ARTIKEL
 

Artis dan Orang Terkaya di Dunia versi Forbes

by Estrin Vanadianti Lestari - 31 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Jika artis terkaya di Indonesia 2023 digadang-gadang adalah Rey Utami dan Pablo Benua, lantas siapa saja deretan artis terkaya di dunia 2023?

Meski banyak pro kontra terkait sumber kekayaan Rey Utami dan Pablo Benua, karena mampu mengalahkan Agnes Mo dan Raffi Ahmad, namun untuk informasi kaum sultan dan artis terkaya di dunia yang satu ini, berasal dari sumber yang lebih terpercaya yakni Majalah Forbes.

 

Forbes Rilis Daftar ‘The Richest People in The World 2023’

Dilansir dari cnbcindonesia, diketahui bahwa lembaga riset populer yakni Forbes merilis daftar The Richest People in The World 2023 atau daftar orang terkaya di dunia 2023, baik dari kalangan pengusaha maupun selebritas.

Sebelumnya, takhta tertinggi orang terkaya yang pernah masuk daftar di Forbes adalah CEO Tesla, yakni Elon Musk. Namun akhirnya tumbang dan dikalahkan orang terkaya lainnya. Siapa?

Dia adalah bos sekaligus CEO Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH), Bernard Arnault. Ia berhasil menggeser Elon Musk yang sebelumnya menduduki posisi puncak daftar orang atau pengusaha terkaya di dunia 2023 versi Forbes.

Tidak hanya dari kalangan pengusaha, daftar orang terkaya di dunia 2023 versi Forbes ini, juga ada dari kalangan selebriti atau orang yang bekerja di bidang entertainment. Jadi, siapa saja nih artis terkaya di dunia 2023 versi Forbes?

 

Daftar Orang dan Artis Terkaya di Dunia 2023

 

  1. George Lucas

Orang terkaya di dunia urutan 537 di dunia, sekaligus artis terkaya di dunia 2023 urutan pertama, adalah George Lucas. Meski bukan artis, ia adalah sosok pekerja di bidang entertainment yang menciptakan Star Wars, dan telah pensiun lalu menjual Lucasfilm kepada Disney pada 2012.

George Lucas sendiri, saat ini usianya sudah menginjak 78 tahun, dan tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar US$5,1 miliar atau sekitar Rp75,9 triliun (asumsi kurs Rp14.895/US$).

Tidak lagi berfokus pada film, kini George Lucas beralih fokus menjadi filantropi, di yayasan amal milik keluarganya sendiri, dan sudah memiliki aset lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp14,8 triliun.

 

  1. Oprah Winfrey

Siapa yang tidak tahu Oprah Winfrey, yang sudah mengawali karirnya sejak 1976 sebagai pembawa talk show? Di mana ia saat ini menjadi salah satu artis terkaya di dunia 2023, versi Forbes. Adapun, total kekayaan bersih yang dimiliki Oprah adalah sebesar US$2,5 miliar atau sekitar Rp37,2 triliun.

Lalu, di usianya yang kini sudah menginjak 69 tahun, Oprah membangun bisnis berupa saluran kabel OWN (Oprah Winfrey Network) pada 2011. Adapun dari bisnisnya tersebut, sebagian besar sahamnya dijual kepada pemilik Warner Bros, dan saat ini portfolio real estate Oprah sudah meluas (rumah di California, Nashville, dan lebih dari selusin properti di Hawaii).

 

  1. Jay-Z

Siapa sangka, Jay-Z adalah orang yang masuk daftar artis terkaya di dunia 2023, versi Forbes. Jay-Z sendiri merupakan seorang rapper asal Amerika Serikat (AS), yang juga pernah menjadi miliarder hip-hop pertama pada 2019.

Setelah itu, Jay-Z mulai berani untuk berbisnis minuman keras, dan hasil keuntungan bisnisnya tersebut, berhasil melipatgandakan kekayaannya. Lalu, di tahun 2021, LVMH membeli 50 persen saham miliknya Armand de Brignac alias Ace of Spades, dan menjual sahamnya di merek cognac, DUsse ke Bacardi pada Februari 2023 lalu.

Saat ini, Jay-Z tercatat memiliki kekayaan bersih yang sama dengan Oprah, yakni US$2,5 miliar atau sekitar Rp37,2 triliun.

 

  1. Bang Si-hyuk

Datang dari negara Asia, Bang Si-hyuk yakni pendiri label musik dan agensi besar di Korea Selatan bernama HYBE, juga masuk sebagai artis terkaya di dunia 2023.

Pria berusia 50 tahun ini, disebut memiliki total kekayaan US$2,1 miliar atau sekitar Rp31,2 triliun.

Adapun, kekayaan tersebut didapatkan, dari keberhasilan HYBE sebagai IPO terbesar di Korsel dalam tiga tahun. Sebelumnya, ia pernah menjadi komposer untuk JYP Entertainment, salah satu agensi musik "Tiga Besar" Korsel, dan pada 2021, HYBE mengakuisisi Ithaca Holdings yakni label musik yang membawahi musisi dunia, seperti Justin Bieber, Ariana Grande, dan Demi Lovato, senilai lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp14,8 triliun.

 

  1. Peter Jackson

Artis terkaya di dunia 2023 yang terakhir ada Peter Jackson, yang merupakan seorang sutradara Lord of the Rings dan Hobbit. Jackson sendiri, berhasil menjadi miliarder pada November 2021, setelah menjual sebagian dari toko efek film digital Weta miliknya.

Ia menjualnya ke Unity Software senilai US$1,6 miliar atau sekitar Rp23,8 triliun, dalam bentuk tunai dan juga saham. Saat ini, Jackson tercatat telah memiliki kekayaan bersih sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp22,3 triliun.

 

Pemain Film atau Aktor Terkaya di Dunia 2023

Jika dilihat dari pekerjaannya yang lebih spesifik seperti pemain film terkaya di dunia, urutan pertamanya adalah Jerry Seinfeld atau Jerome Allen Seinfeld, aktor asal Amerika Serikat. Informasinya sendiri dikutip dari LifeStyleAsia, yang mencatat beberapa nama aktor terkaya di dunia.

Berikut beberapa tenar yang masuk daftar aktor atau pemain film terkaya di dunia:

 

  1. Jerry Seinfeld - Pelawak di The Tonight Show (Amerika Serikat)

Menurut informasi dari majalah Time, Jerry berhasil menghasilkan setidaknya 267 juta dollar AS pada tahun 1998. Sampai pada episode terakhir, ia berhasil mengumpulkan miliaran dollar AS. Pada 2021, Netflix membeli hak siar acara Seinfeld tersebut, selama lima tahun seharga 500 juta dollar AS.

Total Kekayaan: US$ 1 miliar atau setara dengan Rp15,3 triliun.

 

  1. Tyler Perry - Tokoh di Film Tyler Perrys A Madea Family Funeral (Amerika Serikat)

Karakter Madea, diketahui tampil dalam 11 film selama 15 tahun, yang bekerja sama dengan Lionsgate dan menghasilkan lebih dari 670 juta dollar AS di box office. Dari kesuksesan tersebut, Perry memperoleh kekayaan sebesar 290 juta dollar AS, dan menjadikan Perry sebagai artis dengan bayaran tertinggi di dunia hiburan versi Forbes.

Aset lain milik Perry juga banyak, seperti pesawat pribadi dan rumah dengan delapan kamar tidur di Beverly Hills yang pernah disewa Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Total Kekayaan: US$ 1 miliar atau Rp15,3 triliun.

 

  1. Dwayne Johnson - Aktor Film Layar Lebar (Amerika Serikat)

Bukan hanya sekali, Dwayne "The Rock" Johnson sudah berkali-kali dinobatkan, sebagai aktor dengan bayaran tertinggi versi Forbes, dengan pendapatan sebesar 270 juta dollar AS dalam setahun. Bahkan, Johnson juga menjadi artis dengan pengikut terbanyak di Instagram.

Total Kekayaan: US$ 800 juta atau Rp12,2 triliun.

 

  1. Shah Rukh Khan - Aktor Bollywood (India)

Berasal dari India, siapa yang tidak tahu aktor terkenal Bollywood yakni Shah Rukh Khan, yang mulai berkarir di dunia film sejak 1992 hingga tahun 2000-an. Setelah sukses di bidang film, ia mendirikan bisnis rumah produksi Red Chillies Entertainment pada 2002. 

Total Kekayaan: US$ 770 juta atau Rp11,8 triliun.

 

  1. Tom Cruise - Aktor Film (Amerika Serikat)

Langganan masuk box office, Tom Cruise juga masuk ke dalam aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, setelah film terbarunya, Top Gun: Maverick sukses besar. Di film tersebut, ia meraup lebih dari 1 miliar dollar AS di box office, dan menjadi film dengan pendapatan tertinggi kedua di tahun 2022. Film Mission Impossible juga menjadi film yang membantu menambah kekayaannya secara signifikan.

Total Kekayaan: US$ 620 juta atau Rp9,5 triliun.

 

  1. Jackie Chan - Aktor Film Seni Bela Diri (Hong Kong)

Dikenal dengan ciri khas seni bela diri, Jackie Chan adalah aktor asal Hong Kong, yang memiliki perjalanan karir gemilang di dunia perfilman Asia dan Hollywood. Selain menjadi aktor, Chan juga menjadi produser, dan sutradara aksi dalam beberapa film terkenal.

Tidak hanya itu, Forbes juga mencatat bahwa Chan memiliki lini bioskop sendiri. Dari bisnis tersebut, ia mendapatkan penghasilan dari iklan, hingga produser film. 

Total kekayaan: sekitar Rp7,6 triliun

 

  1. George Clooney - Aktor Film & Pebisnis (Amerika Serikat)

Pada tahun 2018 lalu, George Clooney pernah menduduki peringkat pertama di daftar aktor dengan penghasilan tertinggi di dunia versi Forbes. Bukan dari film, penghasilan terbesarnya ternyata berasal dari bisnis merek tequila Casamigos miliknya.

Brand minuman beralkohol tersebut, berhasil dijual seharga 700 juta dollar AS, kepada perusahaan minuman beralkohol asal Inggris, Diageo dan membuat kekayaannya, melonjak menjadi 239 juta dollar AS.

Total kekayaan: lebih kurang Rp7,3 triliun

 

  1. Robert De Niro - Aktor Film (Amerika Serikat)

Sejak tahun 1960, Robert De Niro sudah menjadi aktor legendaris yang berkontribusi besar, dan memiliki kekayaan sebesar 500 juta dollar AS. Tidak hanya dari film, De Niro ternyata juga terlibat dalam bisnis restoran Nobu dengan penghasilan pendapatan hingga  ratusan juta dollar AS per tahun. 

Total kekayaan: setara Rp7,3 triliun

 

beli saham di investasiku gratis cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO