestasiKu!

 

 

Download InvestasiKu Bisa Dapat Poin

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO