ARTIKEL
 

7 Mindset Orang Kaya Yang Wajib Kamu Tiru!

by William Fernandes - 07 Aug 2023 - Reviewed by Rifdah Fatin H.

 

Menjadi orang sukses bukan cuman rajin bekerja, atau bekerja sangat keras. Tapi peran mindset atau pola pikir juga gak kalah penting. Selain itu, jika kita punya mindset seperti orang kaya, maka kita juga bisa melangkah menuju kekayaan tersebut.

Lalu seperti apa mindset orang kaya dan bagaimana cara menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari? Simak Artikel InvestasiKu berikut ini!

 

7 Mindset Orang Kaya Yang Wajib ditiru!

 

  1. Sukses Tidak Hanya Datang dari Gelar

Untuk mencapai kesuksesan, kejarlah cita-citamu setinggi langit. Meskipun pendidikan merupakan salah satu cara untuk keluar dari kemiskinan dan kebodohan serta menuju kehidupan yang sejahtera dan stabil secara finansial, namun banyak sarjana yang tetap menganggur dan tidak mendapatkan pekerjaan.

Tidak cukup hanya memiliki ijazah semata untuk berharap memiliki pekerjaan dan penghasilan. Bahkan, banyak yang memiliki ijazah palsu. Sekedar mengejar gelar tanpa membawa keahlian khusus untuk bersaing di tingkat global tidak akan cukup.

Kesuksesan melibatkan penguasaan keterampilan dan pengetahuan yang terus berkembang. Orang-orang kaya dan sukses tidak berhenti pada pengetahuan yang mereka miliki, mereka terus mengembangkan diri dengan mencari tahu lebih banyak dan belajar lebih dalam.

 

  1. Hidup adalah Proses Belajar Tiada Henti

Dalam hidup, janganlah berdiam diri dan mengikuti arus saja, karena akan tergerus oleh persaingan dan menjadi biasa-biasa saja. Hidup adalah proses belajar yang kontinyu, mengisi diri dengan pengetahuan, dan mencari pengalaman melalui berbagai kesempatan dengan penuh keberanian dan kesiapan mengambil risiko.

Tidak ada batasan untuk belajar tentang hidup. Tak seorang pun menjadi ahli sejati dalam hidup ini, bahkan para ahli pun terus belajar sepanjang hidup, karena pengetahuan selalu berkembang dan dinamis.

Oleh karena itu, teruslah mencari informasi, ingin tahu lebih banyak, dan gali pengetahuan dengan cermat.

 

  1. Manfaatkan Utang dengan Bijak

Pemanfaatan utang secara bijak dapat membantu kamu berkembang. Jangan menganggap utang selalu buruk. Ada yang disebut utang produktif, yaitu utang yang berpotensi memberikan kamu penghasilan sampingan.

Sebagai contoh, kamu dapat berutang untuk mencicil properti yang nilainya meningkat setiap tahun. Kamu kemudian dapat menyewakan properti tersebut kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Penting untuk memperhatikan batas utang agar tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan, sehingga tidak mempengaruhi keuangan kamu secara negatif.

 

  1. Tindakan Lebih Penting daripada Hanya Berpikir

Berpikir dan merencanakan itu bagus, tetapi tindakanlah yang akan membawa hasil. Tidak cukup hanya berspekulasi atau meramalkan, tetapi perlu kerja keras untuk menghitung dan terjun langsung melihat situasi keuangan investasi.

Jangan hanya menunggu bantuan orang lain tanpa mencari informasi dan bertindak untuk mencari terobosan baru. Orang kaya adalah yang proaktif dan senang berkompetisi dengan strategi yang dipikirkan dari pagi hingga malam.

 

  1. Hemat untuk Masa Depan

Mindset hemat perlu ditanamkan jika ingin mencapai kesuksesan. Hemat bukan berarti kamu tidak boleh menikmati hidup atau menghibur diri. Namun, tetaplah memprioritaskan pengeluaran dan ingat bahwa hidup hanya sekali.

Pisahkan rekening utama untuk keperluan sehari-hari dan rekening tabungan untuk menabung secara rutin. Dengan cara ini, kamu dapat berhemat dan mengatur keuangan lebih baik.

 

  1. Egoisme Positif untuk Sukses

Bantu orang lain setelah kamu berhasil membantu diri sendiri. Sebelum menjadi penyelamat bagi orang lain, pastikan kamu sudah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup.

Orang kaya berusaha untuk sukses dan berfokus pada kesuksesan mereka sendiri agar dapat membantu orang lain sebagai "kepanjangan tangan".

 

  1. Hindari Sikap Gila Hormat

Orang kaya memiliki sikap rendah hati dan menghindari sikap gila hormat. Mereka tidak ingin dipuji berlebihan dan jika ingin dihormati, maka memang pantas dihormati.

Selain itu, belajar dari masa lalu dan merencanakan ke depan adalah hal penting bagi orang kaya. Mereka selalu berusaha untuk berkembang dan memanfaatkan peluang di masa depan.

Orang kaya juga gak lupa merencanakan keuangan mereka dengan cara berinvestasi. Nah kalau mau investasi, kamu bisa mulai investasi di platform khusus untuk investasi, yakni InvestasiKu!

InvestasiKu, adalah platform investasi online, yang punya banyak produk dan fitur unggul, baik untuk investor pemula maupun profesional. Saat ini, InvestasiKu menyediakan produk saham, dan selanjutnya akan ada produk reksadana, obligasi, dan rencana.

 


beli saham atau reksadana di investasiku pasti dapet cashback points

 
Share this article via :
whatsapp-investasiku
 
InvestasiKu-footer
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android, iOS, dan Windows serta nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store Download desktop version
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter
Eduvest
 

© 2024 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK KOMINFO