GLIMPSE
 

Soeharto: Biografi & Bisnis Milik Keluarga Soeharto

BY Estrin Vanadianti Lestari - 28 Dec 2022 8:48AM - 5 MINS READ

 

Meski sudah tiada, namun perusahaan milik keluarga Soeharto, senantiasa masih berjaya. Soeharto sendiri, merupakan mantan presiden Republik Indonesia yang kedua, dan dikenal kaya raya bahkan hingga ke anak cucunya sampai sekarang.

Jadi, meski sosoknya sudah tidak ada di dunia, tapi kekayaannya masih terus mengalir, lewat perusahaan yang diwarisi dan dikelola oleh pihak keluarga.

Kira-kira apa saja perusahaan milik keluarga Soeharto yang masih berdiri atau melakukan pengembangan hingga saat ini? Adakah perusahaannya yang melantai di pasar bursa?

Yuk, lanjut intip informasinya, mulai dari biografi, pendidikan, perjalanan karir, hingga bisnis yang dikelolanya.

 

Biodata Soeharto

Bukan hanya pernah menjabat menjadi presiden RI, Soeharto juga merupakan seorang jenderal. Berikut informasi lengkap data diri Soeharto.

Nama: Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto
Tanggal & Tempat Lahir: Kemusuk, Yogyakarta, 8 Juni 1921
Wafat: Jakarta, 27 Januari 2008
Orang tua: Kertosudiro (ayah), Sukirah (ibu)
Istri: Tien Soeharto
Anak: Siti Hardijanti Rukmana, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi, Hutomo Mandala Putra, Siti Hutami Endang Adiningsih
Dikenal: Presiden Indonesia Kedua

Soeharto adalah anak yang lahir dari keluarga sederhana, di mana ayahnya yakni Kertosudiro merupakan seorang pembantu lurah, dalam bidang pengairan sawah. Bahkan, ayahnya juga bekerja sebagai seorang petani.

 

Pendidikan Soeharto

Sejak kecil, tepatnya ketika Soeharto berada di bangku Sekolah Dasar, ia sering berpindah-pindah sekolah, karena ikut keluarganya hidupnya berpindah-pindah, dan menetap di Kemusuk, Kidul.

Setelah orang tuanya menetap di Kemukus, Kidul, ayahnya memindahkannya lagi ke Wuryantoro, dan dititipkan oleh seorang mantri Tani bernama Prawirohardjo.

Sejak kecil, Soeharto memang sangat ingin dan bercita-cita menjadi seorang tentara atau militer. Akhirnya, pada tahun 1941, Soeharto masuk ke Sekolah Bintara, Gombong di Jawa Tengah.

Karena kegigihannya untuk meraih cita-cita, ia pun berhasil terpilih sebagai Prajurit Teladan. Lalu pada tanggal 5 Oktober 1945, setelah Indonesia merdeka, Ia kemudian resmi menjadi anggota TNI.

 

Baca juga: Profil Sekaligus Daftar Perusahaan Milik Crazy Rich Budi Hartono

 

Soeharto Menikah

Sudah resmi menjadi seorang TNI, kemudian Soeharto menikahi Siti Hartinah atau Ibu Tien. Bukan orang sembarangan, Ibu Tien ini adalah anak seorang Mangkunegaran.

Soeharto dan Ibu Tien menikah pada tanggal 27 Desember 1947 di mana usianya ketika itu 26 tahun dan Siti Hartinah atau Ibu Tien berusia 24 tahun.

Nah, dari pernikahan tersebut, Soeharto dan Ibu Tien dikaruniai enak orang anak, di mana merekalah yang saat ini mewarisi semua kekayaan dan perusahaan milik Soeharto. Yakni: 

  • Siti Hardiyanti Hastuti
  • Sigit Harjojudanto
  • Bambang Trihatmodjo
  • Siti Hediati Herijadi
  • Hutomo Mandala Putra
  • Siti Hutami Endang Adiningsih

 

Daftar Perusahaan Milik Keluarga Soeharto

1. Properti dan Perkebunan

Daftar perusahaan milik keluarga Soeharto yang pertama adalah bisnis properti dan perkebunan. Di mana Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) selaku anak ke-5 dari Presiden Soeharto dan Siti Hartinah (Ibu Tien) ini, adalah pemilik sekaligus pengelola.

Perkebunan yang dikelola Tommy adalah perkebunan cengkeh. Selain di sektor perkebunan, Tommy juga memiliki perusahaan di bidang properti, yang membuatnya kaya.

Adapun, bisnis properti yang dimilikinya adalah berbentuk bangunan penginapan, melalui Humpuss Group yang memiliki beberapa hotel. Jika bicara bisnis di bidang properti dan perkebunan, anak Soeharto yang ke-3 juga menekuni bisnis tersebut.

Ia adalah Bambang Trihatmodjo, di mana ia merupakan pemilik dari PT Asriland yang bergerak di bidang properti, perdagangan, konstruksi, televisi swasta, perhotelan, transportasi dan perkebunan, menurut Globe Asia.

 

2. Bisnis Media

Masih diwariskan oleh sang anak, selanjutnya ada perusahaan media yang dikelola Siti Hardijanti Hastuti Indra Rukmana, atau yang biasanya dipanggil Mbak Tutut.

Anak ke-2 dari Presiden Soeharto ini, memegang perusahaan yang bergerak di banyak bidang, salah satunya media. Mulai dari:

  • Perbankan
  • Perkebunan
  • Penggilingan tepung terigu
  • Infrastruktur
  • Energi listrik
  • Kehutanan
  • Telekomunikasi

Jadi, dulu Tutut pernah memegang saham PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia, melalui stasiun televisi TPI. Namun, saat ini TPI dialihkan ke Hary Tanoesoedibjo. TPI pun berubah nama menjadi MNC TV.

Tidak sampai disitu, di bidang media Tutut juga menerbitkan majalah Tabloid Wanita Indonesia, yang terbit pertama kali pada tahun 1989.

 

3. Supermarket

Dari semua anak keluarga Soeharto, Tommy Soeharto adalah anak yang paling kaya, di mana ia memiliki bisnis di bidang properti dan perkebunan. Namun, tidak sampai di dua perusahaan itu saja, karena Tommy Soeharto juga membuka supermarket grosir.

Perusahaan milik keluarga Soeharto yang satu ini, terletak di Cibubur dan bernama supermarket GORO, melalui naungan PT Berkarya Makmur Sejahtera. Di perusahaan tersebut, Tommy sendiri menjabat sebagai Komisaris Utama.

 

4. Resort Mewah

Lagi-lagi perusahaan milik keluarga Soeharto berupa resort mewah juga dimiliki oleh Tommy Soeharto, yang bernama PT Lor International Hotel. Bukan hanya satu, perusahaan ini juga sudah memiliki empat lokasi penginapan, yang tersebar di beberapa daerah.

Mulai dari di Kuta Bali, Sentul Bogor, dan dua tempat di Kota Solo. Untuk tarif kamar resortnya sendiri, juga beragam dan tergolong murah.

Di mana, harga per malam dibanderol mulai dari Rp400 ribuan per malam. Adapun, bisnis Tommy lainnya bergerak di bidang transportasi.

 

5. Taman Wisata 

Ketika kecil, kamu mungkin tidak asing dengan taman wisata Mekarsari yang berlokasi di Cibubur. Taman wisata ini, lebih dikenal dengan taman buah, karena menyediakan beragam tanaman buah-buahan tropis.

Terlebih, Mekarsari juga merupakan pusat konservasi keanekaragaman hayati dari buah-buahan tropis, dari seluruh wilayah di Indonesia dan belahan dunia lainnya.

Jika kamu belum belum, pemilik dari taman wisata Mekarsari ini adalah putri bungsu Soeharto, yakni Siti Hutami Endang Adiningsih alias Mamiek Soeharto. 

Tidak hanya sebagai pemilik dari Mekarsari, Mamiek juga memiliki berbagai bisnis lainnya, yang bergerak di bidang perkebunan, transportasi, dan pergudangan.

 

6. Konstruksi

Perusahaan milik keluarga Soeharto selanjutnya ada di bidang konstruksi, yang dipegang oleh Tutut. Jadi, Tutut tidak hanya memiliki perusahaan media, melainkan konstruksi yakni PT Citra Lamtoro Gung Persada.

Selain itu, Tutut juga menggarap pembangunan dan pengelolaan jalan tol, pertanian, konstruksi, perdagangan, hingga kerajinan tangan.

 

7. Kilang Minyak dan Energi

Terakhir, ada perusahaan milik keluarga Soeharto dari sektor kilang minyak dan energi. Perusahaan ini juga, lagi-lagi milik Tommy Soeharto bernama PT Humpuss.

Perusahaan ini sendiri juga memiliki anak perusahaan, di berbagai bidang, seperti:

  • PT Humpuss Wajo Energi
  • PT Humpuss Patragas
  • PT Humpuss Karbometil Selulosa
  • PT Usaha Gemilang Utama
  • PT Humpus Pengolahan Minyak
  • PT Humpuss Aromatic
  • PT Gatari Air Service
  • PT Humpuss Intermoda Transportasi

 

download investasiku

 
 
InvestasiKu
 

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow

Download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan

 
Download di Google Play Download di App Store
 

InvestasiKu adalah produk dari PT Mega Capital Sekuritas

Menara Bank Mega, Lantai 2, Jalan Kapten Tendean Kavling 12-14A,
RT 002/RW 002, Kelurahan Mampang Prapatan,
Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kode Pos 12790

Telepon : 021-79175599
Email : customer.care@investasiku.id
WhatsApp : +6282260904080

 
  • TikTok
  • Instagram
  • YouTube
  • Spotify
  • LinkedIn
  • Facebook
  • Twitter

© 2021 InvestasiKu. All rights reserved.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Mega Capital Sekuritas, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. Semua transaksi saham, reksa dana, dan obligasi difasilitasi oleh PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sekaligus agen penjual reksa dana yang memiliki izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

OJK